Asam Lambung / GERD ( Pengalaman menghadapi asam lambung)

Hallo.. Assalamualaikum.. apa kabar semuanya ?

Saya selalu berharap kalian baik-baik saja dan yang sedang sakit semoga cepat sembuh. Oh ya..ini pertama kali saya menulis tentang kesehatan, kenapa?? karena dulu saya pernah merasakan yang namanya frustasi menghadapi sakit ini. Sakitnya amat membingungkan, waktu itu saya sering browsing dan saya ingin tahu adakah teman-teman yang mengalami sakit seperti saya dan ternyata ada. Sangat sedikit yang menshare pengalamannya dan saya pikir saya juga perlu share, kali aja ada teman-teman yang bingung dan merasa putus asa karena sakit Asam Lambung atau yang sudah ke GERD. Itu hanya orang-orang yang sependerita yang bisa memahami bahkan dokter pun tidak paham dan bahkan kita dibilang mengada-ngada. Baik,..sedikit saya akan menjelaskan tentang Asam Lambung / GERD tersebut.
Saya kutip melalui  allodokter

Pengertian asam lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan iritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung :

Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit. Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.

Kesulitan menelan

Selain gejala yang umum di atas, terdapat beberapa gejala lain yang mungkin dialami karena asam lambung yang naik. Gejalanya antara lain :

Merasa seakan-akan ada benjolan di kerongkongan saat menelan.
Laringitis: peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau. Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari. sakit dada, gigi menjadi rusak.
bau napas tidak sedap dan peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Penyakit asam lambung ringan yang terjadi satu atau dua kali dalam sebulan biasanya tidak memerlukan intervensi medis. Ini bisa diatasi dengan mengubah menu makanan dan juga membeli obat di apotek ketika gejalanya muncul. Untuk gejala yang lebih parah dan sering terjadi, sebaiknya menemui dokter dan tanyakan tentang obat atau penanganan yang lebih tepat. Konsumsilah obat sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang dianjurkan.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung sebagian besar disebabkan lower esophageal sphincter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai ‘penjaga gerbang’. Ketika sedang makan, otot LES akan rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam perut. Setelah makanan lewat, otot LES akan menjadi tegang dan menutup agar asam lambung dan makanan tidak naik kembali dari perut ke esofagus atau kerongkongan.


LES pada penderita penyakit asam lambung melemah. Akibatnya, asam lambung bisa bocor dan masuk ke esofagus. Penderita akan merasakan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan perut menjadi terasa tidak enak.


Walau belum diketahui pasti mengapa LES melemah, ada beberapa faktor risiko yang diduga terkait dengan kondisi ini. Pertama, kelebihan berat badan atau obesitas. Orang yang berbadan gemuk memiliki tekanan yang lebih tinggi di dalam perutnya dibandingkan dengan orang yang berberat badan ideal. Tekanan yang tinggi ini diduga melemahkan otot LES.

Faktor yang kedua adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Makanan berlemak memerlukan waktu pencernaan lebih lama di dalam perut sehingga asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak dan risikonya untuk naik kembali ke esofagus juga lebih tinggi.

Faktor ketiga adalah terlalu banyak mengonsumsi kopi, cokelat, alkohol dan suka merokok. Unsur-unsur ini membuat otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Lalu faktor yang keempat adalah keadaan hamil. Orang yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon, inilah yang bisa melemahkan LES. Selain itu akan terjadi peningkatan tekanan pada perut.

Faktor yang kelima adalah menderita hernia hiatus. Ini adalah kondisi ketika sebagian dari lambung terdorong hingga melewati diafragma. LES melemah pada penderita hernia hiatus.

Selain itu, faktor stres juga berperan dalam membuat LES menjadi lemah.

Penderita diabetes juga lebih berisiko menderita penyakit asam lambung. Kadar gula yang tinggi merusak saraf yang mengendalikan otot perut. Akibatnya, makanan tinggal di dalam perut lebih lama sebelum berlanjut ke usus halus. Kondisi ini memberi asam lambung kesempatan untuk naik ke kerongkongan.

