Showing posts with label parenting. Show all posts
Showing posts with label parenting. Show all posts

09 September 2020

Ternyata Jalan Lahir mempengaruhi sistem imunitas anak

September 09, 2020 1
Assalamualaikum, Hallo…


gfdhfgh
Optimalkan imunitas anak kelahiran caesar dengan mikrobiota sehat


Tau gak moms, kalau jalan lahir atau proses melahirkan anak dengan cara caesar maupun lewat vagina itu juga ada pengaruhnya untuk si kecil yang lahir secara caesar salah satu nya terganggu nya sistem pernafasan, rentan alergi, jadi kalau di simpulkan anak dengan kelahiran caesar lebih rentan di sistem imunitas nya. tapi mau melahirkan secara normal ataupun caesar sama saja suatu perjuangan untuk kita sebagai ibu ya moms, yang akan aku bahas kali ini adalah materi yang aku dapatkan waktu ikutan webinar bareng Nutrilon dengan tema “Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat” dengan Narasumber Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), Prof.dr.Moh Juffrie Sp.A.(K) Ph.D, dan Selebrity mom Chyntia Lamusu. 

Nama nya seorang ibu ya moms, ketika sudah menjelang kelahiran apapun akan di iyakan yang penting ibu dan anak sehat dan selamat. aku seorang ibu yang melahirkan 2 anak ku dengan cara normal, makanya aku sangat tertarik juga untuk tahu seputar kelahiran caesar, makanya waktu webinar kemaren banyak sekali ternyata mitos tentang seputar kelahiran caesar ya. Katanya, ada saja ibu yang memaksa untuk lahiran normal padahal sudah disarankan untuk caesar, ada juga yang katanya akan mempengaruhi kecerdasan si kecil, kira-kira benar gak sih ? yuk baca tulisan ku sampai habis ya moms.

Menurut Dr. dr Ali Sungkar, SpOG(K) Melahirkan secara caesar itu dilakukan salah satu nya untuk menekan angka kematian ibu dan anak yang dilakukan sesuai indikasi. Misalnya karena kondisi kesehatan, riwayat seksio sesarea sebelum nya, panggul sempit,  juga usia si ibu yang sudah tua dan posisi janin. Seksio sesarea yang terencana lebih baik daripada yang tidak terencana, jadi alangkah baik nya rutin untuk mengontrol kehamilan jadi jika harus melahirkan caesar si ibu dan dokter akan lebih banyak persiapan nya,  lalu kenapa jalur lahir dikatakan mempengaruhi sistem imun si anak ? karena jalur lahir anak dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang sangat penting untuk perkembangan imunitas anak.

Singkatnya, anak yang lahir secara normal atau pervaginam kolonisasi bakteri mikrobiota nya dari bakteri vagina dan fases si ibu. Termasuk lactobacillus dan Bifidobacterium , Sedangkan anak yang lahir secara caesar, proses kolonisasi mikrobiota nya terpengaruh  faktor eksternal  sehingga terjadi keseimbangan mikrobiota usus. Kolonisasi mikrobiota usus merupakan  hal krusial dalam menjaga kesehatan bayi. Paparan pertama dengan Komunitas mikrobiota dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan panjang, dan yang paling jleb lagi kata dokter Ali makanya kebersihan Vagina sebelum melahirkan harus dijaga dan jangan sampai salah ketika menjaga kebersihan nya yang ditakutkan bakteri baik yang ada di vagina akan ikutan mati. Penting sekali untuk menjaga Ph Tingkat keasaman (pH) vagina yang normal adalah 3,8-4,5 juga nih moms.

“Kelahiran merupakan titik yang menentukan sistem kekebalan tubuh untuk kehidupan di masa depan. Mikrobiota saluran cerna mengandung jutaan mikroba yang dianggap penting untuk mengembangkan sistem imunitas tubuh. Sementara itu, pada persalinan caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko terjadinya gangguan imunitas, termasuk alergi terhadap makanan,” ujar Prof. Juffrie. dan ternyata Sebuah penelitian menunjukkan anak lahir caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal sehingga anak lahir caesar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai gangguan sistem imunitas. 

Yang terbaik untuk anak kelahiran caesar adalah ASI, karena ASI sangat baik untuk imunitas si kecil kandungan Prebiotik dan Probiotik atau dikenal juga dengan sinbiotik. Disisi lain, kita juga bisa memberikan asupan makanan tambahan lain yang kaya akan sinbiotik yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayur, susu, dsb. 

Sekarang, aku mau sharing tentang pengalaman celebrity mama Chyntia Lamusu, tau dong dengan beliau? Dan aku termasuk yang pernah mengikuti kisah beliau tentang perjuangan beliau dan suami lewat media televisi untuk mendapatkan anak dengan cara bayi tabung, dan Alhamdulillah ternyata Allah mengabulkan dengan memberikan bayi kembar. Dan beliau bercerita kenapa pada saat itu dokter mengharuskan untuk operasi caesar, alasan yang pertama faktor usia yang pada saat itu usia nya 37 tahun. Dan karena bayi nya yang kembar, dan perkembangan salah satu janin yang bisa dibilang lambat dari janin satu nya, tapi karena sudah mengetahui akan melahirkan secara caesar mama tya membekali diri dengan banyak cari tahu seputar informasi tentang kelahiran caesar, mencari tahu resiko imunitas anak, berkomitmen untuk memberikan ASI, minta support suami dan juga keluarga.

“Dukungan yang baik dari pihak rumah sakit, suami, dan orang-orang terdekat membuatnya kuat dan mampu menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Anjuran dokter untuk melakukan tes potensi caesar merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi hidupnya. “Saya bersyukur diberkahi support system yang kuat dalam setiap proses dari kehamilan, melahirkan hingga merawat si kembar,” tambah Cynthia.  

Yang membuat aku terharu pada Webinar kali ini adalah di sesi tanya jawab ada mama yang merasa sedih setelah menyimak penjabaran dari materi tentang sistem imunitas pada anak dengan kelahiran caesar, tapi menurut dr.Ali Sungkar dan Prof Juffrie tidak perlu sedih karena melahirkan anak secara caesar karena tujuan kelahiran caesar yang utama adalah untuk keselamatan anak dan ibu. Untuk segala kekurangan nanti bisa di kejar kok. Jadi buat moms yang kebetulan sedang hamil dan dokter menyarankan untuk melahirkan secara caesar jangan ngotot untuk melahirkan normal, percaya dengan dokter Insya Allah semua nya akan selamat. dan kelahiran caesar maupun normal sama saja, tidak membedakan dari kecerdasan si kecil kecuali dikarena cedera kepala ketika proses bedah. Beda nya hanya di sistem imunitas karena perbedaan jalur lahir
.

Senang sekali Webinar kali ini memberikan ilmu baru untuk ku yang sangat awam dengan kelahiran caesar, ternyata banyak hal baru yang menarik. Benar juga kata Pa Arif Mujahidin, selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia. bahwa setiap anak, apapun metode kelahirannya, harus didukung agar siap dan tangguh menghadapi tantangan di masa depan—termasuk tantangan imunitas bagi anak kelahiran caesar. Jadi, Penting banget untuk rutin konsultasi ketika sedang hamil agar kita siap mental dan segala hal lain nya untuk menghadapi apapun metode kelahiran nanti nya.

Dan Sebagai komitmen untuk mendukung kesehatan ibu dan anak di Indonesia, Nutriclub akan meluncurkan Tes Potensi Caesar untuk membantu orang tua mengenali faktor risiko kelahiran caesar sejak awal dan mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut si Kecil. Untuk berbagai informasi seputar kehamilan, persiapan dan pasca-kelahiran caesar moms juga bisa mengunjungi website  www.nutriclub.co.id atau instagram @nutriclub_id

07 September 2020

Kunci keberhasilan menyusui dan Asi Ber nutrisi untuk ibu dan bayi istimewa (Sharing dan Tips)

September 07, 2020 2
"Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun"


Assalamualaikum, Hallo ha semuanya..




Ngomong-ngomong masalah Asi, ini salah satu pembahasan yang cukup menarik sekaligus juga panas dikalangan ibu-ibu. menarik nya kenapa? karena Asi pantas untuk diperjuangkan. iya karena untuk mengAsihi perlu perjuangan, tekad dan dukungan. lalu kenapa Asi bisa menjadi pembahasan panas dikalangan ibu-ibu? karena ada saja ibu-ibu yang bangga karena pencapaian nya mengasihi lalu ((bahasa kasarnya)) julid dengan ibu-ibu yang memberikan anak nya Susfor. kira-kira benar gak ya?siapa yang pernah baper gara-gara kena julid karena terpaksa ngasih anak susfor? akuuu nih salah satu nya. xixixxi
 
Aku mau tanya, Salah gak sih jika ada ibu-ibu yang berhasil memberikan Asi Eksklusif itu bangga dengan pencapaian nya? dan apakah seorang ibu yang memberikan anak nya Susfor juga salah? btw, aku pernah berada di posisi gagal ASI dan berhasil ASI. makanya, kali ini aku mau sharing tentang pengalaman tentang apa yang membuat gagal dan akhirnya berhasil asi eksklusif pada anak kedua ku. yuk, baca tulisan ku sampai habis ya...

Kenapa dan bagaimana rasanya gagal memberikan ASI ?

