Thursday, January 3, 2019

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan tips memilih minyak zaitun yang benar

Hallo Assalamualaikum gaes...

sumber google


Sering dengar gak sih katanya olive oil alias minyak zaitun itu bagus banget buat kecantikan,sebagai bukti ratu cleopatra yang sangat terkenal dengan kecantikan nya juga pakai minyak zaitun untuk merawat kecantikan nya,bukan hanya bagus untuk kecantikan tapi sangat bermanfaat untuk kesehatan dan di Alqur'an pun menyebut buah zaitun ini berkali-kali disebut ada di Surah At-tin(1-2),An-nur(35) dll saking banyak manfaat yang di dapat dari buah ini.

Aku tu paling suka dengan bahan-bahan natural,harapanku hasil yang didapatkan akan jauh lebih sehat daripada pakai yang kimia hasilnya cepat tapi membuat gak sehat,benar gak?

Sekarang ini banyak sekali minyak zaitun dipasaran yang menklaim bisa membuat kulit ini dan itu dan kita dibuat bingung dong dan kadang dibikin tergoda untuk beli produk tersebut padahal jika kita salah membeli bukannya kulit tambah cantik malah membuat kulit menjadi iritasi atau masalah kulit yang lain nya.Nah,makanya kali ini aku mau sharing gimana sih cara memilih minyak zaitun yang benar-benar bagus untuk kulit khususnya untuk wajah dan kira-kira apa saja manfaat minyak zaitun simak ya..

Melembabkan kulit

kulit yang kering membuat wajah mudah iritasi,mengelupas dan bersisik karena itu kita wajib banget membuat wajah menjadi lembab,selain pakai moisturizer yang biasa kamu pakai. minyak zaitun ini juga boleh loh dipakai selang seling agar lebih maksimal atau misalnya gunakan pada malam hari aja.


Mengatasi masalah kulit wajah

Aku pernah mengalami masalah kulit kering dan mengelupas,nah itu tuh bikin kulit wajahku gatal banget jadinya untuk mengurangi gatalnya aku olesi minyak zaitun ini.selain itu,proses penyembuhan kulitku yang iritasi juga semakin cepat,karena minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah

plus nya kulit yang mengelupas lebih cepat hilang,hasilnya membuat kulit wajahku lembut dan lebih cerah dari sebelumnya.wow makanya sekarang senang banget elus wajah *etapi gak boleh terlalu sering elus wajah ya


Bisa dijadikan make up remover

Sekarang lagi trend menggunakan micellar water ya?dan banyak yang mulai beralih ke micellar water sebagai penghapus make up karena praktis.tapi aku pernah baca kalau penghapus make up berbahan dasar air ini selain kurang ampuh mengangkat sisa make up kabar baik nya dia kurang cocok dipakai untuk jenis kulit kering seperti ku makanya sekarang aku lebih suka menggunakan minyak zaitun karena menurutku lebih maksimal mengangkat sisa make up gak apa-apa setelah itu cuci wajah lagi yang penting bersih.hehe

mempermudah mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori

Dulu aku pernah ngeluh disalon,*wajahku minyakan banget dan komedonya banyak* terus kata owner salon nya,malah bagus kulit bermiyak gak sakit ngeluarin komedo nya.kalau kulit kering agak sakit kalau komedonya dikeluarkan dan sekarang masalah kulitku adalah kering jadi istilahnya minyak zaitun ini guna nya sebagai pelumas agar gak sakit waktu kulit kita dipencet dengan pinset khusus komedo loh gaes.




Sekarang banyak merk komersil yang mengeluarkan produk dengan embel-embel minyak zaitun,padahal yang bagus untuk kulit kita itu adalah minyak zaitun asli atau biasanya dikenal dengan Virgin olive oil kenapa?karena namanya virgin berarti gak ada bahan tambahan disana yang artinya yang benar-benar alami lah yang paling bagus dan harusnya cocok dengan semua jenis kulit.

kalian pernah beli merk apa aja hayo ? duh jangan-jangan salah beli nih.karena aku sering dengar katanya gak cocok malah bikin bruntusan.makanya supaya gak salah beli lagi,ini nih tips memilih minyak zaitun :

Pastikan ada tulisan Ekstra virgin olive oil


Pernah gak mencek ingridients produknya?jangan-jangan mikirnya *namanya minyak zaitun,ya pasti terbuat dari minyak zaitun lah* salah...minyak zaitun yang banyak beredar dengan merk-merk komersil biasanya ditambah dengan pewangi dan bahan-bahan lain nya apalagi jika harganya sangat murah.


hayooo buruan cari kemasan nya buruan cek ingredientsnya..

dan biasanya minyak zaitun asli mempunyai wangi khas dan warna nya juga kuning mirip-mirip minyak goreng jadi kalau yang kamu punya warna nya putih sudah pasti itu bukan exstra virgin oil.