Selain faktor-faktor di atas, obat-obatan juga bisa memberi dampak kepada melemahnya otot LES. Terhadap penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi,pemberian obat penghambat kalsium (calcium-channel blockers) bisa menjadi salah satu langkah pengobatan. Obat ini bisa melemahkan sistem kerja LES. Selain itu, nitrat yang dipakai untuk mengobati angina juga dapat melemahkan LES.

Itu tadi penjelasan tentang asam lambung, saya sengaja tidak memasukkan yang seram nya, hehehe karena kasihan yang baru kena penyakit ini takutnya belum siap dan mungkin aja akan menambah Kecemasan (Anxiety).


Gejala Pertama yang saya rasakan seperti apa ??


Gejala yang saya rasakan waktu itu seperti orang ngidam itu loh, saya pikir juga waktu itu sedang hamil muda terus mual, kliyengan, badan lemes, haid tidak teratur bahkan sampai 1 bulan gak datang-datang tamu bulanan nya. BAB juga keras bahkan saya sempat merasakan dada sebelah kiri sakit, sesak nafas, dan cemas berlebihan.


Apa saja yang saya keluhkan ?


Waktu itu saya pikir saya sedang hamil muda karena saya merasakan yang namanya mual, mau pingsan, selalu pusing. Jadwal haid saya amburadul dan waktu itu anak saya belum satu tahun. Saya pikir okayy ini mungkin karena hormon habis melahirkan, dokter pun sempat menyangka bahwa saya sedang hamil dan saya bilang sudah testpack tapi negatif. Dari situ pun dokter sudah bisa mendiagnosa tapi sebel nya dokter juga tidak menjelaskan saya sakit apa dan saya pun lupa tanya.hihihii 😴

setelah diberi obat oleh dokter keadaan saya membaik, tapi sebelnya beberapa bulan kemudian kambuh lagi dan ini makin parah, BAB saya keras bahkan obat pencahar pun tidak terlalu membantu. Bayangkan gimana tersiksanya BAB Keras *gak usah dibayangkan di ingat-ingat aja kalo pernah merasakan * 😁😂

waktu itu yang sangat-sangat membuat saya cemas adalah rasa sakit di dada bagian kiri, itu membuat saya parnooooo sangat..sangat, takutnya jantung hoaaa..Karena pada saat itu tetangga saya meninggalnya karena merasakan sakit dada disebelah kiri tau-tau langsung Innalillah aja, ditambah lagi teman satu ruangan suami saya juga seperti itu, mengeluhkan sakit dada atau orang banjar bilang nya menyamak bahasa Indonesia nya angina. Baru sore beliau sms'an sama suami saya waktu senja, temannya suami saya itu juga Innalillah 😓😢. Sakit dada itu saya rasakan sampai satu mingguan nyut-nyut'an kadang dikiri kadang dikanan kadang ditengah.

Setelah satu minggu saya memendam sakit *cailahh 😃 saya beranikan ke dokter waktu itu dokter faskes saya jauh pulak di Gambut Kab. Banjar waktu itu rumah kami di banjarmasin. Sekarang sudah pindah ke Gambut sih *penting gak sih ceritanya 😜* dokternya tanya apa aja yang saya rasakan , yaa saya jelaskan seperti yang saya tulis diatas, tau gak diagnosa dokter nya apa ? beliau bilang "takutnya kamu sakit jantung" blekkk berasa terpukul dengar begitu, untungnya beliau bilang mudah-mudahan jangan jantung ya nak kita coba dengan obat ini dulu (waktu itu saya dikasih obat b compleks, Antasida, sebenarnya saya lupa dikasih apa aja,hihi).