Kurang nya informasi, dukungan dan tekad yang membuat gagal. belum lagi omongan ibu-ibu yang bilang "Males nyusuin, dirumah doang gak kerja kan? kok gak ada alasan sih harusnya" bukan tanpa usaha, ketika anak ku bingung puting, aku sudah berusaha mencari konselor ASI. tapi karena ditempat ku waktu itu masih sangat terbatas konselor nya, sekali lagi usaha ku gagal. belum lagi suami yang mendukung untuk memberikan Susfor. okay kita putuskan untuk susfor saja.


ternyata masalah baru terjadi, dalam proses pencarian susfor pun aku belum paham soal itu. anak ku mengalami masalah pencernaan dan mengalami ruam, iya..anak ku ternyata alergi susu sapi dan itu pun baru ketahuan waktu dia masuk rumah sakit. Wah..ada-ada saja, belum hilang rasa sedih karena anak sakit, dokter pun seolah menyalahkan ku karena tidak memberikan asi. aku paham itu sebuah tamparan yang harus nya membuat ku semangat. tidak..aku sudah menyerah, dan dokter pun akhirnya meresepkan susu khusus untuk anak alergi.

singkat cerita, yang aku rasakan anak yang mengkonsumsi susu formal dengan Asi itu mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda, pada SEBAGIAN anak. untuk anak ku, dari gampang sakit, alergi belum lagi dari segi kerepotan nya untuk menjaga ke sterilan botol dot, dan segala kelengkapan nya. tapi kalau uang untuk beli susu nya masih bisa di usahakan ya moms. gak masalah untuk setiap orang tua berusaha mencari uang buat beli susu.

Apa pelajaran yang bisa diambil dari kegagalan tersebut?

Berawal dari Baper, baper karena dijulidi ibu-ibu karena memberikan anak susfor. padahal aku paham banget kalau mereka itu intinya secara tidak langsung memberikan pengetahuan "sebenarnya bisa loh ngasih Asi" . Pengalaman merupakan guru yang terbaik ya kan mom? jadi belajar dari pengalaman sebelum nya. aku dan suami berketad untuk anak yang kedua pokoknya harus Asi. jadi, sejak kehamilan anak kedua sudah banyak-banyak brosing dan banyak bertanya ke dokter. 

yang utama, dukungan dari suami dan keluarga itu sangatlah penting. dari mendekati hari lahir, keluarga sudah mewanti-wanti untuk harus semangat ya..harus belajar cara menyusui yang benar juga.

"Dukungan dari keluarga dan Tekad lah Kunci keberhasilan untuk menyusui si kecil, bersyukur juga menjadi alasan untuk bisa mengASIHI"

Aku selalu menekankan di semua tulisan ku, mau itu susfor mau itu ASI tujuan utama seorang ibu adalah ingin yang terbaik untuk anak nya. hanya saja kembali kita harus berfikir tuhan menciptakan payudara untuk seorang wanita itu apa lagi kalau bukan untuk menyusui si kecil, apapun tantangan nya ayoo belajar ! itu yang selalu aku tanam di otak ku. 

Dukungan, kebahagiaan dan nutrisi Kunci kebehasilan menyusui

waktu melahirkan anak pertama jujur saja, dirumah sakit tempat aku lahiran pada waktu itu tidak ada IMD (inisiasi menyusui dini) tidak ada dukungan dan aku tidak diajari cara menyusui yang benar. beda, dirumah sakit tempat aku melahirkan anak kedua mereka sangat mendukung dan sangat memberi semangat untuk menyusui, beberapa menit setelah anak ku lahir bahkan sebelum lahir pun aku sudah meminta untuk IMD. faktanya selain keluarga, yang membantu kita dalam proses melahirkan juga sangat berperan loh..

Suasana hati yang selalu happy juga sangat penting untuk kelancaran menyusui, Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan stres atau banyak pikiran akan memengaruhi kuantitas ASI. Sebab, hormon menjadi tidak stabil dan akan memengaruhi kuantitas ASI saat merasa stres. untuk mengurangi stress tips dari aku sih selalu sedia coklat dan es cream dikulkas. entah kenapa makan coklat dan es cream membuat mood ku bagus. hehe tapi perlu di ingat katanya sih tidak semua ibu menyusui boleh makan coklat, jika anak mengalami ciri-ciri alergi Gejalanya berupa gelisah, ruam, hiperaktif, insomnia, dan tidak mau menyusu nah kalau ada ciri-ciri tersebut jangan ya moms.

ngomongin masalah nutrisi, waktu hamil karena pengen banget mempersiapkan kelahiran yang lancar dan mempersiapkan segala keperluan untuk lancar menyusui kebetulan aku suka banget makan buah selama hamil, makan juga gak pilih-pilih. demi mempersiapkan diri menjadi ibu menyusui itu ternyata harus mengkonsumsi 8 jenis nutrisi dari Karbohidrat, Protein, zat besi, kalsium, vitamin D, C dan A dan DHA. tuh pusing gak tuh. hihi 

rasanya agak repot juga untuk memilah makanan yang dikonsumsi kadang ngeyel juga karena kerepotan. hiks jadi aku sih nyari aman aja nyari suplemen yang dalam satu tablet sudah lengkap nutrisi nya. dan untuk menghasilkan Asi yang berkualitas dan bernutrisi itu harus dipersiapkan dari kehamilan, sebab setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk bayi makanya Asi pantas untuk diperjuangkan. 

tapi gak semua ibu hamil cocok dengan suplemen khusus ibu hamil ya moms? aku dulu gak pakai suplemen yang diresepkan dokter karena gak cocok gak suka ada amis nya soalnya. nih sampai sekarang kalau cerita soal suplemen, aku nya masih merasa mual karena sugesti kali ya. hehe..kalau merasa gak cocok jangan dipaksa. cari merk lain aja tapi tetap konsultasikan ke dokter ya...

aku sih ngasih saran, cobain Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selain karena pengalaman aku pribadi banyak ibu-ibu yang bilang cocok dengan suplemen ini. selain itu karena Blackmores adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia.

didalam satu tablet blackmores pregnancy and breast feeding gold ini sudah ada 17 nutrisi essensial, jadi nya gak perlu lagi harus minum suplemen berbagai macam karena sudah komplit. ini nih aku kasih lihat apa aja nutrisi yang ada di blackmores :

● Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
● Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya 
osteoporosis pada Ibu
● Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi 
supaya tidak mudah sakit
● Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga 
tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
● Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui



aku cukup trauma juga dengan bau vanilla, karena dulu suplemet hamil ku ada wangi vanilla nya. jadi tiap mencium bau vanilla rasanya enek, sempat khawatir kan nyobain blackmores ini. ternyata bau nya hampir gak ada, jadi cocok untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui yang indra penciuman nya tajam banget gak bakalan ada drama gara-gara nyium bau obat nya sudah bikin mual.

Soal menyusui, bukan hanya tekad, dukungan keluarga dan lingkungan ya moms. dukungan dari berbagai pihak pun juga bikin hati ibu menyusui meleleh, gimana tidak..sebenarnya pengorbanan menyusui tuh luar biasa. misal nya, ketika kita mau makan tapi anak bangun dari tidur karena mau nyusu. kita pun menyingkar kan ego kita, kita lebih memilih untuk menyusui si kecil yang sedang kelaparan padahal perut kita juga lapar juga loh moms. makanya sekedar memberikan dukungan semangat pun sudah membuat kita bahagia. apalagi ada suatu waktu dikasih kado apa gitu sama pak suami pasti deh dijamin bahagia banget. wkwk itu bonus yaa. ((Mau nya)) 


Kalbe memberikan support dan semangat untuk para ibu hamil dan menyusui. Berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, dan memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra yang jatuh pada bulan Agustus sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan  Papua.


Sangat penting memperhatikan nutrisi selama kehamilan untuk mempersiapkan masa menyusui pasca lahiran nanti, selain itu jaga hati dan fikiran buat hati menjadi selalu happy. peran pak suami juga sangat penting loh, dukung dan bantu istri nya agar lancar menyusui. sama hal nya dengan aku yang pernah gagal menyusui, aku masih dihantui rasa bersalah dan sedih belum lagi tekanan karena ada saja ibu-ibu yang julid. tapi aku tidak sekedar baper, tapi baper sekaligus memperbaiki diri juga. karena nasehat jujur itu kadang dari mereka juga, mereka memberikan nasehat tapi dengan cara mereka yang berbeda-beda.


Semangat terus untuk kita para ibu menyusui, untuk yang sedang belajar. semangat dan ingat jaga hati, fikiran dan nutrisi ya moms dengan  Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, dan setiap tetesan ASI Bernutrisi itu untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store

Follow : 

Instagram : @blackmoresid
Website Blackmores

31 July 2020

Saluran Cerna, ternyata berpengaruh untuk sistem imunitas anak.

July 31, 2020 0

Assalamualaikum…
Halo moms, ngomong-ngomong tentang saluran cerna pada anak. kira-kira apa yang terjadi jika saluran cerna anak terganggu? jika jawaban nya diare. baik, tidak sepenuh nya salah. karena diare juga salah satu penyebab dari gangguan pencernaan. tapi, ternyata selain diare, imunitas anak juga akan berpengaruh loh kalau saluran cerna terganggu. 

Disaat seperti ini, dimana kita sedang menghadapi pandemi Covid 19 ini harus menjaga imunitas kita sebagai orang dewasa dan khususnya untuk anak-anak yang masih rentan dengan virus. karena itu, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub mengadakan Webinar pada hari senin tanggal 20 Juli 2020. dan pada kesempatan itu, beruntung sekali aku menjadi salah satu yang Blogger yang berkesempatan untuk menghadiri webinar tersebut. 


