Tampilkan postingan dengan label parenting. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label parenting. Tampilkan semua postingan

27 November 2020

Kenapa ibu-ibu sering mengalami Sariawan? dan begini cara mengobati nya.

November 27, 2020 2



Assalamualaikum,


Aku orang yang jarang banget mengalami sariawan, mungkin bertahun-tahun sekali baru pernah mengalami nya. tapi, semenjak jadi seorang ibu. entah kenapa jadi lebih sering terkena sariawan, eleh rasa nya seperti menjadi iron man #ehh. tentu rasanya nano-nano, kira-kira apa ya penyebab ibu-ibu lebih rentan terkena sariawan?


Sebelum nya, kita harus tau dong Sariawan itu apa sih? Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Nyeri dapat dirasakan pada pipi, gusi, bagian dalam bibir, atau lidah. walaupun sariawan umum nya akan sembuh dalam 7 - 14 hari. 


sumber Google

Nah, lalu kira-kira apa penyebab ibu-ibu lebih rentan terkena sariawan? berikut penjelasan nya :


Stress


Faktor yang satu ini akan banyak sekali menimbulkan penyakit ringan maupun berat ya moms, jadi kalau bisa sih dihindari. karena pada saat stress penyakit akan mudah mampir, salah satu nya sariawan. 


apalagi jika moms merasa sudah mengkonsumi makanan yang bergizi tapi kok sariawan nya gak sembuh-sembuh. Nah bisa jadi moms menderita 

Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS) atau sariawan berulang. yang terjadi karena stress Akut.


Daya tahan tubuh pada saat stress akan mudah menurun, itulah sebab nya kenapa stress juga mengambil peran membuat sariawan. kadang stress yang dialami ibu-ibu adalah mengalami fase lelah dengan rutinitas pekerjaan rumah ditambah lagi jika mempunyai anak kecil yang membuat kita agak sulit untuk beristirahat, ketika kelelahan dan tidak bisa banyak beristirahat lah yang membuat stress.


stres tidak menyebabkan penyakit sariawan secara langsung, stres dapat memicu timbulnya sariawan karena akan mengangguan kekebalan tubuh yang menyebabkan sariawan. 


Makanan yang di konsumsi


Makanan juga bisa memicu sariawan loh moms, contoh nya makanan pedas dan makanan panas. Walaupun sebenar nya kalau pedas nya normal saja tidak masalah, yang jadi penyebab sariawan adalah makanan yang sangat pedas.


Gak pedas berasa gak makan ya moms, selain tidak baik untuk pencernaan. efek pedas akan membuat tubuh panas yang menyembab kan iritasi pada rongga mulut. 


Selain itu, Usahakan untuk menghindari makanan yang dapat mengiritasi mulut Moms. Contohnya saja kacang, keripik singkong, dan buah-buahan asam, seperti nanas, jeruk bali dan jeruk.


Hindari makanan apa pun yang membuat Moms sensitif atau alergi, karena makanan-makanan ini bisa jadi penyebab sariawan.(sumber: parenting orami)


kadang sebagai ibu yang masih menyusui pasti sering lapar dan makan apa saja yang ada dikulkas ya. hihi tapi tetap harus dipilah ya supaya gak bikin sariawan



Punya Balita yang aktif


Mempunyai balita super aktif juga bisa jadi salah satu penyebab sariawan. kenapa? contoh nya kita lagi menggendong si kecil. Lalu, waktu saat bercanda kepala si kecil tidak sengaja terbentur dengan bibir kita. Nah itu juga bisa menjadi pemicu sariawan, biasanya bibir akan berdarah yang lama-kelamaan akan menjadi sariawan karena bibir mengalami cedera.


Makanya sebisa mungkin kalau bermain dengan si kecil kita nya juga harus berhati-hati untuk si kecil dan untuk diri kita sendiri. kalau sudah mengalami sariawan kan susah juga,


❤❤❤❤❤


Lalu bagaimana cara mengatasi sariawan yang terlanjur tumbuh? yah, walaupun sariawan akan sembuh dengan sendiri nya tapi mana tahan kalau harus menunggu sampai sembuh tanpa di beri obat. apalagi kita sebagai mom yang mempunyai aktivitas segudang, tidak ingin terganggu oleh perihnya luka dan sakit kepala akibat si sariawan itu tadi.


Biasanya untuk menyembuhkan sariawan ada 2 cara yang alami dan diobati secara kimia. tergantung moms mau pakai cara apa, kalau secara alami bisa menggunakan bahan-bahan ini : 


Aloe Vera


Anti inflamasi yang ada di dalam Lidah buaya / aloe vera ini sangat bagus untuk menangkan Dengan menggunakan lidah buaya, bahan ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat. 


Cara nya : tinggal oleskan lidah buaya pada sariawan dan tunggu sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat.


Kayu Manis


Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit.


Jadi, kira-kira moms mau pakai bahan apa nih untuk mengobati sariawan nya? tapi perlu di ingat. dalam memilih bahan juga harus diperhatikan aman atau tidak pada ibu hamil dan menyusui. ketika menggunakan bahan alami kita juga harus tau takaran nya.


Karena aku tidak ingin repot, aku memilih menggunakan produk khusus untuk sariawan saja. yang dibuat dengan bahan alami, yang tentu nya aman dipakai untuk ibu hamil dan menyusui, anak-anak maupun orang tua. pokok nya aman dipakai untuk seluruh keluarga, nama nya Aloclair plus



Kenapa Harus Aloclair Plus ?


Karena pada Aloclair sudah ada 2 kandungan alami yaitu Aloe vera dan kayu manis yang sudah dikenal bagus untuk mengatasi sariawan. dan aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga dari anak-anak sampai ibu hamil dan menyusui juga bisa menggunakan aloclair plus, hemat banget gak usah beli yang khusus-khusus gitu. maksud nya obat sariawan khusus anak-anak ataupun khusus ibu hamil dan menyusui, kan? 


Dan, proses penyembuhan nya juga lebih cepat. kalau dipakai dengan benar proses penyembuhan nya hanya 2 sampai 3 hari, dan jangan takut karena produk aloclair plus tidak membuat rasa perih, bebas alkohol, higienis dan tentu nya aman, aman jika tidak sengaja tertelan.