Dijalan menuju pulang kerumah, hati saya masih hancur 😢 kebayang anak dan suami saya, anak saya masih kecil gimana ini dan rasa cemas saya berdampak dengan nafsu makan saya. Dada saya panas seperti ada sesuatu yang panas menyembur di dada, sesak nafas dan sudah setengah pingsan waktu itu saya mikirnya mau tamat riwayat saya karena sudah dibayangi dengan diagnosa jangan-jangan nya bu dokter.

Malam itu juga saya minta diantar ke UGD bayangkan, kami cuma menggunakan motor dan kami cuma bertiga, saya, suami dan anak saya yang waktu itu baru berusia 9 bulan. Saya sangat cemas dan saya sempat meminta maaf dan minta di doakan suami saya dan sampai dirumah sakit saya diantar ke UGD. Suami saya tidak boleh masuk karena membawa bayi dan dia gendong anak saya dengan gendongan kangguru itu loh. sedihh banget saya ingat itu, Dokter bertanya keluhan say, dan beliau bilang itu cuma asam lambung dan saya diberi obat dan di observasi. Saya minta nya di EKG tapi gak dikasih karena begitu diperiksa denyut nadi saya masih normal dan katanya umur saya juga masih 20'an sangat jarang ada yang penyakit jantung diusia 20 tahunan.

selesai di observasi keluhan saya mulai berkurang dan dokter semakin yakin kalau saya hanya asam lambung. Saya pun boleh pulang dan diluar suami saya sibuk gendong anak dan beli'in obat. Ya Allah dalam hati saya sangat bersyukur saya masih diberi umur. Sedih pokoknya ingat itu.hikss

Apakah keluhan nya sudah selesai ??

Tidak...keluhan saya belum selesai dimalam sehabis keluar dari UGD saya masih dihantui dengan rasa cemas dan takut ditengah malam terbangun saya pandangi anak dan suami saya. Sedih rasanya dan saat itu saya berjanji untuk lebih dekat dengan Allah saya bertekad saya tidak akan meninggalkan sholat.

Dihari-hari berikutnya keluhan saya semakin banyak dari anggota tubuh yang berdenyut, tangan dan kaki saya kaku. Saya pikirnya stroke kali yah *amit-amit*, belum lagi rasa kliyengan setiap mau bangun dari tempat tidur berasa mau ambruk, seperti di cekik, sesak nafas dan parahnya lagi anxiety saya semakin menjadi karena banyak sekali berita duka yang saya dengar yang saya pikir kok keluhan nya sama dengan saya.


Anxiety itu seperti apa ?

Kecemasan berhubungan dengan sesuatu yang dirasa mengancam. Berbeda dengan rasa takut yang jelas objeknya, kecemasan terkadang tidak jelas objek mengapa seseorang menjadi cemas. Bahkan, jika seseorang sering cemas terhadap sesuatu, bisa mengembangkan kepribadian cemas.*saya kutip dari sini

Anxiety yang saya rasakan, sangat banyak yang paling parah adalah takut mati. Seperti yang saya tulis diatas pertama kali saya mengalami sakit asam lambung begitu banyak berita duka yang saya dengar. Itu semakin menambah rasa takut saya dan saya masih belum percaya dengan diagnosa dokter. yaa masa asam lambung gini amat dan sudah banyak dokter yang saya datangi dan saya sudah berkali-kali minta di endoscopy katanya tidak perlu karena saya tidak mengalami keluhan yang membuat fisik saya merugi yang artinya saya tidak mengalami BAB berdarah, saya tidak mengalami muntah darah dll. Suami saya juga belum kasih lampu hijau soal endoscopy katanya percaya dokter banyakin dzikir aja. Percaya atau tidak dzikir itu sangat membantu.

Bahkan saya sampai takut sendiri dirumah, saya selalu minta suami saya pulang di waktu makan siang, karena saya pikir takut kenapa-kenapa dengan saya, anak saya begimana dong.