Kali ini aku akan Sharing informasi apa saja yang aku dapat selama Webinar yang bertema "Kombinasi Prebiotik FOS GOS, Kunci Sehat Saluran Cerna untuk Dukung Imunitas Anak"

Pada tahun 2018, Kementerian kesehatan merilis hasil riset stunting dan penyakit menular mengalami penurunan yang signifikan. sedangkan penyakit tidak menular mengalami kenaikan. di Indonesia anak umur 0-5 tahun yang paling banyak kasus malnutrisi dan Infeksi,  infeksi yang biasa diderita anak-anak adalah infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) dan gastroenteritis akut (diare).

"Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi  seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” ungkap dr Ariani.

Hayo siapa yang disini tau apa itu Mikrobioma? Yuk kita belajar lebih jauh moms!

Mikrobioma adalah Mikrobiota merupakan suatu kumpulan yang kompleks dari bakteri, archae, virus, dan jamur yang pada umumnya hidup di setiap bagian tubuh manusia seperi kulit, vagina, hidung dan mulut. Mikrobioma yang berasosiasi dengan  manusia disebut mikrobiota, namun penggunaan kata “mikrobioma” dan “mikrobiota” sering digunakan bersamaan. Jumlah mikrobioma pada manusia paling banyak terdapat di usus (Dietert, 2015). Bakteri pada mikrobioma manusia memiliki  peran pada imunitas, nutrisi, dan  perkembangan manusia. Hasil penelitian  mengatakan, microbioma atau mikrobiota (kumpulan bakteri) pada setiap orang berbeda sebagai akibat dari efek diet,gaya hidup, dan sumber bakteri di masa kecil (Prakash et al.,2011)



Jadi, kita sebagai orang tua tentu nya bisa berperan untuk mengatasi masalah tersebut. yaitu dengan memperhatikan nutrisi si kecil. Kenapa? agar di masa mendatang, anak akan Sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. menurut Head of Departemen of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. yang kemarin juga hadir sebagai narasumber, memaparkan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini. 

Nah bagaimana menjaga  keseimbangan bakteri baik ini agar kesehatan saluran cerna tetap terjaga? 

Penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus. Lebih spesifik, prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.  Hal ini berdampak pada berkurangnya risiko infeksi dan daya tahan tubuh yang terjaga.

Ada fakta menarik juga nih moms yang aku dapat seperti:

1. Probiotik (bakteri baik), seperti GOS dan FOS berperan sebagai penting untuk sistem pencernaan. prebiotik (makanan yang menghasilkan bakteri baik) ini ada pada makanan yang difermentasi kan. seperti yogurt, kefir, acar, dan makanan yang biasa kita sajikan setiap hari nya tempe. pasti moms menyediakan tempe sebagai lauk kan? walaupun tempe adalah makanan murah meriah merakyat ternyata bagus sekali untuk pencernaan ya. atau bagi yang suka makanan korea, kimchi juga termasuk makanan prebiotik loh. 

2. Disisi lain, menurut penjelasan Prof. Yvan, pada GIANT study yang dilakukan pada 767 anak sehat berusia di atas 1 tahun di 5 negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu pertumbuhan ternyata memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah  

Untuk itu sudah jelas ya moms, bahwa sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi kita agar kesehatan saluran cernanya terjaga dan berdampak pada daya tahan tubuh sang anak yang baik. Selain itum sebagai orang tua kita juga harus terus belajar tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak dengan banyak mengikuti seminar parenting, membaca buku, brosing di google atau kunjungi Website nutriclub dan akun Instagram @nutriclub_id ! Yuk cus kunjungi website dan sosial medianya ya ;)



22 April 2020

Sharing tentang anak yang terlambat Bicara

April 22, 2020 8
Assalamualaikum...

foto: dokumen pribadi


Sejak kapan ku pengen banget sharing soal Khansa anak pertama ku yang terlambat bicara, ada yang bisa menebak Khansa bisa bicara pada umur berapa? "5 TAHUN" yap sangat terlambat sekali. padahal normal nya umur 2-3 tahun harusnya sudah lancar bicara ya? tapi..yang aku maksud bukan anak tidak bisa bicara sama sekali. Khansa bisa bicara 1-2 kata, maksudnya belum bisa bicara yang kalimat panjang misalnya "Khansa mau mandi dulu ya" dia cuman bisa "Khansa mandi".

anw, sebelum nya aku disini gak bahas bahasa yang susah dimengerti ya. aku lebih banyak Sharing aja dan nanti akan aku kasih tau apa saja yang harusnya dilakukan dan harapan ku kalau kebetulan ada bunda yang anak nya terlambat bicara juga gak akan merasa sendiri dan larut dalam sedih *duh bahasa nya mulai mellow yak* hihi...

bingung juga mau cerita dari mana ya..hemphh...

Mungkin Alergi , juga jadi salah satu pencetus nya

Kita awalnya gak ngeh juga kalau Khansa bakalan lambat bicara mungkin salah satu faktornya adalah kurang nutrisi, karena anak ku beda dengan anak biasanya. dia anak alergi, jadi untuk susu formula pun susu khusus anak alergi (Susu soya) , Mpasi nya juga sangat terbatas jadi dia gak bisa makan protein hewani, mungkin itu juga menjadi salah satu dia pilih-pilih makanan. sempat sedih juga karena kata orang-orang, "Pasti anak nya pilih-pilih makanan karena mama nya waktu hamil juga pilih-pilih makanan" Wah dalam masalah ini, murni karena dia alergi protein hewani. 


Masalahnya, karena Mpasi nya sangat terbatas itu lah yang membuat dia pilih-pilih makanan. usia 2 tahun dia sudah mulai bisa makan protein hewani. memang gak bisa dipungkiri yaa nutrisi juga bisa menjadi salah satu pencetus tumbuh kembang anak. hikss


Berada dilingkungan yang itu-itu saja

Kami dirumah hanya ber tiga (sebelum si adik lahir) otomatis mungkin Khansa menjadi kurang dalam berkomunikasi, beda dengan anak yang dilingkungan nya ada banyak orang. maksudnya, ada sepupu, paman, bibi, kakek dan nenek. anak akan banyak belajar dari banyak orang. karena aku banyak melihat anak-anak bicara dengan lancar itu rata-rata karena berada dilingkungan banyak orang.

Nonton Video dengan bahasa Asing

Tanpa aku sadari, tidak semua anak mudah belajar bahasa sendiri. rasanya tidak mungkin anak sekarang tanpa gadget untuk nonton Video kartun atau pun lagu-lagu anak, paling enggak kita orang tua mendownload kan video untuk mereka tonton. karena menurut ku acara Tv sekarang sudah jarang ada acara yang mendidik untuk anak-anak, mau gak mau kita pasti lebih banyak menonton di youtube. 

sumber: liputan6

Nah, karena kadang kita sebagai orang tua ingin anak bisa berbahasa Inggris, padahal tidak semua anak bisa langsung paham 2 bahasa. waktu itu, Khansa tidak kenal Warna kuning. yang dia tau hanya Yellow, kami bilang ini kuning..Dia tetap bilang ini Yellow bukan kuning πŸ˜‚ 

❤❤❤

Sekarang Khansa usia nya sudah 6 tahun, sebenarnya dari usia 4,5 tahun dia sudah mulai banyak kosa kata. tapi sejak di umur 5 tahun ketika adiknya sudah lahir, dia sudah mulai suka ngoceh. Oke walaupun untuk sebagian ibu-ibu diluar sana "anak ku sudah bisa ngoceh diusia 2 tahun" dan bla..bla..nya, bahkan tidak sedikit juga yang bilang "Alhamdulillah anak ku gak begitu" tolong untuk ibu-ibu Lebih baik diam daripada bicara tetapi tidak bisa merangkai kosa kata yang akhirnya membuat orang lain terluka. harusnya sesama ibu-ibu harus saling menyemangati. itu lah kenapa aku malas untuk di komunitas parenting aku gak suka ibu-ibu yang membanggakan anak sendiri, lalu membandingkan dengan anak orang lain.

Tuh kan jadi emosi πŸ˜‘πŸ˜” Oke lanjut lagi, aku akan memberikan tips kira-kira apa yang harus bunda lakukan jika anak sudah mulai ada tanda-tanda terlambat bicara, 

Terapi

Walaupun jujur, aku dan suami tidak melakukan terapi untuk anak terlambat bicara. karena suami ku merasa anak nya baik-baik saja bukan anak yang harus dibawa untuk terapi. dan aku juga waktu itu tidak mencari tau apakah di Banjarmasin ada terapi untuk anak terlambat bicara, padahal ada ! tepatnya di Banjarbaru, waktu aku dan suami lewat sana gak sengaja aku lihat ada terapi nya. 


sumber gambar : parentingco.id

Mungkin untuk bunda yang berpenghasilan lebih dan suami nya kompak untuk membawa anak terapi, sebaiknya coba saja dulu. para terapis biasanya lebih tau untuk mengatasi masalah terlambat bicara pada anak

Ajak anak untuk berkumpul dengan teman sebaya
sumber gambar : bangalid.com

Ajak anak bunda untuk bergaul dengan anak tetangga, atau sesekali ajak anak berkumpul dengan sepupu nya. biasanya karena mendengar orang-orang berbicara, dia juga akan merekam apa yang dibicarakan. tapi, harus ajak anak untuk berkumpul dengan lingkungan yang baik yaa..karena anak belum tau apa yang seharusnya dia hindari.

Sekolah kan !