Apa Saja Produk Lengkap Aloclair Plus?


Aloclair Mouthwash


berkumur selama 1 menit


Meredakan nyeri secara tepat dan membantu proses penyembuhan ulkus rongga mulut. Tidak perih, bekerja cepat, membantu penyembuhan, bebas alkohol. Mengandung Aloe Vera & Asam hyaluronat. Cocok untuk sariawan yang berjumlah banyak 


Aloclair Plus Gel


dipakai 1-2 kali tetes


Membantu mengatasi stomatitis aftosa dan tukak pada rongga mulut.


Lesi kecil pada mulut termasuk lesi traumatik yang disebabkan oleh kawat gigi palsu.


Aloclair Spray



dipakai 3-4 kali semprot


Mempercepat proses penyembuhan & membantu mengatasi nyeri yang diakibatkan lesi minor pada mulut.


Bagaiman Cara Pakai nya ?


  • Diulang 3-4 x/hari atau sesuai kebutuhan


  • Dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui


  • Hindari makan atau minum minimal  selama 1 jam setelah penggunaan


  • Hindari kontak langsung antara ujung tube dengan lesi


  • Jangan menyentuh lesi dengan lidah minimal selama 2 menit agar terbentuk selaput pelindung



Obat sariawan yang aman untuk anak


Aloclair plus bisa digunakan bayi dari umur 2 bulan.


Sariawan gak boleh disepelekan ya moms, karena rasa sakit nya sangat mengganggu aktifitas kita. memang ada obat alami yang dipercaya menyembuhkan sariawan, tapi kalau ada Aloclair yang praktis dan aman untuk dipakai seluruh keluarga kenapa tidak ? tinggal di pilih sesuai kebutuhan aja ya moms. yuk jangan tunggu sariawan, segera siapkan di kotak obat di rumah masing-masing ya untuk jaga-jaga.


Info selengkap nya tentang Aloclair Plus di Instagram Aloclair


26 Oktober 2020

Mengenal 4 Jenis Penyakit yang Umum Menyerang Bayi

Oktober 26, 2020 0
Assalamualaikum...
Hallo..

Moms, pasti sudah biasa kan mendengar kata "Bayi masih Sensitif"? makanya tidak heran orang tua jaman dulu sangat ekstra menjaga bayi nya, dari menggunakan bedong, sarung tangan dll nya. belum lagi aturan yang melarang orang tua untuk membawa anak keluar dari rumah jika belum genap 40 Hari.

Faktanya bayi yang baru lahir memang masih menyesuaikan kondisi tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Sehingga lebih mudah terserang penyakit. Ditambah lagi dengan kekebalan tubuh mereka yang masih lemah jika dibandingkan dengan orang dewasa. Turut mempermudah infeksi kuman dan juga bakteri penyebab penyakit. 

Menyadari hal tersebut maka orang tua harus lebih selektif di dalam melakukan perawatan pada buah hati mereka, sehingga bisa terlindungi secara optimal.
 
Berikut ini diantaranya beberapa jenis penyakit yang memang umum menyerang bayi, yaitu:
 
1. Masalah pernapasan, Infeksi Saluran Napas Atas kerap kali pada suhu dingin Anda menjumpai masalah ini jadi harus cari tahu penyebab nafas bayi bunyi. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi pernapasan mereka terhambat oleh lendir, dapat diatasi dengan cara mengencerkan lendir tersebut agar tidak menghalangi lubang aliran udara.

2. Demam, bayi yang demam menandakan sistem kekebalan tubuh mereka tengah bekerja keras untuk melawan virus ataupun bakteri yang menyerang. sehingga terjadi peningkatan suhu tubuh, umumnya demam akan turun setelah pemberian obat untuk meredakan demam, namun jika kondisinya bertambah serius maka demam akan semakin tinggi.

3. Gangguan pencernaan, masalah kesehatan ini meliputi beberapa hal, diantaranya adalah perut bayi kembung atau justru diare. Itulah mengapa bunda harus lebih selektif di dalam memilih asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh buah hati. Jangan sembarangan karena pemilihan makanan yang tidak tepat dapat memicu gangguan pencernaan.

4. Infeksi kulit, kondisi udara yang kurang bagus, ditambah lagi dengan infeksi jamur dapat memicu terjadinya masalah kulit, seperti ruam popok, kemudian juga munculnya bintik-bintik di bagian wajah dan sejenisnya. para orang tua harus selektif dalam memilih produk perawatan yang tepat untuk si kecil. Karena jika tidak cocok maka bisa memicu kondisi semacam ini.
 
Sleekbaby , sumber: google

Pastikan buah hati Anda terlindungi secara optimal diantaranya dengan menggunakan perawatan yang tepat dari Sleek Baby, rangkaian produknya begitu lengkap dari produk keperluan laundry, body care nya juga ada. yang pasti sudah sangat teruji. dan pastinya produk Sleek baby mudah dijumpai di pasaran, sehingga tak perlu kesulitan membelinya.

09 September 2020

Ternyata Jalan Lahir mempengaruhi sistem imunitas anak

September 09, 2020 1
Assalamualaikum, Hallo…


gfdhfgh
Optimalkan imunitas anak kelahiran caesar dengan mikrobiota sehat


Tau gak moms, kalau jalan lahir atau proses melahirkan anak dengan cara caesar maupun lewat vagina itu juga ada pengaruhnya untuk si kecil yang lahir secara caesar salah satu nya terganggu nya sistem pernafasan, rentan alergi, jadi kalau di simpulkan anak dengan kelahiran caesar lebih rentan di sistem imunitas nya. tapi mau melahirkan secara normal ataupun caesar sama saja suatu perjuangan untuk kita sebagai ibu ya moms, yang akan aku bahas kali ini adalah materi yang aku dapatkan waktu ikutan webinar bareng Nutrilon dengan tema “Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat” dengan Narasumber Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), Prof.dr.Moh Juffrie Sp.A.(K) Ph.D, dan Selebrity mom Chyntia Lamusu. 

