28 November 2021

Manfaat dan Resep MPASI Salmon Untuk Bayi Usia 6 – 12 Bulan ala SehatQ.com

sumber google

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, maka ia memerlukan tambahan nutrisi selain ASI. Oleh karenanya, ibu diharapkan memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Nah, terkait MPASI, ada banyak resep yang bisa dicoba di rumah agar si kecil lahap memakannya. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah resep MPASI salmon.

Sumber : google


Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi, terutama omega-3. Sebagaimana diketahui, omega 3 adalah nutrisi yang baik untuk perkembangan otak bayi dan juga merangsang pertumbuhan lainnya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait MPASI salmon termasuk resep yang bisa Anda coba di rumah. Penasaran apa saja hal yang perlu diketahui perihal MPASI satu ini? Simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Salmon Dalam Menu MPASI

Seperti yang dibahas di awal bahwa salmon adalah salah satu sumber gizi paling baik untuk si kecil. Bagaimana tidak, di balik daging ikan yang lembut, tersimpan beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi.

Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui bahwa dari 300 hingga 400-gram salmon, terdapat sekitar 200 kalori penting yang akan menambah lemak si kecil. Tidak hanya itu, jika diberikan secara teratur, maka ada beragam manfaat lain yang akan didapatkan, yaitu:

1) Meningkatkan perkembangan otak
Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang paling banyak dan penting pada daging salmon. Nah, dengan kandungan omega 3 serta DHA dan EPA yang ada di dalamnya, salmon akan berperan penting untuk membentuk sel induk agar nantinya perkembangan otak si kecil semakin baik dan semakin maksimal.

2) Mencegah ADHD
Konsumsi salmon pada si kecil yang dilakukan secara teratur juga akan mencegah ADHD atau masalah otak si kecil secara efektif. Hal ini dikarenakan ada kombinasi yang apik antara omega 3, DHA dan EPA yang ada di dalam daging salmon.

3) Mengurangi peradangan kulit
Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang akan menjadi agen untuk mengurangi peradangan yang mungkin terjadi pada kulit si kecil. Terlebih, sebagaimana diketahui, si kecil memiliki kulit yang cenderung sensitif.
Beberapa hal di atas adalah manfaat salmon yang akan didapatkan ketika Anda menjadikannya bahan MPASI. Tentu, manfaat terbaik akan didapatkan jika Anda memberikannya secara teratur pada si kecil.


Resep MPASI Ikan Salmon

Berbincang tentang resep MPASI ikan salon, ada beragam resep yang bisa Anda coba di rumah. Namun, untuk awalan, Anda bisa membuat bubur ikan salmon kabocha yang cenderung mudah dan juga pasti disukai si kecil.

Bubur ikan salmon kabocha adalah salah satu resep MPASI yang menarik untuk dicoba. Bubur ini cocok diberikan untuk si kecil yang berusia 6 hingga 7 bulan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ini adalah:

Daun salam
Bumbu terdiri dari bawang putih, bawang Bombay dan bawang merah
30ml air
70ml kaldu ayam kampung 
1 sendok makan wortel 
1 tangkai brokoli
¼ daging ikan salmon
4 potong dadu kabocha

Setelah bahan siap, cuci semua bahan tersebut. Nah, untuk membuatnya, ikuti langkah berikut:

1) Didihkan air dalam kukusan dengan api sedang
2) Masukkan bahan yang sudah dicuci sebelumnya, seperti kabocha, salmon dan brokoli ke dalam kukusan
3) Kukus bahan tersebut sekitar 3 hingga 5 menit dan biarkan sekitar 10 menit untuk daging ikan salmon
4) Setelah itu, siapkan wajan dan tumis bumbu yang sudah disiapkan
5) Masukkan daun salam ke dalam tumisan bumbu
6) Setelah wangi, masukkan wortel dan tumis hingga merata
7) Lumat bahan-bahan yang sudah dikukus sebelumnya dengan blender atau alat lain
8) Setelah halus, masukkan ke dalam bumbu dan tumis bersamaan
9) Masukkan kaldu ayam kampung yang sudah disediakan dan aduk hingga merata
10) Kecilkan api dan tunggu hingga kuah menyusut
11) Aduk merata hingga tekstur lebih lembut dan pas diberikan pada si kecil
12) Selesai 

Untuk Anda yang mencari resep lainnya, cek laman forum kesehatan di website SehatQ.com. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: forum kesehatan SehatQ.com menyediakan ragam informasi menarik tentang kesehatan termasuk aneka resep MPASI untuk si kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)