Sebenarnya ada penyesalan yang aku rasakan, kenapa gak dari dulu Khansa sekolah. karena berbagai ketakutan yang aku rasakan, dari ketakutan anak ku akan dibully teman-teman nya karena belum bisa bicara, takut anak akan terbebani karena dia sekolah disaat umurnya belum menginjak 5 tahun, takut anak akan bosan karena sekolah sejak dini dll nya.

Tapi, suami ku memang tidak setuju Khansa sekolah dibawah umur 5 tahun. ya, kami memang beda pendapat. hehe...

sampai akhirnya Khansa harus masuk TK, aku pun memberi tahu ibu guru kalau Khansa belum banyak kosa katanya. tapi ibu guru bilang, "Nanti kalau sudah sekolah juga bakalan bisa bicara" Alhamdulillah sejak sekolah Khansa sudah banyak kosa kata. dan bahkan sudah cerewet sampai aku dan suami pusing untuk menjawab segala ocehan nya 😁 mungkin selain karena bantuan ibu guru, Disekolah juga banyak teman-teman nya. tapi semua butuh proses masih ada beberapa kosa kata yang dia belum lancar mengucapkan nya, setidaknya itu adalah awal yang sangat bagus

❤❤❤

walaupun sebelumnya, aku dan suami beda pendapat soal sekolah dan terapi. tapi aku berusaha untuk tidak saling menyalahkan, karena yang sudah terjadi biar lah. itu sudah lewat, intinya naluri keibuan ku selain khawatir juga wajar karena merasa malu karena mendapat tekanan, kadang dari orang terdekat, kadang juga dari sesama ibu-ibu yang selalu membanding-bandingkan perkembangan anak. kalau ada yang bilang "Ngapain malu? itu adalah ujian" mohon maaf..mungkin anda tidak berada diposisi saya, atau anda sudah melewati posisi saya. yang padahal dulu juga pasti merasakan apa yang saya rasakan..

Tuh kan emosi lagi πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£

yang terpenting sekarang, anak ku hanya terlambat bicara yang akhirnya bisa bicara seperti anak-anak biasanya. ketika sudah berada di posisi lega, semua ketakutan dan kecemasan masa lampau pun bisa dilupakan, yang harus aku lakukan sekarang yang pasti harus bersyukur. sudah lama aku ingin berbagi cerita, yang aku harapkan agar ibu-ibu yang sedang cemas diluar sana akan sedikit merasa lega karena merasa tidak sendiri.

Mudah-mudahan tulisan ku ini ada manfaatnya, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.


14 January 2019

Begini cara mengatasi kulit anak yang mulai gelap dan rekomendasi sunscreen untuk anak

January 14, 2019 6
Assalamualaikum...

sumber google

"ni anak waktu bayi putih loh,kok sekarang item sih?" aku biasanya mikir gitu sambil memakaikan baju anak sehabis mandi.namanya emak pasti ada rasa perhatian dengan anak untuk hal sekecil ini.mungkin ada sebagian ibu-ibu yang santai memperhatikan perubahan warna kulit anak.tapi aku enggak bisa gitu,huhu...

Padahal perubahan warna kulit dari bayi sampai masa kanak-kanak itu suatu hal yang biasa dan wajar karena waktu bayi kan cuman diam dirumah sedangkan masa kanak-kanak dihabiskan untuk bermain di luar rumah.emak pasti pernah merasakan masa kecil kan ? ngejar layangan putus atau bahkan main rumah-rumahan disawah yang akhirnya bikin kulit kita item.hahaha..pada saat itu kita gak mikir kulit hitam kan ? karena pada saat itu kita hanya tau bermain.

Ketika sudah beranjak remaja sudah mulai belajar merawat diri dari luluran dan pakai handbody karena usia segitu sudah kenal yang namanya malu dan sudah ada mulai naksir cowok.uhukk jadi harus rajin merawat diri nih biar kulit jadi putih..ihiiyyyyy geli banget ingat masa itu

"Lah...kok jadi gue yang curhat ya,hahaha" 

Lupakan...

Saking gemas nya,rasanya khansa pengen ku pakaikan handbody yang ada whitenning nya loh.hahaha tapi ternyata kita gak harus melakukan hal yang gak penting seperti itu,karena ketika anak beranjak dewasa nanti akan terjadi regenerasi kulit dari waktu ke waktu. jadi yang harus kita lakukan untuk mencegah kulit anak semakin hitam adalah :

Pakai kan anak pakaian yang tertutup


bisa dipakai kan kerudung dengan baju yang panjang untuk muslimah,atau kalau pakai motor usahakan anak mau menggunakan jaket yang ada hoodie nya misalkan dia males menggunakan helm.tapi gunakan jaket yang adem dan lebih menyerap keringat jika cuaca panas,jangan menggunakan jaket dengan kain yang bikin gerah.karena anak akan mudah risih,kasihan kan..

Tidak Perlu dipakaikan pemutih

Sebagai ibu pasti gemas melihat kulit anak jadi gelap,tapi sebaiknya kita gak usah memakaikan bahan kimia untuk anak.Penggunaan obat atau kosmetik untuk memutihkan kulit merupakan tindakan pengikisan pelindung pertama pada kulit,dengan demikian,hal ini akan menyebabkan terjadinya perusakan epitel kulit.walaupun aku pernah melihat ada pemutih khusus untuk anak dan bayi sebaiknya gak usah deh hindari saja.

bagaimana pun kita merawat kulit anak,bakalan gak ngefek karena anak-anak fokus dengan masa bermain.umur segitu bisa bermain panas-panasan merupakan suatu kebahagiaan yang gak bisa terulang.


Gunakan Sunscreen

Bukan hanya kita-kita saja yang harus menggunakan sunscreen,anak pun harus menggunakan sunscreen dan seharusnya anak-anak lah yang lebih diprioritaskan menggunakan sunscreen.karena kulit anak masih rentan terkena radiasi.

Supaya hemat,pakai sunscreen yang dipakai emak aja deh apa bedanya toh sama-sama sunscreen juga kan ?

baca juga :Sunscreen cream Zoya cosmetic (REVIEW)

Gak gitu juga mak..!!!!

Sekarang sudah banyak brand yang memproduksi sunscreen khusus anak,dan katanya kalau kita biasanya SPF 25 pun sudah cukup sedangkan untuk anak harus lebih tinggi.katanya siih..dan yang pastinya sebelum membeli sunscreen untuk anak pastikan ada tulisan "for baby" atau "safe for baby"

Bahan UV filters yang digunakan adalah 'physical sunscreen', yaitu zinc oxide (ZnO) dan titanium dioxide (TiO2), serta tidak menggunakan 'chemical sunscreen', seperti octyl methoxy cinnamate, dll. Lalu, bagaimana cara memilih tabir surya yang sesuai untuk anak? Pilihlah tabir surya yang berlabel ‘for babies and kids’ (jadi, bahan yang digunakan sudah sesuai untuk anak, nilai SPF (Sun Protection Factor) dan PA (protection grade of UVA) yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan (dianjurkan memilih dengan minimal SPF 30 dan PA +++), serta sunscreen yang waterproof/water resistant. (sumber :parenting.co.id)

kalau anakku,ku belikan sunscreen/sunblock merk pure baby loh mak..

 



kenapa aku memilih pure baby,karena waktu khansa bayi dia cocok banget pakai rangkaian perawatan kulit bayi merk pure baby ini karena aku selektif banget memilih produk yang di pakaikan untuk khansa soalnya dia kan alergian jadi ada merk tertentu yang gak cocok dengan kulitnya


alasan berikutnya karena Sunblock pure baby ini adalah karena ada tulisan physical protection,non-alcohol,PABA free dan no Fragrance.dan katanya Satu-satunya sunblock untuk bayi yang bekerja secara physical non chemical, sehingga tidak diserap oleh kulit, karena mekanisme kerjanya memantulkan radiasi sinar UV. 



dikemasan juga tertulis For daily use yang artinya bisa digunakan untuk sehari-hari jadi gak usah nunggu liburan ke pantai dulu baru dipakai ya.dan yang pasti Sunblock pure baby ini hypoalergenic makanya aku memilih produk ini untuk khansa.



tapi sayang,tekstur sunblock ini terlalu pekat makanya susah untuk dibaurkan.karena aku sebelum pakai lotion biasanya ditaroh dulu ditelapak tangan terus diusap-usap ditelapak tangan baru deh baurkan ke tubuh anak.tapi untuk sunblock ini langsung ku pakaikan ke kulit anakku dan dia risih karena meresapnya lama *mungkin karena bekerja secara physical tadi yaa* dan sunblock pure baby ini sayang nya white cast selain bikin risih anak ku,mamaknya juga dibikin repot dengan efek white cast nya tersebut

Harga si sunblok pure baby ini aku beli sekitar kurang dari 150.000-an lebih mahal dari sunscreen yang dipakai emaknya.hihihi

πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦

Perlu ditekan kan disini fungsi sunscreen,sanblock ataupun tabir surya fungsinya bukan untuk memutihkan kulit.tapi lebih ke pencegahan agar kulit terlindungi dari efek jahat sinar matahari yaaa..emak sudah beli sunblock untuk anak belum? 

24 September 2018

Tips Belanja Keperluan Bayi baru lahir,biar gak mubazir

September 24, 2018 6


Hallo moms..

Waktu aku hamil pertama sangat exited untuk membeli keperluan bayi,bahkan gak sabar menunggu lewat dari 7 bulan.iya karena mitos orang Banjar pamali membeli perlengkapan bayi dibawah umur 7 bulan kehamilan,kalau logikanya yaa *walaupun amit-amit* misalnya terjadi sesuatu dengan bayi nya si ibu gak akan tambah sedih karena melihat perlengkapan bayi nya.