Nama nya seorang ibu ya moms, ketika sudah menjelang kelahiran apapun akan di iyakan yang penting ibu dan anak sehat dan selamat. aku seorang ibu yang melahirkan 2 anak ku dengan cara normal, makanya aku sangat tertarik juga untuk tahu seputar kelahiran caesar, makanya waktu webinar kemaren banyak sekali ternyata mitos tentang seputar kelahiran caesar ya. Katanya, ada saja ibu yang memaksa untuk lahiran normal padahal sudah disarankan untuk caesar, ada juga yang katanya akan mempengaruhi kecerdasan si kecil, kira-kira benar gak sih ? yuk baca tulisan ku sampai habis ya moms.

Menurut Dr. dr Ali Sungkar, SpOG(K) Melahirkan secara caesar itu dilakukan salah satu nya untuk menekan angka kematian ibu dan anak yang dilakukan sesuai indikasi. Misalnya karena kondisi kesehatan, riwayat seksio sesarea sebelum nya, panggul sempit,  juga usia si ibu yang sudah tua dan posisi janin. Seksio sesarea yang terencana lebih baik daripada yang tidak terencana, jadi alangkah baik nya rutin untuk mengontrol kehamilan jadi jika harus melahirkan caesar si ibu dan dokter akan lebih banyak persiapan nya,  lalu kenapa jalur lahir dikatakan mempengaruhi sistem imun si anak ? karena jalur lahir anak dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang sangat penting untuk perkembangan imunitas anak.

Singkatnya, anak yang lahir secara normal atau pervaginam kolonisasi bakteri mikrobiota nya dari bakteri vagina dan fases si ibu. Termasuk lactobacillus dan Bifidobacterium , Sedangkan anak yang lahir secara caesar, proses kolonisasi mikrobiota nya terpengaruh  faktor eksternal  sehingga terjadi keseimbangan mikrobiota usus. Kolonisasi mikrobiota usus merupakan  hal krusial dalam menjaga kesehatan bayi. Paparan pertama dengan Komunitas mikrobiota dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan panjang, dan yang paling jleb lagi kata dokter Ali makanya kebersihan Vagina sebelum melahirkan harus dijaga dan jangan sampai salah ketika menjaga kebersihan nya yang ditakutkan bakteri baik yang ada di vagina akan ikutan mati. Penting sekali untuk menjaga Ph Tingkat keasaman (pH) vagina yang normal adalah 3,8-4,5 juga nih moms.

“Kelahiran merupakan titik yang menentukan sistem kekebalan tubuh untuk kehidupan di masa depan. Mikrobiota saluran cerna mengandung jutaan mikroba yang dianggap penting untuk mengembangkan sistem imunitas tubuh. Sementara itu, pada persalinan caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko terjadinya gangguan imunitas, termasuk alergi terhadap makanan,” ujar Prof. Juffrie. dan ternyata Sebuah penelitian menunjukkan anak lahir caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal sehingga anak lahir caesar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai gangguan sistem imunitas. 

Yang terbaik untuk anak kelahiran caesar adalah ASI, karena ASI sangat baik untuk imunitas si kecil kandungan Prebiotik dan Probiotik atau dikenal juga dengan sinbiotik. Disisi lain, kita juga bisa memberikan asupan makanan tambahan lain yang kaya akan sinbiotik yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayur, susu, dsb. 

Sekarang, aku mau sharing tentang pengalaman celebrity mama Chyntia Lamusu, tau dong dengan beliau? Dan aku termasuk yang pernah mengikuti kisah beliau tentang perjuangan beliau dan suami lewat media televisi untuk mendapatkan anak dengan cara bayi tabung, dan Alhamdulillah ternyata Allah mengabulkan dengan memberikan bayi kembar. Dan beliau bercerita kenapa pada saat itu dokter mengharuskan untuk operasi caesar, alasan yang pertama faktor usia yang pada saat itu usia nya 37 tahun. Dan karena bayi nya yang kembar, dan perkembangan salah satu janin yang bisa dibilang lambat dari janin satu nya, tapi karena sudah mengetahui akan melahirkan secara caesar mama tya membekali diri dengan banyak cari tahu seputar informasi tentang kelahiran caesar, mencari tahu resiko imunitas anak, berkomitmen untuk memberikan ASI, minta support suami dan juga keluarga.

“Dukungan yang baik dari pihak rumah sakit, suami, dan orang-orang terdekat membuatnya kuat dan mampu menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Anjuran dokter untuk melakukan tes potensi caesar merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi hidupnya. “Saya bersyukur diberkahi support system yang kuat dalam setiap proses dari kehamilan, melahirkan hingga merawat si kembar,” tambah Cynthia.  

Yang membuat aku terharu pada Webinar kali ini adalah di sesi tanya jawab ada mama yang merasa sedih setelah menyimak penjabaran dari materi tentang sistem imunitas pada anak dengan kelahiran caesar, tapi menurut dr.Ali Sungkar dan Prof Juffrie tidak perlu sedih karena melahirkan anak secara caesar karena tujuan kelahiran caesar yang utama adalah untuk keselamatan anak dan ibu. Untuk segala kekurangan nanti bisa di kejar kok. Jadi buat moms yang kebetulan sedang hamil dan dokter menyarankan untuk melahirkan secara caesar jangan ngotot untuk melahirkan normal, percaya dengan dokter Insya Allah semua nya akan selamat. dan kelahiran caesar maupun normal sama saja, tidak membedakan dari kecerdasan si kecil kecuali dikarena cedera kepala ketika proses bedah. Beda nya hanya di sistem imunitas karena perbedaan jalur lahir
.

Senang sekali Webinar kali ini memberikan ilmu baru untuk ku yang sangat awam dengan kelahiran caesar, ternyata banyak hal baru yang menarik. Benar juga kata Pa Arif Mujahidin, selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia. bahwa setiap anak, apapun metode kelahirannya, harus didukung agar siap dan tangguh menghadapi tantangan di masa depan—termasuk tantangan imunitas bagi anak kelahiran caesar. Jadi, Penting banget untuk rutin konsultasi ketika sedang hamil agar kita siap mental dan segala hal lain nya untuk menghadapi apapun metode kelahiran nanti nya.