Pengobatan yang saya lakukan

Dari obat kimia sampai tradisional bahkan rukyah saya tempuh demi mengobati sakit saya, untuk obat kimia saya diresepkan, karena saya sudah tidak punya obat nya lagi jadi saya comot lewat mbah google.hhihihi sedikit saya kutip dari klik disini

Antasida

Antasida bisa dibeli di apotek secara langsung. Antasida berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain karena dapat berdampak pada tingkat penyerapan obat lain. Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit akibat tukak.

*contoh obat antasida yang beredah luas mylanta, polysilane.

Penghambat reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)

Obat ini mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Histamin diperlukan tubuh untuk menghasilkan asam lambung. Contoh obat H2RA adalah ranitidin dan nizatidine. Pembelian obat ini biasanya memerlukan resep dokter.


Sumber

Penghambat pompa proton atau proton-pump inhibitors (PPI)

Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam di dalam perut. Obat ini jarang memberikan efek samping yang berat. Jika pun ada, kondisinya tidak terlalu parah dan bisa berupa konstipasi, pusing, dan diare. Contoh obat PPI adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat ini biasanya membutuhkan resep dari dokter.

sumber google

Prokinetik

Obat ini berfungsi mempercepat proses pengosongan perut. Ini berarti makanan dan asam lambung akan lebih cepat masuk ke dalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus. Obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang berusia di bawah 20 tahun akibat potensi efek sampingnya. Contoh obat prokinetik adalah domperidone dan bethanecol. Obat ini umumnya memerlukan resep dokter.


sumber
Suspensi


sumber google

Untuk obat tradisional nya Hanya dengan Herbal tea, orang tua dulu katanya cuman makan pisang awa saya gak tau bahasa indonya apa yah.hihihi




sumber google


Resep Herbal Tea :
Bahan :

Kunyit
madu murni
jahe
air panas
jeruk nipis

Cara membuat :

Kunyit & jahe diparut disaring, masukkan air panas, masukkan madu, perasan jeruk nipis. tunggu air panas jadi hangat kuku dan minum di pagi hari dan sore hari.


saya juga pernah mengamalkan minum jeruk nipis dipagi hari setelah bangun tidur. Sebenarnya saya masih kurang percaya cara seperti itu dan saya maag aslam seharusnya menghindari yang kecut. Dokter pun tidak mengijinkan saya mengikuti saran seperti itu, kata suami dan dokter saya orang maag / aslam itu obat nya kalau lapar makan  dan jangan terlambat itu aja gak ribet.

Sekarang tiap bangun tidur minum air putih anget aja, kalau ada madu murni juga. minum air putih anget itu berguna untuk melancarkan pencernaan kita.

Sekarang keadaan saya seperti apa ??

Sekarang keadaan saya sudah cukup lebih baik, butuh waktu yang lama bagi saya untuk menyembuhkan diri saya sendiri, dari saya berusaha menghilangkan sugesti takut mati, karena kita semua pasti akan mati. sebenarnya sumber penyakit bukan saja dari makanan juga dari pikiran. Saya awali dengan selalu berfikir positif saya hilangkan rasa trauma, rasa takut dengan dzikir dan doa. Ketika keluhan datang bawa minum air putih dan ingat dengan Allah lama kelamaan juga hilang keluhannya.

Saya sudah lama lepas dari obat-obat dokter, 2 bulan juga udah lepas,selanjutnya saya hanya minum obat ketika perut saya tidak nyaman. Obat tradisional juga hanya sebentar, fase penyembuhan saya diawali pindah rumah, rumah saya yang sekarang bisa dibilang tenang masih dilingkungan sawah pokoknya sejuk lah. Mungkin dirumah sebelumnya sudah banyak membuat saya trauma banyak rekaman tentang awal-awal sakit yang bagi saya sangat mengerikan untuk diingat. Begitu pindah suasana penyakit sedikit-sedikit sudah berkurang walau kadang kalau bandel tetap kambuh.hehe itu berarti saya orang nya parno an yah.hehe

