Monday, December 24, 2018

# skincare # Tips

Pengalaman mengatasi dan produk yang dipakai selama kulit kena iritasi

Hallo Apa kabar ?

Kemaren itu merupakan hal terburuk yang aku rasakan,iya kulit iritasi itu bagi aku sangat menyiksa karena kondisi kulit wajah benar-benar jelek.gak enak di liat,dipegang maupun dirasakan karena rasanya tuh gatel,perih,merah,tumbul jerawat yang bernanah dan ada tumbuh biji-biji kecil seluruh wajah.tuh gimana gak nyesek ? dan setelah beberapa hari di bawah mataku merah kaya habis ditinju gitu.*takutnya dikira orang KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) hahaha...



aku pun masih meraba-raba penyebab iritasi diwajahku,tapi setahu ku terakhir kali aku memakai bedak tradisional yang fungsi sebagai peeling,rupanya aku terlalu berlebihan menggosok wajahku dan gak cocok dengan bahan yang ada di bedak tersebut.walaupun tradisional tapi gak semua jenis kulit cocok dengan bahan yang ada di bedak tersebut ya ataupun pembuatan nya gak higienis *entah lah...


Kulit iritasi adalah reaksi kulit bisa berupa kemerahan,gatal,panas pada kulit ataupun terasa perih.dan penyebab kulit iritasi ada beragam bisa karena cuaca,alergi makanan,gak cocok dengan produk kosmetik/skincare.atau mungkin bisa juga karena kulit sedang dalam kondisi dehidrasi maksudnya kulit sedang kering,nah biasanya kulit yang sedang kering ini paling mudah terkena iritasi seperti kemerahan dan mengelupas *berarti komplit banget yaa masalah kulit yang sedang aku alami.


Pada gambar diatas kalian bisa lihat kondisi kulit ku,jelek banget walaupun gak keliatan dari jauh tapi kalau diliat dari dekat keliatan banget terotolan kecil-kecil nya.ditambah lagi waktu itu aku lihat ada nanah entah dari jerawat atau apa.asli jijik lihat wajah sendiri *pen nangis guling-guling deng* rasanya pengen periksa ke dokter kulit tapi berusaha sabar dan cari tau apa aja sih yang bisa dipakai untuk masalah kulitku ini.setelah mencoba bereksperimen sendiri dan banyak baca akhirnya aku tau caranya meredakan kulit yang sedang iritasi ini :

Sabar

Ya,sabar maksudnya jangan buru-buru buang skincare yang kamu beli.dan jangan coba-coba beli produk apapun dari hasil rekomendasi beauty blogger ataupun vlogger favorit kamu.sabar aja karena biasanya masalah kulit seperti ini pasti akan sembuh dengan 2 sampai 3 minggu.kecuali jika berbulan-bulan gak sembuh silahkan langsung periksa ke dokter karena itu sudah gak wajar

Don't touch your face

Jangan sentuh wajah kamu,karena kuman yang ada ditangan akan beralih ke wajah dan itu akan memperparah,selain itu kita tergoda untuk menggaruk wajah.bayangkan menggaruk itu terasa nikmat tapi akhirnya akan terasa perih dan kulit akan tambah terlihat kemerahan.

Lebih konsentrasi menjaga kelembaban kulit

di masalah ku ini kan kulit ku mengelupas dan kulit terasa ketarik,jadi aku mencoba untuk menjaga kelembaban kulitku,katanya jangan terlalu sering cuci wajah.kita sebagai muslim sholat 5 waktu berarti dalam sehari kita harus cuci wajah selama 5 kali juga kan?jangan karena bertemu saran hindari cuci wajah terlalu sering karena akan membuat kulit tambah kering.jangan dituruti ya gaess untuk yang gak sholat silahkan terapkan itu.

agar setelah wudlu dan sholat wajah gak terasa kering dan ketarik segera pakai pelembab,kalau aku menggunakan Hadalabo gokujun sebagai pelembab,karena aku sudah cocok dengan produk ini


untuk masa kering-keringnya kita bisa menggunakan Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion ini berlapis-lapis di daerah yang kering banget sesuai keperluan kamu lalu aku lapisi lagi dengan Gokujyun Ultimate Moisturizing Milk biar tambah maksimal dan Hada labo gokujun  ini juga aman dipakai untuk ibu hamil atau ibu menyusui seperti aku ini.