Dan Sebagai komitmen untuk mendukung kesehatan ibu dan anak di Indonesia, Nutriclub akan meluncurkan Tes Potensi Caesar untuk membantu orang tua mengenali faktor risiko kelahiran caesar sejak awal dan mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut si Kecil. Untuk berbagai informasi seputar kehamilan, persiapan dan pasca-kelahiran caesar moms juga bisa mengunjungi website  www.nutriclub.co.id atau instagram @nutriclub_id

07 September 2020

Kunci keberhasilan menyusui dan Asi Ber nutrisi untuk ibu dan bayi istimewa (Sharing dan Tips)

September 07, 2020 2
"Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun"


Assalamualaikum, Hallo ha semuanya..




Ngomong-ngomong masalah Asi, ini salah satu pembahasan yang cukup menarik sekaligus juga panas dikalangan ibu-ibu. menarik nya kenapa? karena Asi pantas untuk diperjuangkan. iya karena untuk mengAsihi perlu perjuangan, tekad dan dukungan. lalu kenapa Asi bisa menjadi pembahasan panas dikalangan ibu-ibu? karena ada saja ibu-ibu yang bangga karena pencapaian nya mengasihi lalu ((bahasa kasarnya)) julid dengan ibu-ibu yang memberikan anak nya Susfor. kira-kira benar gak ya?siapa yang pernah baper gara-gara kena julid karena terpaksa ngasih anak susfor? akuuu nih salah satu nya. xixixxi
 
Aku mau tanya, Salah gak sih jika ada ibu-ibu yang berhasil memberikan Asi Eksklusif itu bangga dengan pencapaian nya? dan apakah seorang ibu yang memberikan anak nya Susfor juga salah? btw, aku pernah berada di posisi gagal ASI dan berhasil ASI. makanya, kali ini aku mau sharing tentang pengalaman tentang apa yang membuat gagal dan akhirnya berhasil asi eksklusif pada anak kedua ku. yuk, baca tulisan ku sampai habis ya...

Kenapa dan bagaimana rasanya gagal memberikan ASI ?

Kurang nya informasi, dukungan dan tekad yang membuat gagal. belum lagi omongan ibu-ibu yang bilang "Males nyusuin, dirumah doang gak kerja kan? kok gak ada alasan sih harusnya" bukan tanpa usaha, ketika anak ku bingung puting, aku sudah berusaha mencari konselor ASI. tapi karena ditempat ku waktu itu masih sangat terbatas konselor nya, sekali lagi usaha ku gagal. belum lagi suami yang mendukung untuk memberikan Susfor. okay kita putuskan untuk susfor saja.


ternyata masalah baru terjadi, dalam proses pencarian susfor pun aku belum paham soal itu. anak ku mengalami masalah pencernaan dan mengalami ruam, iya..anak ku ternyata alergi susu sapi dan itu pun baru ketahuan waktu dia masuk rumah sakit. Wah..ada-ada saja, belum hilang rasa sedih karena anak sakit, dokter pun seolah menyalahkan ku karena tidak memberikan asi. aku paham itu sebuah tamparan yang harus nya membuat ku semangat. tidak..aku sudah menyerah, dan dokter pun akhirnya meresepkan susu khusus untuk anak alergi.

singkat cerita, yang aku rasakan anak yang mengkonsumsi susu formal dengan Asi itu mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda, pada SEBAGIAN anak. untuk anak ku, dari gampang sakit, alergi belum lagi dari segi kerepotan nya untuk menjaga ke sterilan botol dot, dan segala kelengkapan nya. tapi kalau uang untuk beli susu nya masih bisa di usahakan ya moms. gak masalah untuk setiap orang tua berusaha mencari uang buat beli susu.

Apa pelajaran yang bisa diambil dari kegagalan tersebut?

Berawal dari Baper, baper karena dijulidi ibu-ibu karena memberikan anak susfor. padahal aku paham banget kalau mereka itu intinya secara tidak langsung memberikan pengetahuan "sebenarnya bisa loh ngasih Asi" . Pengalaman merupakan guru yang terbaik ya kan mom? jadi belajar dari pengalaman sebelum nya. aku dan suami berketad untuk anak yang kedua pokoknya harus Asi. jadi, sejak kehamilan anak kedua sudah banyak-banyak brosing dan banyak bertanya ke dokter. 

yang utama, dukungan dari suami dan keluarga itu sangatlah penting. dari mendekati hari lahir, keluarga sudah mewanti-wanti untuk harus semangat ya..harus belajar cara menyusui yang benar juga.

"Dukungan dari keluarga dan Tekad lah Kunci keberhasilan untuk menyusui si kecil, bersyukur juga menjadi alasan untuk bisa mengASIHI"

Aku selalu menekankan di semua tulisan ku, mau itu susfor mau itu ASI tujuan utama seorang ibu adalah ingin yang terbaik untuk anak nya. hanya saja kembali kita harus berfikir tuhan menciptakan payudara untuk seorang wanita itu apa lagi kalau bukan untuk menyusui si kecil, apapun tantangan nya ayoo belajar ! itu yang selalu aku tanam di otak ku. 

Dukungan, kebahagiaan dan nutrisi Kunci kebehasilan menyusui

waktu melahirkan anak pertama jujur saja, dirumah sakit tempat aku lahiran pada waktu itu tidak ada IMD (inisiasi menyusui dini) tidak ada dukungan dan aku tidak diajari cara menyusui yang benar. beda, dirumah sakit tempat aku melahirkan anak kedua mereka sangat mendukung dan sangat memberi semangat untuk menyusui, beberapa menit setelah anak ku lahir bahkan sebelum lahir pun aku sudah meminta untuk IMD. faktanya selain keluarga, yang membantu kita dalam proses melahirkan juga sangat berperan loh..