Saya kurang tau apakah ada kaitan nya habis melahirkan dengan asam lambung, kalau menurut saya sih ya..ada sih karena setelah melahirkan pola makan kita jadi berubah maksudnya saya lebih mengutamakan bobo'in anak dulu baru masak, pagi saya minum kopi karena namanya punya anak kecil kan kadang begadang siang nya kite emak-emak yang ngantuk, kadang untuk makan pun saya nunggu suami ngaterin makanan. Susah..karena kami jauh dari keluarga, yang dekat cuman sama mertua, gak dekat amat sih jauh juga maksudnya dekat karena masih sama-sama di Banjar 😊 . Namanya punya anak emosi juga kadang gak bisa dikontrol karena kelelahan sekarang anak saya umurnya sudah 2 tahun mau 3 tahun udah gak capek jagain nya.hehe

Tips yang bisa saya berikan

Selalu berfikir positif, jangan pernah tinggalkan shalat, perkuat iman, jika anxiety menyerang bawa dzikir untuk yang muslim, jangan biarkan perut kosong makan biskuit kalau kamu lapar di 2 jam sekali, makan jangan langsung banyak sedikit aja tapi sering, bawa selalu air mineral jika bepergian kalau perlu minyak kayu putih juga karena kita kadang merasakan pusing, sugestinya dibuang..karena sugesti dan panik akan membuat sesak nafas kita makin parah.

Baik lah segitu dulu, Ingat..buat selalu hati mu bahagia, penyakit bukan saja dari makanan, penyakit bisa datang dari pikiran. kalau ada yang ditanyakan atau ada yang kurang jelas silahkan komen yah..okay..dadah..mudah-mudahan tulisan saya bermanfaat untuk yang membaca.

baca juga : Gerd dan Serangan panik takut mati ! begini cara mengatasinya

New Editing : 21-9-2021

Posting Komentar

20 Komentar

  1. Wah, sama ini.. Tp kyknya ak msh ringan sakitnya.. Dulu pernah parah wkt bulan puasa. Aku cm ingat slh satu resep dokter t ranitidin itu, sisanya lupa. Yang jelas klo udh punya asam lambung it hrs sering ngemil yak.. Hihi.. Semoga bulan ramadhan nanti dikuatkan untuk tetap sehat saat puasa. Nice post din.. Sangat bermanfaat.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba win..
      Iyaa..kunci aslam sama maag itu cuman makan aja.ngemil lambung jgn sampai kosong ! Kalau lg puasa , mungkin bisa dicoba minuk obat kalau promag udh gak mempan.

      Hapus
  2. saya pun salah satu penderita gerd yang sdh lama karena dulu di diaknosa sakit ini waktu tahun 2013. Tapi yg saya syukuri dokter saya ini tanggap banget, setelah endoskopi ya hasilnya memang kadar asam dalam lambung saya tinggi. Pesan dokter saya penyakit ini ga bisa sembuh 100% apalagi kalo penyebabnya kaya stress, pasti dia kambuh lagi. Kuncinya harus ubah pola hidup, olahraga rutin itu wajib banget, harus bener2 olahraga, ga boleh cuma jalan kaki doang dokter saya ngomelnya gitu haha sama terakhir pola makan, makanan goreng itu bener2 deh harus dikurangi

    elyayaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget,pokoknya klo stress bakalan naik aslam nya.cuman makin lama nanti kita bisa semakin beradaptasi yaa mba dgn aslam ini,jd udh mengendalikan fikiran.btw aq sekarang suka gorengan mba,bandel bngt yaa..hehe

      Hapus
  3. Wah ini sma sperti saya mbak sakit asam lambung Nya...
    Pikiran negatif sangat memperburuk asam Lambung...
    Saya sekarang udah lepas dari obat2an selama 2 bulan lebih sya minum obat trs. Skrnk sich cuman minum madu aja...
    Ternyata selama satu bulan minum madu asam Lambung makin membaik.. Kunci Nya positif dan slalu bahagia aja.. Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener,madu itu bagus untk mmbantu daya tahan tubuh juga..ttp berfikiran positif aja.