Karena naluri ibu dan begitu melihat perlengkapan bayi yang lucu-lucu ditambah lagi di sosial media kan dipakaikan ke bayi yang emang sudah lucu dari sana nya gimana kita gak tambah gemes.gini loh moms aku punya pengalaman seputar membeli keperluan bayi yang karena nafsu tersebut malah berujung mubazir maksudnya pelrlengkapan bayi tersebut malah gak kepakai bahkan cuman kepakai sebentar.

karena itu kali ini aku mau sharing supaya moms bisa memilah perlengkapan apa aja nih yang bisa di skip,caranya mudah saja.moms hanya perlu memilah.terus terang saja nih moms,ini bisa aku terapkan dikehamilan aku yang kedua.fyi untuk anak kedua aku membeli lagi semua keperluan bayi karena punya kakanya terdahulu sudah aku kasih ke keluarga dan ada tetangga mamer ku yang kurang mampu.

Oke moms,untuk membantu moms membuat list apa saja yang harus dibeli,aku bantu nih..nanti bisa diprint kalo mau jadi tinggal contreng.hehe







Perlengkapan Mandi

Sabun,shampo,handuk dll nya itu penting untuk dibeli.kalau pengen hemat moms bisa membeli yang satu set sabun bayi.biasanya yang satu set lebih murah daripada satuan,kalau mau sekarang sudah ada sabun yang sekalian bisa digunakan untuk shampo.saran saya sih moms beli yang ukuran kecil aja,karena biasanya pasti ada teman atau saudara yang datang kerumah nengok bayi mereka pasti bawa kado.dan kadonya yang paling banyak itu se set keperluan mandi,jadi supaya lebih hemat beli yang ukuran kecil aja moms.hehe

Untuk Baskom kalau moms sedang mengandung anak pertama moms wajib membeli baskom mandi bayi,jangan pakai baskom buat nyuci baju ya moms kasian badan bayi nya gak muat.hehe karena baskom khusus bayi sudah di desain nyaman untuk bayi.

Tips memandikan bayi :

kalau terpaksa harus memandikan bayi sendiri,dan moms masih takut bayi nya dimandikan didalam baskom.moms cukup memandikan bayi di atas perlak atau di atas kaki moms,supaya gak terlalu licin.tuangkan sabun atau shampo diatas waslap jadi busa nya tidak terlalu banyak,otomatis gak licin kan ? tinggal guyur tubuh bayi dengan air suam-suam kuku .



Pakaian Bayi

Semua nya dibeli serba setengah lusin aja,karena perlengkapan newborn itu paling cuman kepake satu bulan.namanya bayi kan pasti tambah besar,saran ku guritan dan popok kain itu bisa diskip kok moms.soalnya sekarang udah gak boleh pakai gurita,kalau pun moms mau beli gurita bayi yang pakai perekat aja moms jadi gak repot.

Alasan bayi gak boleh pakai gurita : 

Gurita bayi yang terlalu ketat bisa menyebabkan bayi sesak napas

Pemakaian gurita bayi yang terlalu kencang bisa membuat bayi merasa kepanasan dan banyak berkeringat. Ini kemudian dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit seperti gatal biang keringat atau ruam kulit layaknya ruam popok karena keringat yang menempel di kulit tidak dapat menguap dengan baik akibat terhalang oleh kain gurita. Selain itu, pemakaian gurita yang telalu kencang juga dapat menyebabkan makanan yang telah masuk ke dalam lambung mengalir balik ke kerongkongan, yang pada akhirnya bisa menyebabkan bayi muntah berulang.
Risiko lainnya dari gurita bayi adalah anak Anda bisa kesulitan bernapas, terutama apabila lilitannya terlalu kencang. Cara membebat gurita yang terlalu ketat di bagian perut akan mengganggu gerak pernapasan bayi, sebab bayi yang baru lahir belum bisa langsung bernapas dengan paru-paru. Bayi pada umumnya bernapas masih lewat perut.
Bayi bernapas lebih cepat daripada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Tingkat pernapasan normal pada bayi baru lahir umumnya sekitar 40 kali napas per menit. Ini bisa melambat sampai 20 sampai 30 kali per menit saat bayi tidur.
Pola bernapas pada bayi mungkin juga berbeda. Bayi mungkin bernapas dengan cepat untuk beberapa kali, kemudian beristirahat sejenak kurang dari 10 detik, lalu bernapas lagi. Ini sering disebut pernapasan periodik dan merupakan hal normal, yang akan membaik seiring waktu. Nah, penggunaan gurita bayi yang terlalu ketat bisa mengganggu sistem pernapasan bayi yang belum “matang” ini, dan akibatnya bisa fatal.

Sesak napas pada bayi bisa berakibat fatal — dari kerusakan otak hingga kematian

Perubahan pada kecepatan atau pola pernapasan bayi, batuk atau tersedak yang tak kunjung henti, suara mendengkur keras, atau perubahan warna kulit yang membiru bisa berarti bayi mengalami gangguan pernapasan dan memerlukan pertolongan medis segera. Saat bayi yang baru lahir kekurangan oksigen, napasnya akan menjadi cepat dan dangkal. Jika situasinya terus berlanjut, ia akan berhenti bernapas sepenuhnya, detak jantungnya akan jatuh, dan ia akan kehilangan kekuatan otot.
Jika hal ini terjadi, sebetulnya masih sangat mungkin untuk mengembalikan kondisi bayi dengan memberi bantuan napas dan paparan oksigen berlanjut. Namun, jika bayi yang baru lahir terus kekurangan oksigen, ia akan mulai terengah-engah, dan kemudian ia akan berhenti bernapas lagi. Detak jantung, tekanan darah, dan kekuatan ototnya akan terus turun, sehingga ia akan kehilangan kesadaran. Ada juga risiko kerusakan otak jika tidak ada cukup oksigen yang mencapai otak. Pada kasus yang fatal, bayi bisa mati kehabisan napas akibat tercekik kekurangan oksigen. (sumber:hallosehat)

Sedangkan untuk popok kain,seperti nya sekarang sudah jarang digunakan.karena popok kain sudah tergantikan dengan popok sekali pakai yang ukuran newborn.selain mudah,kita juga gak direpotkan dengan cucian yang numpuk.jadi popok kain bisa di skip yaa moms..
Keperluan moms pasca melahirkan
Sarung itu gunanya untuk moms di tempat melahirkan , biasanya kalau mau melahirkan kita disuruh memakai sarung jadi celana dalam kita dilepas.kalau cuman pakai selimut kan barabe moms.hehe jadi jangan lupa untuk membeli sarung kurung ya.
Keperluan Asi seperti penampung asi dan pompa asi juga perlu,karena beberapa hari setelah melahirkan asi kita akan banyak,penampung asi yang direkatkan ke BH berfungsi agar asi gak membasahi baju.dan fungsi pompa asi untuk menampung asi kita yang sedang penuh-penuhnya,karena biasanya ada bayi yang gak mau menyusu waktu Payudara moms sedang penuh-penuhnya.PD yang sedang penuh itu rasanya sakit loh moms,jadi harus dikeluarkan asi nya.
Penampung asi yang aku pakai Mamapad,mamapad premium dan pigeon
sumber google

sumber google

sumber google


Review
Sedikit review tentang breast pad atau penampung asi mamapad,mamapad ini mempunyai dua jenis.tentu ada perbedaan dari mamapad biasa dengan mamapad premium,kalau yang biasa itu isi nya hanya satu-satu.kalau yang premium isi nya sepasang,kalau dari segi kelembutan gak jauh beda sih menurutku.lem nya juga gak jauh beda.

Kalau pigeon isinya terniat banget,hehe karena dia dibungkus dengan jenis kain tipis.bukan plastik loh yaa tapi isi nya sama kaya mamapad biasa yaitu gak sepasang.

kalau ada waktu lebih nanti aku review secara detail yaa


Pompa Asi 

Untuk pompa asi,sebenarnya waktu anak pertama aku udah punya pompa nya.tapi sudah dibuang paksu karena sudah serba hilang.xixii itu pun juga agak dadakan beli pompa asi karena beberapa hari aku nya kesakitan bayi ku gak mau nyusu dengan PD yang penuh,waktu itu lebaran mana toko-toko pada tutup jadinya ya sudah beli pompa asi yang ada di baby shop yang buka aja..


jadi pompa asi yang aku beli Elektrik Breast Pump Real bubee ini seharga 850.000.begitu sampai mobil pak suami brosing ternyata rata-rata harga nya dibawah 500.000 OMG aku sedih.hahaha terus kata paksu ya sudah lah yang penting kamu gak sakit lagi.iihhh so sweet banget,aku kesel tau.whahaaa tapi bener juga sih biarin udah rejeki orang di momen lebaran

baca juga : Pengalaman Melahirkan normal,Kontraksi diperjalanan Mudik lebaran

Tapi maaf aku gak sempat ngereview Elektrik Breast Pump Real bubee ini Insya Allah nanti aku review kok.doain sehat terus ya..

Baby swing,baby bouncer,ayunan elektrik dan kereta dorong

Menurut pengalaman aku,perlengkapan yang seperti ini bisa di skip karena hanya kepake sebentar,sekarang sudah banyak rental perlengkapan bayi.tapi kalau anak pertama biasanya kita bakalan kalap.hehe gak papa asal disimpan baik-baik untuk adik nya nanti biar gak usah beli lagi.