Suasana hati yang selalu happy juga sangat penting untuk kelancaran menyusui, Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan stres atau banyak pikiran akan memengaruhi kuantitas ASI. Sebab, hormon menjadi tidak stabil dan akan memengaruhi kuantitas ASI saat merasa stres. untuk mengurangi stress tips dari aku sih selalu sedia coklat dan es cream dikulkas. entah kenapa makan coklat dan es cream membuat mood ku bagus. hehe tapi perlu di ingat katanya sih tidak semua ibu menyusui boleh makan coklat, jika anak mengalami ciri-ciri alergi Gejalanya berupa gelisah, ruam, hiperaktif, insomnia, dan tidak mau menyusu nah kalau ada ciri-ciri tersebut jangan ya moms.

ngomongin masalah nutrisi, waktu hamil karena pengen banget mempersiapkan kelahiran yang lancar dan mempersiapkan segala keperluan untuk lancar menyusui kebetulan aku suka banget makan buah selama hamil, makan juga gak pilih-pilih. demi mempersiapkan diri menjadi ibu menyusui itu ternyata harus mengkonsumsi 8 jenis nutrisi dari Karbohidrat, Protein, zat besi, kalsium, vitamin D, C dan A dan DHA. tuh pusing gak tuh. hihi 

rasanya agak repot juga untuk memilah makanan yang dikonsumsi kadang ngeyel juga karena kerepotan. hiks jadi aku sih nyari aman aja nyari suplemen yang dalam satu tablet sudah lengkap nutrisi nya. dan untuk menghasilkan Asi yang berkualitas dan bernutrisi itu harus dipersiapkan dari kehamilan, sebab setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk bayi makanya Asi pantas untuk diperjuangkan. 

tapi gak semua ibu hamil cocok dengan suplemen khusus ibu hamil ya moms? aku dulu gak pakai suplemen yang diresepkan dokter karena gak cocok gak suka ada amis nya soalnya. nih sampai sekarang kalau cerita soal suplemen, aku nya masih merasa mual karena sugesti kali ya. hehe..kalau merasa gak cocok jangan dipaksa. cari merk lain aja tapi tetap konsultasikan ke dokter ya...

aku sih ngasih saran, cobain Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selain karena pengalaman aku pribadi banyak ibu-ibu yang bilang cocok dengan suplemen ini. selain itu karena Blackmores adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia.

didalam satu tablet blackmores pregnancy and breast feeding gold ini sudah ada 17 nutrisi essensial, jadi nya gak perlu lagi harus minum suplemen berbagai macam karena sudah komplit. ini nih aku kasih lihat apa aja nutrisi yang ada di blackmores :

● Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
● Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya 
osteoporosis pada Ibu
● Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi 
supaya tidak mudah sakit
● Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga 
tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
● Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui



aku cukup trauma juga dengan bau vanilla, karena dulu suplemet hamil ku ada wangi vanilla nya. jadi tiap mencium bau vanilla rasanya enek, sempat khawatir kan nyobain blackmores ini. ternyata bau nya hampir gak ada, jadi cocok untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui yang indra penciuman nya tajam banget gak bakalan ada drama gara-gara nyium bau obat nya sudah bikin mual.

Soal menyusui, bukan hanya tekad, dukungan keluarga dan lingkungan ya moms. dukungan dari berbagai pihak pun juga bikin hati ibu menyusui meleleh, gimana tidak..sebenarnya pengorbanan menyusui tuh luar biasa. misal nya, ketika kita mau makan tapi anak bangun dari tidur karena mau nyusu. kita pun menyingkar kan ego kita, kita lebih memilih untuk menyusui si kecil yang sedang kelaparan padahal perut kita juga lapar juga loh moms. makanya sekedar memberikan dukungan semangat pun sudah membuat kita bahagia. apalagi ada suatu waktu dikasih kado apa gitu sama pak suami pasti deh dijamin bahagia banget. wkwk itu bonus yaa. ((Mau nya)) 


Kalbe memberikan support dan semangat untuk para ibu hamil dan menyusui. Berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, dan memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra yang jatuh pada bulan Agustus sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan  Papua.


Sangat penting memperhatikan nutrisi selama kehamilan untuk mempersiapkan masa menyusui pasca lahiran nanti, selain itu jaga hati dan fikiran buat hati menjadi selalu happy. peran pak suami juga sangat penting loh, dukung dan bantu istri nya agar lancar menyusui. sama hal nya dengan aku yang pernah gagal menyusui, aku masih dihantui rasa bersalah dan sedih belum lagi tekanan karena ada saja ibu-ibu yang julid. tapi aku tidak sekedar baper, tapi baper sekaligus memperbaiki diri juga. karena nasehat jujur itu kadang dari mereka juga, mereka memberikan nasehat tapi dengan cara mereka yang berbeda-beda.


Semangat terus untuk kita para ibu menyusui, untuk yang sedang belajar. semangat dan ingat jaga hati, fikiran dan nutrisi ya moms dengan  Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, dan setiap tetesan ASI Bernutrisi itu untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store

Follow : 

Instagram : @blackmoresid
Website Blackmores

31 Juli 2020

Saluran Cerna, ternyata berpengaruh untuk sistem imunitas anak.

Juli 31, 2020 0

Assalamualaikum…
Halo moms, ngomong-ngomong tentang saluran cerna pada anak. kira-kira apa yang terjadi jika saluran cerna anak terganggu? jika jawaban nya diare. baik, tidak sepenuh nya salah. karena diare juga salah satu penyebab dari gangguan pencernaan. tapi, ternyata selain diare, imunitas anak juga akan berpengaruh loh kalau saluran cerna terganggu. 

Disaat seperti ini, dimana kita sedang menghadapi pandemi Covid 19 ini harus menjaga imunitas kita sebagai orang dewasa dan khususnya untuk anak-anak yang masih rentan dengan virus. karena itu, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub mengadakan Webinar pada hari senin tanggal 20 Juli 2020. dan pada kesempatan itu, beruntung sekali aku menjadi salah satu yang Blogger yang berkesempatan untuk menghadiri webinar tersebut. 