Hada labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion
  • Mengandung 3 jenis Hyaluronic Acid untuk membantu meningkatkan kelembaban pada kulit dan mempertahankan keseimbangan serta kelembaban kulit. 
  • Mengunci kelembaban di dalam kulit untuk hidrasi yang lebih baik. Kulit akan terasa lebih halus, lembut dan tetap elastis.
  • Gokujyun Light Lotion dikhususkan untuk kulit berminyak. Mengandung alkohol sebagai astringent yang mengurangi produksi minyak berlebih dan membuat kulit terasa lebih segar  
 
Cara Pakai :
  • Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan.
  • Tuangkan secukupnya pada telapak tangan. Usapkan ke seluruh wajah secara merata.
  • Tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut biarkan hingga meresap.

Gokujyun Ultimate Moisturizing Milk

Melembabkan dan meningkatkan kadar air pada kulit sehingga membuat kulit terasa lebih halus, lembut dan tetap elastis

Cara Pakai :
  • Digunakan setelah moisturizing lotion. 
  • Ambil secukupnya di telapak tangan lalu usapkan secara merata di seluruh wajah dan biarkan hingga meresap
Pakai Extra virgin olive oil

Agar hasilnya lebih paten,aku pakai olive oil alias minyak zaitun untuk mengurasi rasa kering dikulit.plusnya wajah terlihat glowing.haha


walaupun pada awal pemakaian terasa gak terbiasa di olesi minyak diwajah,dan kabar buruknya minyak zaitun itu sangat lama meresap.tapi kabar baiknya selain bisa melembabkan dia juga membuat wajah terasa lembut dan kulit yang mengelupas menjadi lebih cepat teratasi.

ingat gunakan Extra virgin oil ya jangan gunakan yang ada campuran bahan lain nya,biasanya minyak zaitun murni itu dikemas dengan apik di wadah yang terbuat dari kaca

Pakai Sleek diaper cream

sebenarnya ini juga karena saran teman blogger ku,katanya coba deh pakai diaper cream.karena aku punya bayi otomatis dirumah sedia ini dong untuk bayi ku.hehe


diaper cream kan mengandung zinc oxide nya bisa mengurangi ruam dan iritasi kulit ringan jadi aku harapkan setidaknya mengurangi masalah iritasi ini


tapi oles didaerah yang terkena iritasi saja ya,dan tahan karena akan terasa perih.setelah kulit mendingan segera hentikan pemakaian yaa karena sebenarnya diaper cream ini kurang bagus dipakai dikulit wajah.tapi sekali-kali boleh kali ya.hahahaha ngelunjak


Kompres dengan es batu

fungsi es batu untuk di minum *eh salah deng* walaupun gak sanggu dengan dingin nya tapi es batu sangat manjur untuk menangkan kulit yang sedang meradang kemerahan dan perih,kulit yang mengelupas pun lebih mudah tenang.kaya nya kalau rajin mengompres wajah dengan es batu ini bagus ya katanya bagus juga untuk mengecilkan pori-pori.es batu ini biasanya aku pakai kalau wajahku lagi panas-panas nya setelah kena cahaya matahari

Hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari

sebagai ibu rumah tangga rasanya gak mungkin menghindari berada dibawah sinar matahari ya,apalagi untuk urusan jemuran.nah kalau bisa jemur bajunya jangan di atas jam 10 apalagi diatas jam 12 karena akan terasa menyengat sekali.kulit kita yang iritasi akan terasa merah,perih dan panas.dan jangan lupa gunakan sunscreen yang SPF nya rendah saja misalnya SPF 20-an saja jangan terlalu tinggi dulu berdasarkan yang aku baca spf yang terlalu tinggi akan menyebabkan kulit terbakar jadi pakai sunscreen dengan spf sesuai kebutuhan saja ya

Hindari produk yang terkandung SLS (Sodium Laureth Sulfate)