Pilih warna perlengkapan bayi yang unisex 

Memilih dan membeli perlengkapan bayi yang unisex atau yang bisa dipakai bayi laki-laki dan perempuan itu guna nya supaya nanti bisa dipakai kan ke adik-adik nya.gak lucu dong karena kalap si kaka misalnya perempuan jadi nya beli semua perlengkapan dengan warna pink.terus kalau si adiknya laki-laki gak mungkin dong dipakaikan warna pink,gak kenapa-kenapa sih cuman agak lucu aja.hihi

πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€πŸ€
Biasanya kalau membeli keperluan si kecil itu memang selalu bikin kalap,oke moms punya uang banyak.masalahnya bukan itu moms,tapi alangkah bijaknya kalau kita bisa memilah mana yang teramat penting dengan yang gak penting banget.karena perlengkapan bayi itu hanya bisa bertahan sebentar,soalnya bayi kan semakin hari semakin besar.perlengkapan yang gak kepake juga akan memenuhi rumah kita,kecuali moms niat nya sekalian dibikin rental nah sekarang jadi peluang usaha yang bagus tuh.

Semoga bermanfaat

20 July 2018

Pengalaman Melahirkan normal,Kontraksi diperjalanan Mudik lebaran

July 20, 2018 14
Hallo Assalamualaikum..





Mudik lebaran kemaren benar-benar pengalaman yang berbeda, sebelumnya aku fikir kalau mudik kemaren itu hanya pengalaman mudik disaat hamil besar dan menjelang HPL, ternyata itu adalah pengalaman melahirkan yang tidak terduga. hahaha 

jadi cerita nya seperti ini..

Sebenarnya pagi sebelum berangkat mudik, seperti biasanya aku bersih-bersih rumah dan mencek keperluan mudik supaya semuanya lengkap dan tidak ada yang tertinggal. Karena aku sudah HPL (Hari perkiraan lahir) jadinya semua keperluan newborn dan dokumen yang diperlukan pun aku persiapkan, maksudnya kalaupun aku harus lahiran di kampung halaman semuanya sudah siap.


oke, merasa segala keperluan sudah lengkap di dalam tas dan semua barang sudah dimasukkan ke bagasi. Aku, suami dan anak ku yang pertama pun siap untuk berangkat tapi tidak langsung cus ke kampung halaman, tapi kami ingin membeli oleh-oleh terlebih dulu. Singkat cerita di cafe tempat kami membeli oleh-oleh aku numpang ke toilet dulu dan aku terkejut ada darah di (Ups maaf) Celana dalam ku. Aku mencoba untuk tenang dan begitu masuk ke mobil sambil basi basi dengan suami "Bang, jangan kaget yaa.keluar ciri nih sepertinya mau lahiran",kata suami ku "Loh yang bener ini,jadi gimana. kita balik kerumah lagi"? Aku berfikir karena ini suasana mudik. kalau aku bertahan disini (Banjarmasin) yang ngurus dan bantu aku siapa? ya sudah periksa ke bidan dulu.sampai dibidan ternyata sudah bukaan 2.dan bidan menyarankan untuk diam disana saja.

Drama banget nih,hahaha disatu sisi takut melahirkan dijalan (karena jarak Banjarmasin dengan kampung ku Barabai Hulu Sungai Tengah itu 4 jam perjalanan).ditambah lagi bidan nya bilang "Ini sampai Martapura juga lahiran" dalam hatiku ngomong "Iya kali..ini bukan pertama kali aku lahiran.hihihi" akhirnya aku tetap kekeh untuk melanjutkan perjalanan.Tawakal dan sambil ngajak ngobrol dede nya supaya keluarnya kalau sudah sampai Barabai aja.

Gimana diperjalanan nahan sakit gak ?

iya pasti,tapi cuman nyut-nyut aja gitu.pernah mens ? pasti kan ? (aku yakin yang mampir di postingan ku ini rata-rata perempuan yang sebentar lagi mau lahiran .hihi) rasanya seperti mau mens tapi makin lama makin kuat.sampai mau buang air kecil pun tidak terasa.semakin dekat dengan kampung halaman,sakitnya pun semakin kuat

Apa saja yang dilakukan diperjalan sambil menahan sakit ? 

Aku hanya rebahan,sesekali mampir nyari toilet sambil jalan-jalan kaki supaya pinggang gak sakit dan aliran darah lancar.sambil berdoa minta kemudahan,walaupun itu bukan pengalaman melahirkan pertama kali untukku tapi rasa was-was,gugup dan khawatir pasti tetap ada.berdoa membuat hati lebih tenang.karena aku gak puasa,aku tetap minum air putih dan berusaha untuk makan walaupun sedikit.melahirkan itu perlu tenaga sodara-sodara.hihi

ceritanya sudah sampai kampung halaman nih..

Sampai kampung,aku mampir kerumah sebentar numpang buang air kecil sekalian jemput mama untuk jagain anak ku yang pertama.karena aku yakin rumah sakit gak bakalan mengijinkan anak-anak untuk masuk.

Dirumah sakit aku dimasukkan ke IGD RSUD Damanhuri Barabai,petugasnya minta data dan lain-lain nya.selesaii periksa tensi,cek pembukaan masih pembukaan 2. "Ya Allah 4 jam perjalanan baru pembukaan 2.ya ampunn" karena waktunya buka puasa,perawatnya pamit untuk buka puasa dulu.waktu mereka sudah keluar ruangan.aku dan suami ngajak ngobrol dede yang diperut "Nak,sudah sampai barabai nih.keluar yuk" sambil minum air palungsur pemberiaan mertua (semacam air doa) kira-kira 20 menit kemudian kontraksinya makin kuat dan aku merasakan ada air yang merembes keluar,ada sekitar 15 menit aku merintih kesakitan sambil menangis.suami sempat ngomong "Panggil perawatnya gak nih" aku bilang jangan..biar mereka buka puasa dulu,kasian..

Berselang waktu 5 menit setelah suami ngomong,perawatnya datang dan mencek pembukaan.ternyata langsung pembukaan penuh,mereka kaget.sebelum ditinggal buka puasa dicek pembukaan nya lambat,padahal cuman ditinggal sebentar sudah pembukaan penuh.aku langsung diantar keruangan melahirkan.(Wah tambah gugup nih,hahahaha..) yang aku fikir masuk ruangan ini hanya untuk menunggu lagi ternyata tidak,ternyata ini adalah waktunya melahirkan daannn proses mengejan pun dimulai dari kejadian keluar pup sampai akhirnya yang keluar bayi yang langsung diletakkan di dadaku.Masya Allah melihat bayi yang aku lahirkan rasanya semua sakit sudah hilang (Padahal belum,haha karena ada proses jahit episiotomi.tapi ceritanya menyusul) merasa takjub dengan pertolongan Allah.karena prosesnya secepat itu dari sampai rumah sakit padahal sampai rumah sakit baru pembukaan 2 sampai melahirkan hanya kurang lebih 1,5 jam.dari magrib sampai isya

Setelah bayi dibersihkan,bayi nya diletakkan lagi di dadaku untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini) aku jelaskan sedikit mungkin ada yang belum mengerti tentang IMD jadi proses IMD ini adalah kurang lebih memudahkan bayi untuk proses menyusui atau bisa juga proses mengajari bayi menyusu.bayi diletakkan diperut ibu,secara alami bayi akan mencari puting si ibu dan itu prosesnya selama 1 jam.tapi sayangnya anakku dalam waktu sejam itu tidak bisa mencari puting nya.ahahahaha..

tapi Alhamdulillahnya proses IMD ini sangat membantu walaupun Asi nya baru keluar 2 hari setelah melahirkan.rumah sakit tempat aku melahirkan sangat menghindari pemberian susfor,jadi tidak ada tanda tangan persetujuan Susfor.dan disana benar-benar diajari untuk mandiri pasca melahirkan.jadi tidak ada bantuan keteter kalau mau pipis langsung ke kamar kecil.pokoknya harus belajar pipis dan BAB sendiri.

Aku dirumah sakit hanya satu malam,hari itu suami merasakan sahur dirumah sakit.karena aku lahiran nya 2 hari sebelum lebaran kan.untung nya aku nya sehat,anakku juga sehat jadi tidak membutuhkan waktu yang lama,siang nya sudah bisa pulang.

Perkenalkan aku Muhammad Yahya Rizani

Setiap wanita itu mempunyai pengalaman melahirkan yang berbeda dengan tingkat kemudahan atau pun kesusahan yang berbeda-beda.dan melahirkan anak pertama maupun melahirkan anak kedua juga berbeda,untuk yang lagi menunggu waktu saatnya untuk melahirkan sebaiknya jangan memikirkan kesulitan nya sebaiknya konsentrasi dengan persiapan fisik dan mental aja ya bund,contohnya ibu hamil itu harus banyak gerak "tetap berhati-hati" rajin jalan pagi,banyak-banyak bedoa,yang lebih penting minta doanya juga dengan orang tua,suami,mertua,keluarga dan sahabat.

banyak ibu hamil yang hanya mempersiapkan keperluan newborn yang lucu-lucu tapi tidak mempersiapkan mental dan fisik.ada juga yang meremehkan periksa kandungan rutin,padahal memeriksakan kandungan secara rutin tidak kalah penting.periksanya pun kalau bisa lengkap,dari cek darah,USG dll nya karena setiap periksa itu selalu ada catatan.dan catatan itu sangat penting untuk dokter ataupun tenaga medis tempat kita melahirkan.

yang terpenting untuk mental ibu hamil adalah jangan takut untuk melahirkan,jangan dengarkan kata-kata seram nya.percaya diri kunci kenyamanan dan keselamatan untuk proses melahirkan bunda.