Kali ini aku akan Sharing informasi apa saja yang aku dapat selama Webinar yang bertema "Kombinasi Prebiotik FOS GOS, Kunci Sehat Saluran Cerna untuk Dukung Imunitas Anak"

Pada tahun 2018, Kementerian kesehatan merilis hasil riset stunting dan penyakit menular mengalami penurunan yang signifikan. sedangkan penyakit tidak menular mengalami kenaikan. di Indonesia anak umur 0-5 tahun yang paling banyak kasus malnutrisi dan Infeksi,  infeksi yang biasa diderita anak-anak adalah infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) dan gastroenteritis akut (diare).

"Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi  seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” ungkap dr Ariani.

Hayo siapa yang disini tau apa itu Mikrobioma? Yuk kita belajar lebih jauh moms!

Mikrobioma adalah Mikrobiota merupakan suatu kumpulan yang kompleks dari bakteri, archae, virus, dan jamur yang pada umumnya hidup di setiap bagian tubuh manusia seperi kulit, vagina, hidung dan mulut. Mikrobioma yang berasosiasi dengan  manusia disebut mikrobiota, namun penggunaan kata “mikrobioma” dan “mikrobiota” sering digunakan bersamaan. Jumlah mikrobioma pada manusia paling banyak terdapat di usus (Dietert, 2015). Bakteri pada mikrobioma manusia memiliki  peran pada imunitas, nutrisi, dan  perkembangan manusia. Hasil penelitian  mengatakan, microbioma atau mikrobiota (kumpulan bakteri) pada setiap orang berbeda sebagai akibat dari efek diet,gaya hidup, dan sumber bakteri di masa kecil (Prakash et al.,2011)



Jadi, kita sebagai orang tua tentu nya bisa berperan untuk mengatasi masalah tersebut. yaitu dengan memperhatikan nutrisi si kecil. Kenapa? agar di masa mendatang, anak akan Sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. menurut Head of Departemen of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. yang kemarin juga hadir sebagai narasumber, memaparkan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini. 

Nah bagaimana menjaga  keseimbangan bakteri baik ini agar kesehatan saluran cerna tetap terjaga? 

Penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus. Lebih spesifik, prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.  Hal ini berdampak pada berkurangnya risiko infeksi dan daya tahan tubuh yang terjaga.

Ada fakta menarik juga nih moms yang aku dapat seperti:

1. Probiotik (bakteri baik), seperti GOS dan FOS berperan sebagai penting untuk sistem pencernaan. prebiotik (makanan yang menghasilkan bakteri baik) ini ada pada makanan yang difermentasi kan. seperti yogurt, kefir, acar, dan makanan yang biasa kita sajikan setiap hari nya tempe. pasti moms menyediakan tempe sebagai lauk kan? walaupun tempe adalah makanan murah meriah merakyat ternyata bagus sekali untuk pencernaan ya. atau bagi yang suka makanan korea, kimchi juga termasuk makanan prebiotik loh. 

2. Disisi lain, menurut penjelasan Prof. Yvan, pada GIANT study yang dilakukan pada 767 anak sehat berusia di atas 1 tahun di 5 negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu pertumbuhan ternyata memiliki risiko terkena infeksi yang lebih rendah  

Untuk itu sudah jelas ya moms, bahwa sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi kita agar kesehatan saluran cernanya terjaga dan berdampak pada daya tahan tubuh sang anak yang baik. Selain itum sebagai orang tua kita juga harus terus belajar tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak dengan banyak mengikuti seminar parenting, membaca buku, brosing di google atau kunjungi Website nutriclub dan akun Instagram @nutriclub_id ! Yuk cus kunjungi website dan sosial medianya ya ;)



22 April 2020

Sharing tentang anak yang terlambat Bicara

April 22, 2020 8
Assalamualaikum...

foto: dokumen pribadi


Sejak kapan ku pengen banget sharing soal Khansa anak pertama ku yang terlambat bicara, ada yang bisa menebak Khansa bisa bicara pada umur berapa? "5 TAHUN" yap sangat terlambat sekali. padahal normal nya umur 2-3 tahun harusnya sudah lancar bicara ya? tapi..yang aku maksud bukan anak tidak bisa bicara sama sekali. Khansa bisa bicara 1-2 kata, maksudnya belum bisa bicara yang kalimat panjang misalnya "Khansa mau mandi dulu ya" dia cuman bisa "Khansa mandi".

anw, sebelum nya aku disini gak bahas bahasa yang susah dimengerti ya. aku lebih banyak Sharing aja dan nanti akan aku kasih tau apa saja yang harusnya dilakukan dan harapan ku kalau kebetulan ada bunda yang anak nya terlambat bicara juga gak akan merasa sendiri dan larut dalam sedih *duh bahasa nya mulai mellow yak* hihi...

bingung juga mau cerita dari mana ya..hemphh...

Mungkin Alergi , juga jadi salah satu pencetus nya

Kita awalnya gak ngeh juga kalau Khansa bakalan lambat bicara mungkin salah satu faktornya adalah kurang nutrisi, karena anak ku beda dengan anak biasanya. dia anak alergi, jadi untuk susu formula pun susu khusus anak alergi (Susu soya) , Mpasi nya juga sangat terbatas jadi dia gak bisa makan protein hewani, mungkin itu juga menjadi salah satu dia pilih-pilih makanan. sempat sedih juga karena kata orang-orang, "Pasti anak nya pilih-pilih makanan karena mama nya waktu hamil juga pilih-pilih makanan" Wah dalam masalah ini, murni karena dia alergi protein hewani. 


Masalahnya, karena Mpasi nya sangat terbatas itu lah yang membuat dia pilih-pilih makanan. usia 2 tahun dia sudah mulai bisa makan protein hewani. memang gak bisa dipungkiri yaa nutrisi juga bisa menjadi salah satu pencetus tumbuh kembang anak. hikss


Berada dilingkungan yang itu-itu saja

Kami dirumah hanya ber tiga (sebelum si adik lahir) otomatis mungkin Khansa menjadi kurang dalam berkomunikasi, beda dengan anak yang dilingkungan nya ada banyak orang. maksudnya, ada sepupu, paman, bibi, kakek dan nenek. anak akan banyak belajar dari banyak orang. karena aku banyak melihat anak-anak bicara dengan lancar itu rata-rata karena berada dilingkungan banyak orang.