      Hapus
  4. Mbaaa saya juga lagi ngerasain hal yg sama...semua yg dirimu tulis itu sama persis seperti apa yg saya takutin.
    apalagi saya punya 2 balita... yg 1 masih 4bulan..sedih bnget klo hrus terus2an konsumsi obat2an... klo minum obat tradisional resep yg di atas apakah perut ga sakit? Asam lambung ga pernah kumat kah?? Kan ada jahe yg pedas ada jeruk nipis juga yg asam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. JAhe fungsinya untuk menghangatkan jadi lender bisa dikeluarkan,sedangkan jeruk nipis itu fungsinya untuk imun.saya waktu rutin minum jeruk nipis tiap pagi saya jarang flu & batuk..

      Hapus
  5. Salam kenal,
    Trims sudah berbagi cerita. Saya sendiri pertama kena anxiety ga ngerti juga apa karena aslam tinggi. Dulu memang kalau makan tidak teratur, suka ngopi. Dulu parahnya sampai kena Panic Attack. Dan sama, saya juga sampai pindah rumah ke dekat rumah ortu. Tadinya saya beda kota dengan ortu. Tinggal dekat Ortu lebih membuat saya tenang. Merasa kalau ada apa2, suami lagi di kantor, saya bisa cari ortu saya. Hehe.. Yaa.. Walau kenyataan nya saya tetap lebih nyaman cerita apa2 sama suami. Sudah 8 tahun dari awal serangan, masih terus berjuang :)

    BalasHapus
  6. Penyakit saya lebih ringan... semoga lekas sembuh... makasih pengalamannya sangat inspiratif

    BalasHapus
  7. Sy hampir setiap hari mikirin gmn kalo ini penyakit yg benar2 serius. Takut berlebihan. Ga bisa kelola stress

    BalasHapus
  8. Sama mbak, saya juga mengalami apa yg sudah mbak tulis. Kebetulan saya baru studi lanjut, mikir penelitian, jurnal, shp, dll. Tapi Alhamdulillah saat ini sudah mulai berkurang... sebetulnya intinya kita harus bisa mengubah pola makan, menghindari pantangan makanan utk asam lambung dan yang lebih penting bisa mengelola emosi. Hindari stres, istirahat cukup, positif thinking, dan Tawakalallah....banyak dzikir, baca Al Quran, berdoa, tahajut, puasa sunah dan nikmati hidup dengan happy. Belajar ridho terhadap semua keputusan dari Allah yang harus kita hadapi dan jalani....hadapi sakit ini dengan ikhlas, pasrah pada Yang di Atas. InsyaAllah akan sembuh...hilangkan pikiran2 yg negatif...saya kalau asam lambung terasa naik, minum air putih hangat, makan sup hangat, punggung dielus2 agak ditekan,arah mutar, naik turun nanti terus bersendawa, perut akan plong, hindari berada ditempat yg dingin terlalu lama (Ac), lantai yg dingin,dll, sering2 refresing, piknik,jalan2 sore, lihat pemandangan alam,dll...yang penting happy, bahagia, Tawakalallah....

    BalasHapus
  9. persis seperti saya gejalanya. tapi sampai saat ini belum ad aorang yang ngerti apa yang saya rasain. hiks