06 September 2017

Serunya Menjadi Bagian dari Mombassador SGM batch 5

September 06, 2017 15


Hallo..

Berawal dari mengisi form pendaftaran di Blogger Perempuan,setelah mengisi form pendaftaran mungkin 2 minggu setelah itu tepatnya sebelum lebaran idul fitri.saya ingat waktu itu saya mengangkat telepon sambil menjemur pakaian 😜 pada saat itu di konfrimasi lagi data-data yang saya isi ketika mendaftar.dan jika terpilih apakah bersedia untuk berangkat ke jogjakarta.saya bilang kalau memang terpilih saya pasti siap.

Saya udah pede tuh,tanya-tanya lagi ke suami beneran di ijinin kan ya kalau beneran kepilih nanti, ke jogja loh yaa 3 hari lagi.kamu jaga anak 3 hari looohh.iya di ijinin emang yakin bakal kepilih katanya,saya sebel di jawab seperti itu πŸ˜‘ tapi dia orangnya emang gitu kok tidak pernah serius kalau ditanya dijawab becanda mulu.hehe tapi sebenarnya mendukung sekali bahkan dia yang mendorong saya untuk mengisi form pendaftaran kemaren.

Sekitar 2 minggu setelah lebaran,saya mendapat telpon lagi ternyata dari SGM lagi,saya juga ingat waktu itu saya sambil masak.hehe biasa emak-emak , saya kembali ditanyai pertanyaan yang sama waktu ditelpon pertama kali.karena saya sambil masak dan menemani anak bermain jadinya mungkin jawaban saya agak beda dengan jawaban diwaktu ditelpon pertama kali.agak buyar karena sambil beraktifitas menemani anak bermain untungnya bunda yang menelpon saya paham akan hal itu.hehe begitu pertanyaan selesai beliau langsung memberi kabar gembira bahwa saya terpilih menjadi salah satu Mombassador yang akan diberangkatkan ke jogja pada tanggal 24-26 Agustus.ya ampun saya langsung bengong tidak percaya,senang dan campur aduk.hihh

baik lah saya mulai percaya dan mulai mempersiapkan diri dari brosing blog bunda-bunda yang lebih dulu terpilih menjadi Mombassador Sgm ini.

Mombassador SGM itu apa sih? jadi mombassador SGM itu semacam komunitas bunda-bunda SGM eksplore yang terpilih.dan nantinya akan menjadi keluarga besar SGM

Waktu berangkat sudah semakin dekat,akhirnya kami para calon Mombassador SGM mulai saling berkenalan lewat sosial media.ada sekitar 92 Bunda mombassador pada batch 5 ini.woww dari yang mendaftar sekitar 600-an.banyak ya makanya saya sangat bersyukur menjadi bagian dari 92 Bunda yang terpilih.dan Alhamdulillahnya ada 4 orang dari kota Banjarmasin jadi saya tidak perlu takut.maklum saya canggung karena tidak pernah naik pesawat.bisa dibayangkan jika saya sendiri naik pesawat tidak mengerti prosedur bandara malu dong kalau salah-salah mau ditaroh dimana muka saya *yang mau ketawa boleh,mumpung gratis 😁😁😁😁

Sudah tanggal 23 nih,barang saya sebenarnya sudah siap dari tanggal 21 maksudnya supaya tidak ada yang tertinggal.hehe karena panitia sudah me list apa saja yang bisa dibawa nantinya,jadi pada saat itu yang saya bawa :

  • Baju secukupnya,mungkin 2 saja sudah cukup karena disana nanti kita akan lebih banyak menggunakan baju seragam SGM.mungkin bawa satu baju untuk gala dinner ya
  • Rok atau celana, 
  • Manset sangat diperlukan untuk daleman bagi yang berhijab karena kaos seragam SGM agak menerawang
  • Sepatu yang tertutup,karena sangat berguna untuk outbond dan masuk area pabrik SGM
  • Obat-obatan,karena biduran saya sering kambuh jika kelelahan,terkena cuaca yang sangat panas ataupun sangat dingin.
  • Skincare seperti sunblock,sabun wajah pokoknya skincare rutin tetap harus dibawa.
  • Make up karena ada acara gala dinner
  • Pengering rambut,padahal ternyata tidak terpakai
  • dan perlengkapan pribadi lain nya

DAY 1

Tanggal 24 Agustus Akhirnya sudah waktunya berangkat,jam 3 subuh kami sudah dijemput travel karena kami harus ada dibandara jam 5 pagi.untuk berangkat ke jakarta terlebih dulu.iya kami harus transit dulu ke jakarta.ya lumayan lah mampir sebentar kesana.hihi

Sebelum berangkat tetap narsis dulu,kami kan emak-emak gaul.hehe kurang satu karena pada saat itu bunda diah belum datang,mereka berdua ini yang banyak membimbing saya selama dibandara.πŸ˜„

Nah,ini waktu sampai di bandara Soekarno hatta sambil menunggu berangkat ke jogja
Sekitar jam 10'an akhirnya kami sampai dengan selamat di Bandara Adisucipto walaupun harus pakai drama parno karena pesawat muter-muter selama setengah jam lebih yang hampir membuat isi perut saya keluar.tapi untung nya tidak.



Begitu sampai bandara kami disambut tim dari SGM Mombassador jadi sekalian mereka membuat dokumentasi berasa jadi artis di kamera terus.hihi dan kemudian kami diantar menuju hotel greenhost 




disini pun kami disambut sangat ramah oleh tim dan panitia.greenhost ini terkenal karena menjadi salah satu tempat shoting AADC 2.setelah sampai kami langsung mengisi data diruangan yang sudah disiapkan,disana sudah ada beberapa bunda yang datang dan kami pun saling berkenalan

setelah mengisi data,kami boleh mengambil goodie bag dan makan siang sebelum sesi foto-foto untuk profil dimulai.

Sambil nunggu giliran buat foto profil narsis dulu ya kan.



Anehnya disini walaupun kami baru pertama kali bertemu tapi sudah seperti lama berteman,langsung akrab dengan bunda-bunda yang lain.sesi foto untuk profil pun sudah selesai kamar hotel juga sudah dibagikan ternyata saya dan bunda-bunda dari banjarmasin tidak menginap di hotel greenhost ini,tapi di hotel hotel indies heritage jogja yang masih berdekatan dengan hotel greenhost.walaupun jaraknya dekat kami tetap diantar menggunakan mobil,


Sumber agoda.com

Bayangan kamarnya persis seperti ini | sumber agoda.com

Saya mendapatkan teman sekamar yang baik dan care,yaitu bunda Artiartini beliau orang jogja rumahnya juga masih dekat jadi beruntung sore-sore masih bisa ketemu suami dan anak di lobi hotel,saya mah sedih kangen anak dan suami terus.hati saya menangis *lebay 😘 

Istirahat sebentar jam 7 kami sudah dijemput untuk Welcoming dinner di greenhost.ternyata banyak bunda-bunda yang baru saja sampai.



suasana di greenhost dimalam hari
setelah dinner acara pun dimulai dengan MC yang menurut saya sangat lucu,saya lupa siapa nama MC nya maaf ya..

Memperkenalkan para panitia Mombassador



Acara welcoming dinner sangat seru  ada sesi menebak bahasa daerah asal juga,untuk bahasa banjar diwakili bunda Aulia.jadi ceritanya mereka yang disuruh maju ke depan menyapa pakai bahasa daerah masing-masing dan nanti ditebak itu bahasa dari daerah mana.

yang tidak kalah penting dari acara welcoming dinner ini,ditekan kan kami para bunda mombassador bukan sebagai alat promosi.disini juga kami diberitahu apa saja keuntungan menjadi bagian dari mombassador sgm ini.

foto-foto sebelum acara welcoming selesai

Kerena sudah malam,dan karena besoknya di day 2 bakalan ada kegiatan lagi jadi sudah waktunya untuk istirahat.dan kami yang menginap di indies kembali diantar ke hotel.untuk hari pertama belum terasa lelahnya hanya saja saya terlalu kengen dengan anak dan suami dihari pertama hanya sempat videocall 2x sedih karena wifi dirumah lagi gangguan.


DAY 2

Jam 6 pagi kami sudah harus turun untuk sarapan,karena jam 7 sudah dijemput bis.




Sarapan sehari-hari saya memang roti

jam 7 kami sudah dijemput bis,bis nya masih baru enak juga adem.selama perjalanan kami dipandu,sebelum ke pabrik SGM ternyata kami singgah dulu ke bakpia pathok 25 untuk membeli oleh-oleh.bakpianya masih hangat ya ampun 😍😍


Selesai beli oleh-oleh langsung menuju pabrik SGM Sari husada.





disini kami disambut sangat ramah,begitu masuk tenda.iya saya sebut itu tenda.hihihi kami sudah ditunggu cemilan.dan acara nya juga tidak molor bagitu para bunda duduk semua.acaranya pun segera dimulai.