Kemasan nya dalam botol kaca atau kaleng


minyak zaitun yang kamu punya kemasan nya plastik ya?wahh kurang bagus sih untuk menjaga kemurniannya.karena yang benar-benar bagus itu terbuat dari botol kaca yang gelap atau kaleng agar kandungan nya gak rusak oleh sinar matahari.makanya kalau lagi brosing kan banyak nemu minyak zaitun yang dimasukkan dalam wadah yang terbuat dari kaca,hehe


sumber google

Emak-emak pasti sering lihat kemasan diatas ya kan?karena minyak zaitun tersebut biasanya ada pada barisan bahan sembako di supermarket.nah yang biasanya aku pakai adalah Filipo Berio itu mak karena merk berio ini lebih murah dari merk yang lain.hihihi untuk kemasan 250ml harganya kurang lebih 80.000-an supaya enak dibawa travelling minyak nya aku simpan lagi diwadah  bekas dari merk lain yang lebih kecil.hihi




Lalu,apakah Olive oil ini aman digunakan untuk wajah..jawaban nya aman banget selama yang kamu pakai adalah virgin oil ya,hanya saja aku masih bingung ada yang bilang minyak zaitun non comedogenic ada juga yang bilang bisa menyumbat pori-pori padahal untuk ku pribadi gak bikin komedo-an sih tapi mungkin tergantung jenis kulit masing-masing.

dibawah ini minyak alami dengan kandungan comedogenic yang wajib kita coba sesuai dengan rate nya (sumber kaskus dan meramuda)

Minyak alami comedogenic rate 0
1. Minyak argan, 
2. Minyak kemiri (cold pressed) 
3. Minyak biji bunga matahari
4. Shea butter
5. Minyak biji bunga Safflower (biasanya buat kapsul vit. E gan) 
6. Minyak biji semangka
7. Minyak biji Teh (Camelia oil) 
8. Minyak biji bunga Poppy
9. Minyak biji Raspberry 

Minyak Alami Comedogenic rate 1
1. Minyak biji bunga Calendula
2. Minyak Jarak
3. Minyak emu, (lemak hewani nih gan) 
4. Minyak biji Neem 
5. Minyak biji Delima
6. Minyak Rosehip
7. Minyak Jinten Hitam
8. Minyak biji Kopi 

Minyak Alami Comedogenic rate 2-3
1. Minyak Almond
2. Minyak Alpukat
3. Minyak biji Anggur
4. Minyak Hazelnut 
5. Minyak Jojoba
6. Minyak Zaitun (yg Extra Virgin) 
7. Minyak biji Pepaya
8. Minyak Kacang Tanah
9. Minyak biji Labu
10. Minyak Wijen


Minyak Alami Comedogenic rate 4-5
1. Cacao / Cocoa butter 
2. Minyak Kelapa
3. Minyak Kelapa sawit
4. Minyak Wheatgerm 
5. Minyak biji Rami


kalau kamu kulitnya berminyak bisa coba rate 0-1 , kulit normal 2-3 dan kulit kering aman nya pake yang rate 2-3 kalaupun bisa 4-5 brarti kulit anda cocok dengan minyak2 yang ada di list. 



Pastikan minyak zaitun nya bisa dioleskan ke wajah




Kalau virgin oil sudah pasti bisa dipakai keseluruh tubuh,tapi minyak zaitun yang beredar dipasaran ada yang seharusnya dipakai untuk pijat tapi karena memang sifat sebagian manusia ada yang kurang jeli atau bahkan males untuk membaca keterangan jadi lah asal beli.biasakan untuk membaca keterangan produk terlebih dulu ya agar gak menyesal dikemudian hari



pada awal pemakaian mungkin akan merasa risih dengan minyak nya,tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa.dan ketagihan menggunakan secara rutin secara karena manfaatnya banyak banget untuk kulit wajah,perawatan dari ujung rambut sampai kaki dan kesehatan.jadi gak rugi beli mahal tapi bisa dipakai sekalian kan.bagaimana,tertarik mencoba olive oil sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan?ini bukan sponsor loh tapi memang berdasarkan pengalaman ku pribadi.Semoga bermanfaat



@dinahrz.blog

2 comments:

  1. Aku mlah gk bgtu suka krn wanginya, tapi aku pakai varian yg rosehip di wajah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.