Nonton Video dengan bahasa Asing

Tanpa aku sadari, tidak semua anak mudah belajar bahasa sendiri. rasanya tidak mungkin anak sekarang tanpa gadget untuk nonton Video kartun atau pun lagu-lagu anak, paling enggak kita orang tua mendownload kan video untuk mereka tonton. karena menurut ku acara Tv sekarang sudah jarang ada acara yang mendidik untuk anak-anak, mau gak mau kita pasti lebih banyak menonton di youtube. 

sumber: liputan6

Nah, karena kadang kita sebagai orang tua ingin anak bisa berbahasa Inggris, padahal tidak semua anak bisa langsung paham 2 bahasa. waktu itu, Khansa tidak kenal Warna kuning. yang dia tau hanya Yellow, kami bilang ini kuning..Dia tetap bilang ini Yellow bukan kuning πŸ˜‚ 

❤❤❤

Sekarang Khansa usia nya sudah 6 tahun, sebenarnya dari usia 4,5 tahun dia sudah mulai banyak kosa kata. tapi sejak di umur 5 tahun ketika adiknya sudah lahir, dia sudah mulai suka ngoceh. Oke walaupun untuk sebagian ibu-ibu diluar sana "anak ku sudah bisa ngoceh diusia 2 tahun" dan bla..bla..nya, bahkan tidak sedikit juga yang bilang "Alhamdulillah anak ku gak begitu" tolong untuk ibu-ibu Lebih baik diam daripada bicara tetapi tidak bisa merangkai kosa kata yang akhirnya membuat orang lain terluka. harusnya sesama ibu-ibu harus saling menyemangati. itu lah kenapa aku malas untuk di komunitas parenting aku gak suka ibu-ibu yang membanggakan anak sendiri, lalu membandingkan dengan anak orang lain.

Tuh kan jadi emosi πŸ˜‘πŸ˜” Oke lanjut lagi, aku akan memberikan tips kira-kira apa yang harus bunda lakukan jika anak sudah mulai ada tanda-tanda terlambat bicara, 

Terapi

Walaupun jujur, aku dan suami tidak melakukan terapi untuk anak terlambat bicara. karena suami ku merasa anak nya baik-baik saja bukan anak yang harus dibawa untuk terapi. dan aku juga waktu itu tidak mencari tau apakah di Banjarmasin ada terapi untuk anak terlambat bicara, padahal ada ! tepatnya di Banjarbaru, waktu aku dan suami lewat sana gak sengaja aku lihat ada terapi nya. 


sumber gambar : parentingco.id

Mungkin untuk bunda yang berpenghasilan lebih dan suami nya kompak untuk membawa anak terapi, sebaiknya coba saja dulu. para terapis biasanya lebih tau untuk mengatasi masalah terlambat bicara pada anak

Ajak anak untuk berkumpul dengan teman sebaya
sumber gambar : bangalid.com

Ajak anak bunda untuk bergaul dengan anak tetangga, atau sesekali ajak anak berkumpul dengan sepupu nya. biasanya karena mendengar orang-orang berbicara, dia juga akan merekam apa yang dibicarakan. tapi, harus ajak anak untuk berkumpul dengan lingkungan yang baik yaa..karena anak belum tau apa yang seharusnya dia hindari.

Sekolah kan !

Sebenarnya ada penyesalan yang aku rasakan, kenapa gak dari dulu Khansa sekolah. karena berbagai ketakutan yang aku rasakan, dari ketakutan anak ku akan dibully teman-teman nya karena belum bisa bicara, takut anak akan terbebani karena dia sekolah disaat umurnya belum menginjak 5 tahun, takut anak akan bosan karena sekolah sejak dini dll nya.

Tapi, suami ku memang tidak setuju Khansa sekolah dibawah umur 5 tahun. ya, kami memang beda pendapat. hehe...

sampai akhirnya Khansa harus masuk TK, aku pun memberi tahu ibu guru kalau Khansa belum banyak kosa katanya. tapi ibu guru bilang, "Nanti kalau sudah sekolah juga bakalan bisa bicara" Alhamdulillah sejak sekolah Khansa sudah banyak kosa kata. dan bahkan sudah cerewet sampai aku dan suami pusing untuk menjawab segala ocehan nya 😁 mungkin selain karena bantuan ibu guru, Disekolah juga banyak teman-teman nya. tapi semua butuh proses masih ada beberapa kosa kata yang dia belum lancar mengucapkan nya, setidaknya itu adalah awal yang sangat bagus

❤❤❤

walaupun sebelumnya, aku dan suami beda pendapat soal sekolah dan terapi. tapi aku berusaha untuk tidak saling menyalahkan, karena yang sudah terjadi biar lah. itu sudah lewat, intinya naluri keibuan ku selain khawatir juga wajar karena merasa malu karena mendapat tekanan, kadang dari orang terdekat, kadang juga dari sesama ibu-ibu yang selalu membanding-bandingkan perkembangan anak. kalau ada yang bilang "Ngapain malu? itu adalah ujian" mohon maaf..mungkin anda tidak berada diposisi saya, atau anda sudah melewati posisi saya. yang padahal dulu juga pasti merasakan apa yang saya rasakan..

Tuh kan emosi lagi πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£

yang terpenting sekarang, anak ku hanya terlambat bicara yang akhirnya bisa bicara seperti anak-anak biasanya. ketika sudah berada di posisi lega, semua ketakutan dan kecemasan masa lampau pun bisa dilupakan, yang harus aku lakukan sekarang yang pasti harus bersyukur. sudah lama aku ingin berbagi cerita, yang aku harapkan agar ibu-ibu yang sedang cemas diluar sana akan sedikit merasa lega karena merasa tidak sendiri.

Mudah-mudahan tulisan ku ini ada manfaatnya, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.


14 Januari 2019

Begini cara mengatasi kulit anak yang mulai gelap dan rekomendasi sunscreen untuk anak

Januari 14, 2019 6
Assalamualaikum...

sumber google

"ni anak waktu bayi putih loh,kok sekarang item sih?" aku biasanya mikir gitu sambil memakaikan baju anak sehabis mandi.namanya emak pasti ada rasa perhatian dengan anak untuk hal sekecil ini.mungkin ada sebagian ibu-ibu yang santai memperhatikan perubahan warna kulit anak.tapi aku enggak bisa gitu,huhu...