Kami banyak diberi edukasi Segalanya tentang sarihusada,dimulai dengan video singkat apa saja yang harus diperhatikan ketika memasuki area Pabrik Sarihusada lengkap dengan simulasi jika terjadi hal yang tidak di inginkan.Karena PT.SGM yang tergabung dalam group danone mempunyai prinsip keselamatan adalah hak asasi manusia.keselamat diri sendiri dan keselamatan orang lain harus dijaga ketika berada di area PT.SGM

PT.SGM juga menerapkan standart keamanan pangan atau food safety yang ketat untuk menjamin kualitas jadi untuk siapa saja yang sedang sakit flu,diare,tifus dan penyakit menular lain nya tidak diperbolehkan masuk area produksi.nah lo?jadi sebelum berangkat kemaren saya sempat sakit flu dan batuk untungnya pada saat itu sudah sembuh dengan minum booster.jadi nya tetap bisa masuk.hehe karena sudah diwanti-wanti kalau sakit sudah dipastikan tidak boleh masuk area pabrik.


Sekarang kita mengenal sejarah dari sari husada itu seperti apa sih ? Sari husada berdiri tanggal 14 Agustus 1964 atas inisiatif pemerintah indonesia dengan PBB dalam upaya perwujudan protein nasional.ditahun 1968 bersama para ahli dari universitas Indonesia Sari husada mulai memproduksi susu SGM.sekian tahun sari husada semakin berkembang dengan serangkaian inovasi dan pergantian kepemilikan sampai akhirnya bergabung degan Danone ditahun 2007

Dan produknya pun semakin berkembang yang berstandar internasional dengan harga terjangkau,produk sari husada di produksi di yogjakarta dan klaten jawa tengah yang dikembangkan 400 ilmuan danone result center yang tersebar dibelanda,singapura dan Indonesia,pabrik Sari husada ini adalah pabrik terbesar di asia pasifik dan mampu memproduksi 90.000/tahun ton susu.

Sampai akhirnya kami diajak berkeliling pabrik.kami diajak melihat proses packing susu SGM disana semua dikerjakan mesin.jadi sempat ada bunda yang bertanya karena semua dikerjakan mesin kalau ada karatan bagaimana?lalu mereka memberi penjelasan kalau ada standar khusus dan mesin nya selalu rutin dibersihkan.Sebelum di pasarkan,susu yang sudah dipacking dan masuk kardus itupun masih menunggu sekitar 5 hari karena menunggu hasil cek lab dulu.kalau benar-benar tidak ada masalah,susu SGM pun siap dipasarkan.

Sari husada juga sangat care terhadap karyawan,karena mereka sangat menjaga ke sterilan misalkan ada karyawan yang sakit.selama sakit mereka dirumahkan dulu sampai benar-benar sembuh dan selama sebulan sekali selalu mengunjungi rumah karyawan untuk melihat apakah dirumah mereka pun menjaga kebersihan dan ke sterilan.

sumber aku anak SGM

waktu sudah menunjukkan pukul 11 siang,kunjungan kami sudah selesai.berarti kami harus melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu makan siang di Rama shinta resto yang berada di area Candi Prambanan,Tapi kami masih sempat foto-foto dulu



sumber: aku anak SGM
Sepertinya muka nya pada belum siap ini.xixixi karena memang sangar panas pada saat itu.

Kegiatan Selanjutnya OUTBOND

Selesai makan siang kami kembali naik bis menuju tempat outbond dan masih disekitaran candi prambanan juga sebenarnya bukan outbond sih lebih ke main sambil belajar aja.dan mendapatkan voucher belanja jika menang,sayang nya kelompok kami kalah.hihii yaa tidak papa belum rejeki ,semua game disini membutuhkan kerjasama dan ke kompakkan anggota kelompok

sumber foto : Diah Arini

sumber foto : facebook Diah arini

sumber : facebook Diah Arini


sumber foto : facebook Diah Arini


Sumber foto : facebook Diah Arini

Setelah game selesai,dibagikan lah prisma harapan.maksudnya kami disuruh menulis harapan kami sebagai Mombassador SGM.dan ini adalah kelompok saya.


Akhhhh...akhirnya selesai juga tidak terasa sudah hampir jam 5.dan kami pun harus batal belanja ke pasar prambanan tidak jadi beli daster.hihi tidak apa-apa,saatnya naik bisa untuk kembali ke hotel karena jam 7 petang sudah dijemput bis lagi acara gala dinner.

Bis sudah stay menunggu kami dan begitu mau naik bis kami kembali dibagikan snack.iyaa makan lagi dan makan lagi selama kami disana selalu dikasih cemilan.hihihi Alhamdulillah ya,selama perjalanan menuju hotel.di bis bisa sambil karaoke-an,dengar lagu mellow saya jadi tambah kangen dengan keluarga.mau nangis juga malu.hehe tidak terasa sudah sampai hotel tapi kami hanya bisa beristirahat sekitar 1 jam.memang di acara Temu Bunda Mombassador SGM ini selalu on time.


GALA DINNER DI SEKAR KEDATHON



Disini kami sangat terhibur dengan MC yang kocak yang bikin gigi kering karena banyak tertawa

sumber:facebook Diah Arini
dokumentasi pribadi
 Bunda Naomi jamaro dari SGM (kanan),bunda candy dari omah parenting (tengah),bunda Fiki founder Wajah bunda Indonesia

dokumentasi pribadi
Disini bunda naomi menjelaskan Bunda Mombassador Sgm itu sebenarnya apa?dan kelebihan menjadi bagian dari Mombassador itu apa.saya juga baru tahu kalau SGM mendapatkan predikat platinum untuk sosmed karena tanggapan cepatnya disetiap komentar di Aku Anak SGM yang kurang dari 8 menit.tapi itu memang nyata,karena saya juga pernah walaupun tidak terlalu aktif di Aku anak SGM tapi saya pernah mengajukan pertanyaan dikolom komentar dan tanggapan nya sangat cepat.

Tidak heran,karena tentu ada Tim dibelakangnya yang sangat tanggap juga ada sekitar 33 orang tim yang terlibat ada yang berprofesi sebagai bidan,ibu-ibu pokoknya yang punya pengalaman dengan anak.


Setelah Inagurasi atau bisa disebut kami sudah resmi menjadi bagian dari Mombassador selanjutnya kami foto bersama.suasana semakin meriah dengan berjoget maumeri

sumber foto : facebook Aku anak sgm
dengan ini acara Gala dinner pun selesai,kami kembali dijemput bis karena besok pagi sebelum kembali ke kota masing-masing kami ada workshop dulu.jadi,sampai hotel menyempatkan packing dulu karena setelah sarapan kami sudah harus cekout hotel.


DAY 3 WORKSHOP DAN DISKUSI



bapak Emanuel atau kata beliau biasa disapa dengan pa noel.beliau bertanya,apa saja yang bunda tahu tentang kepanjangan dari SGM? mungkin sudah banyak plesetan dari SGM.tapi sebenarnya dulu SGM itu tidak mempunyai merk.jadi kemasan nya polos saja.


Bunda Naomi kembali menjelaskan arti dari Mombassador secara luas.


DISKUSI

Semacam membuat poster Jika hasil karya kami menang kami akan mendapatkan voucher belanja.seperti biasa mengerjakan nya harus dengan kekompakkan.kami diberi waktu 30 menit.




Sumber foto : instagram Aprilia arifiyanti
Walaupun Hasil diskusi kami akhirnya tidak menang tapi tidak apa-apa,yang penting kami merasa sudah saling bekerja sama.Setelah workshop dan diskusi selesai kami harus secepatnya ke hotel green host sambil membawa barang bawaan kami.huaa sedih dadah Hotel Indies.


Sambil makan siang di greenhost ini,pengumuman pemenang lomba live report tentu saja saya tidak menang,hihihi dan ada juga penobatan bunda persahabatan yang dipilih oleh kami para Mombassador.Bunda Jeany dari sorong Papua yang terpilih menjadi bunda persahabatan.

Acara Temu Bunda Mombassador SGM Batch 5 dibuka dan ditutup di hotel greenhost ini,sebenarnya sedih juga berpisah dengan para bunda hebat.tapi disatu sisi saya memang sudah sangat rindu dengan keluarga,apalagi saya dengar anak saya sempat nangis dan lari melihat tetangga saya.dia menyangka kalau tetangga itu saya.terus terang itu sangat membebani saya Syedihhh πŸ˜“yang saya lihat bunda-bunda yang lain sangat merindukan anak dan suami ,karena terlihat setiap ada waktu selalu video call-an dengan keluarga .tapi kami disana juga demi keluarga,agar kami menjadi bunda yang lebih baik lagi.mudah-mudah SGM banyak rejeki nya jadi bisa membuat reuni untuk Mombassador batch 5 reunian lagi tentu dengan membawa anak dan suami.atau mungkin ada papa bassador juga nanti?hihihi Amin lah yaa..


Saya sangat berterima kasih kepada SGM karena saya bisa menjadi salah satu dari SGM Mombassador batch 5.banyak sekali yang saya dapat dari edukasi,fasilitas lengkap,keramah tamahan,teman-teman baru,pengalaman,oleh-oleh makanan khas jogja nya juga *Sambil nyengir kuda* tapi serius semua tim SGM itu semuanya ramah-ramah saya tidak pernah melihat satu orang pun yang marah-marah atau pasang muka sebel,Pokok nya TOP untuk SGM.

Baik,mungkin segitu dulu tulisan saya tentang serunya menjadi bagian dari Mombassador SGM bacth 5 ini.tidak mudah untuk saya mencut setiap tulisan tentang kegiatan selama 3 hari 2 malam tersebut.kalau bisa pun saya ceritakan semuanya,tapi mungkin tahun depan baru selesai.hihihi jadi saya tetap berusaha merangkum dengan singkat tanpa meninggalkan momen indah bersama bunda-bunda hebat dan semua tim SGM.Semoga Bermanfaat