    BalasHapus
  10. Ya Allah aku bgt ini..
    Awal mula kena asam lambung 8 bulan lalu pas hamil anak ketiga 5 bulan... sampe usia kandungan 9 bulan aslam nya sering kambuh.. dan kalo lagi kambuh aku ngerasain dada/ulu ati sebelah kanan sakit baket kyk ditusuk2.. trs menjalar kepunggung belakang kyk terbakar, trs juga pasti muntah2 dan keringet dingin banyak bgt.. sampe buat tarik napas aja ga bisa.. sakit bgt dada sesek.. sampe ngomong juga susah... mana lgi hami wktu itu. Sering bgd msk ugd.. klo kambuh jg seringnya mlm. Kta dok sp kgeh kemungkinan aslam karna bawaan bayi cz hamil kan hormon ga menentu.. dikasih obat episan, nexium 20mg,ranitidin.. tapi tetep aja suka kambuh .. pas abis lahiran ga pernah kambuh selama 4 bln ... tapi ternyata baru minggu kmrn kambuh lagi . Ya Allah ampun2 klo lg datang kambuhnya yg terlintas dipikiran hanyalah takut mati.. ga kuat mikirinnya deh mana punya 3 anak msh kecil2 .. untung suami aku selalu menguatkan ... skrg lbh dekatkan diri pd Allah . Selalu berdoa buat kesembuhan .. lbh berpikir positif . Sambil coba obat herbal.biang kunyit direbus sama terong belanda n gula merah ... ya Allah ssemoga aku sembuh total biar bisa besarin anak2ku. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ttp berfikir positif mba..

      Ini aku lagi hamil,Alhamdulillah nya keluhan nya gak seperti sebelum hamil.tp dikehamilan 8 bulan ini aku nya suka begah.,

      Sebenarnya ttp jaga fikiran aja sii,kalau kambuh cuekin aja..kalau di bikin panik.keluhan lain malah ikutan nimbrung..

      Semoga cepat sehat

      Hapus
  11. halo semuA.. bagi crita aja.. sya jg maag akut dan asam lambung..


    hal yg bsa dicoba

    1. minum air putih anget pagi siang sore
    2. puasa daud (ne paling ampuh klo sya)
    3. 2 sendok pati garut ke air putih biasa, sehari 2x
    4. kunyit putih campur madu (lengket emg tp nyess di lambung)
    5. jus daun pepaya.. ambil airny aja..
    6. habbatussauda cair
    7. obat acitral klo kambuh bgt
    8. jangan stress.. jangan bnyak pikiran... stay easy and keep easy mind going...


    salah satu cara diatas sya coba dan alhamdulillah sya cocok di puasanya yg lain blom mempan.. wakaka..
    dan dr cerita tmn ad yg brhasil. trgntung jodoh obatnya..


    smoga bermanfaat..

    BalasHapus
  12. pas banget ini aku juga mengalami asam lambung. tapi rasanya kaya di usus cekit-cekit. Tipes juga ngga karena aku pernah tipes gak kaya gini. Ga nyaman tiap berapa jam mual muntah. Harus makan mulu sedikit-sedikit kalo ga perih dan mual. Lagi berobat dengan obat-obatan yang sama persis dijabarin di sini. Semoga cepet sembuh aja deh, beneran ga enak rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba emang gitu,mungkin mba nya baru aslam ya ? Aku dulu waktu awal-awal sakit kaya gitu setahun sampai dua tahunan tapi sekarang gak lagi

      Hapus
  13. Aku sedang mengalami nya mba udh 2 bulan ini...
    Bismillah ada hikmah nya juga aku jdi lebih dekat dengan Allah rajin sholat sll dengarkan sholawat walaupun belum sembuh total bismillah semoga Bisa seperti mba nya trimaksih cerita nya menginspirasi sekali semoga yg kena aslam sehat semua ya

    BalasHapus
  14. Iyaaa ini yg aku alami skrg... Semoga aku bisa mengatur pola fikir ku ternyata tidak aku saja yang merasakan sakit aslam ini aku harus semangat banyak sekali yang sudah bisa move on dari sakit aslma ini bismillah semoga aku juga bisa sembuh dari rasa takut mati dan gelisa merasakan tubuh gak enak sekali dan ke dokter setiap obat habis semoga kita semua yang mendapat sakit aslam bisa sehat lagi ya semangat...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)