SLS adalah jenis surfaktan yang sangat kuat dan umum digunakan dalam produk-produk pembersih noda minyak dan kotoran. Sebagai contoh, SLS ini banyak ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada produk-produk industri seperti pembersih mesin (engine degreaser), pembersih lantai, dan shampo mobil.sumber wikipedia

produk yang umumnya ada SLS nya ini adalah sabun pencuci wajah,ciri-cirinya banyak terdapat busa di dalam sabun tersebut.untuk kita-kita yang punya wajah sensitif sebenarnya dianjurkan untuk menghindari pencuci wajah yang banyak busanya karena akan membuat kulit kering dan kulit yang kering akan mudah iritasi,makanya selama iritasi aku menggunakan cosrx low ph good morning gel cleanser karena walaupun dia punya busa tapi busanya sangat sedikit dan bentuknya gel



dikulitku gak bikin ketarik untuk beberapa saat otomatis kulitku jadi lembab dong,pakai nya cukup secuil pun sudah cukup jangan banyak-banyak ya.

jadi kesimpulan nya,urutan produk yang aku pakai 


Jika kamu mengalami masalah kulit seperti aku kemaren jangan panik ataupun putus asa yaa dan lain kali jangan coba-coba asal menggunakan produk ataupun kalau pengen coba pakai skincare coba didaerah selain wajah dulu dan yang terpenting kenali dan ingat-ingat produk apa saja yang kita pakai sebelumnya agar dilain waktu jangan dipakai lagi makanya disarankan untuk jangan memakai produk langsung sekalian maksud nya pakai satu-satu jadi kita tau mana yang gak cocok dikulit kita.

untuk kamu yang pengen beli produk Hadalabo dan cosrx low ph good morning gel cleanser,kamu bisa beli produknya di Sociolla ya...


Semoga Bermanfaat




16 comments:

  1. Makanya aku agak2 takut nyoba produk2 baru takut tidak cocok dan penyembuhannya lama dan ribet

    ReplyDelete
  2. Kemungkinan karena expired bisa juga mba, kan produknya olahan rumah aja, awam be-Bpom dll. Ternyata pakai diaper cream ampuh jua lah, unpredictable

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya mba,udah gak mau lagi deh pakai bedak entu,.

      Delete
  3. Catatan penting yang perlu disimpan. Sewaktu-waktu ada masalah yang menyebabkan iritasi kulit bisa nyontek langkah-langkahnya. Tq mbak

    ReplyDelete
  4. Aku jugaa pake hadalabo ini mba dinaa, memangg lembabin banget dan g lengkett di kulitt..

    ReplyDelete
  5. Tipsnya keren. Mudah2an bisa cocok nih bagi yang kulit wajahnya terkena iritasi.

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah juga aku kena bruntusan habis facial di salah satu salon. Waktu itu nggak terlalu ngerti skincare sih jadinya ya aku coba-coba beberapa pembersih muka tapi nggak hilang-hilang. Heu. Akhirnya kubiarin sampai hilang sendiri itu bruntusan

    ReplyDelete
  7. Aku kalo stress sering bgt jd jerawatan dan merah merah.
    Thankyou sharingnya ya mbak. Jd tau kalo sleek bs d pake d kita juga hehe

    ReplyDelete
  8. Eny juga sering punya masalah sama jerawat kecil2 wah bisa dicoba ini..

    ReplyDelete
  9. Wah iya aku juga selalu deg-degan kalau mau pakai skincare baru. Takut gak cocok sama muka aku, hiks.


    Makasih ya Mba Dina tipsnya, aku noted nih buat kalau suatu saat aku iritasi. Hihi

    ReplyDelete
  10. Eh, beneran pake diaper cream toh, kalo aku iritasi biasanya pake krim anti iritasi aja alhamdulillah aman banget dan sudah ada di apotik juga krim anti iritasinya, biasa pakd 2 harian udah nyaman kulit.

    ReplyDelete
  11. Aku skrg lagi lotion hada labo, dan lumayan ampuh mengatasi kulit keringku. Nyesel kenapa ngga pakai dari dulu. Haha...

    ReplyDelete
  12. Belum pernah mengalami masalah begini di kulit muka Mbak. Mungkin karena beda tipe kulitnya, di aku masalahnya ya serbuan jerawat. Hehe. Tapi makasih banyak infonya, pasti sgt berguna utk teman2 yg wajahnya kering dan iritasi juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.