Padahal perubahan warna kulit dari bayi sampai masa kanak-kanak itu suatu hal yang biasa dan wajar karena waktu bayi kan cuman diam dirumah sedangkan masa kanak-kanak dihabiskan untuk bermain di luar rumah.emak pasti pernah merasakan masa kecil kan ? ngejar layangan putus atau bahkan main rumah-rumahan disawah yang akhirnya bikin kulit kita item.hahaha..pada saat itu kita gak mikir kulit hitam kan ? karena pada saat itu kita hanya tau bermain.

Ketika sudah beranjak remaja sudah mulai belajar merawat diri dari luluran dan pakai handbody karena usia segitu sudah kenal yang namanya malu dan sudah ada mulai naksir cowok.uhukk jadi harus rajin merawat diri nih biar kulit jadi putih..ihiiyyyyy geli banget ingat masa itu

"Lah...kok jadi gue yang curhat ya,hahaha" 

Lupakan...

Saking gemas nya,rasanya khansa pengen ku pakaikan handbody yang ada whitenning nya loh.hahaha tapi ternyata kita gak harus melakukan hal yang gak penting seperti itu,karena ketika anak beranjak dewasa nanti akan terjadi regenerasi kulit dari waktu ke waktu. jadi yang harus kita lakukan untuk mencegah kulit anak semakin hitam adalah :

Pakai kan anak pakaian yang tertutup


bisa dipakai kan kerudung dengan baju yang panjang untuk muslimah,atau kalau pakai motor usahakan anak mau menggunakan jaket yang ada hoodie nya misalkan dia males menggunakan helm.tapi gunakan jaket yang adem dan lebih menyerap keringat jika cuaca panas,jangan menggunakan jaket dengan kain yang bikin gerah.karena anak akan mudah risih,kasihan kan..

Tidak Perlu dipakaikan pemutih

Sebagai ibu pasti gemas melihat kulit anak jadi gelap,tapi sebaiknya kita gak usah memakaikan bahan kimia untuk anak.Penggunaan obat atau kosmetik untuk memutihkan kulit merupakan tindakan pengikisan pelindung pertama pada kulit,dengan demikian,hal ini akan menyebabkan terjadinya perusakan epitel kulit.walaupun aku pernah melihat ada pemutih khusus untuk anak dan bayi sebaiknya gak usah deh hindari saja.

bagaimana pun kita merawat kulit anak,bakalan gak ngefek karena anak-anak fokus dengan masa bermain.umur segitu bisa bermain panas-panasan merupakan suatu kebahagiaan yang gak bisa terulang.


Gunakan Sunscreen

Bukan hanya kita-kita saja yang harus menggunakan sunscreen,anak pun harus menggunakan sunscreen dan seharusnya anak-anak lah yang lebih diprioritaskan menggunakan sunscreen.karena kulit anak masih rentan terkena radiasi.

Supaya hemat,pakai sunscreen yang dipakai emak aja deh apa bedanya toh sama-sama sunscreen juga kan ?

baca juga :Sunscreen cream Zoya cosmetic (REVIEW)

Gak gitu juga mak..!!!!

Sekarang sudah banyak brand yang memproduksi sunscreen khusus anak,dan katanya kalau kita biasanya SPF 25 pun sudah cukup sedangkan untuk anak harus lebih tinggi.katanya siih..dan yang pastinya sebelum membeli sunscreen untuk anak pastikan ada tulisan "for baby" atau "safe for baby"

Bahan UV filters yang digunakan adalah 'physical sunscreen', yaitu zinc oxide (ZnO) dan titanium dioxide (TiO2), serta tidak menggunakan 'chemical sunscreen', seperti octyl methoxy cinnamate, dll. Lalu, bagaimana cara memilih tabir surya yang sesuai untuk anak? Pilihlah tabir surya yang berlabel ‘for babies and kids’ (jadi, bahan yang digunakan sudah sesuai untuk anak, nilai SPF (Sun Protection Factor) dan PA (protection grade of UVA) yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan (dianjurkan memilih dengan minimal SPF 30 dan PA +++), serta sunscreen yang waterproof/water resistant. (sumber :parenting.co.id)

kalau anakku,ku belikan sunscreen/sunblock merk pure baby loh mak..

 



kenapa aku memilih pure baby,karena waktu khansa bayi dia cocok banget pakai rangkaian perawatan kulit bayi merk pure baby ini karena aku selektif banget memilih produk yang di pakaikan untuk khansa soalnya dia kan alergian jadi ada merk tertentu yang gak cocok dengan kulitnya


alasan berikutnya karena Sunblock pure baby ini adalah karena ada tulisan physical protection,non-alcohol,PABA free dan no Fragrance.dan katanya Satu-satunya sunblock untuk bayi yang bekerja secara physical non chemical, sehingga tidak diserap oleh kulit, karena mekanisme kerjanya memantulkan radiasi sinar UV. 



dikemasan juga tertulis For daily use yang artinya bisa digunakan untuk sehari-hari jadi gak usah nunggu liburan ke pantai dulu baru dipakai ya.dan yang pasti Sunblock pure baby ini hypoalergenic makanya aku memilih produk ini untuk khansa.



tapi sayang,tekstur sunblock ini terlalu pekat makanya susah untuk dibaurkan.karena aku sebelum pakai lotion biasanya ditaroh dulu ditelapak tangan terus diusap-usap ditelapak tangan baru deh baurkan ke tubuh anak.tapi untuk sunblock ini langsung ku pakaikan ke kulit anakku dan dia risih karena meresapnya lama *mungkin karena bekerja secara physical tadi yaa* dan sunblock pure baby ini sayang nya white cast selain bikin risih anak ku,mamaknya juga dibikin repot dengan efek white cast nya tersebut

Harga si sunblok pure baby ini aku beli sekitar kurang dari 150.000-an lebih mahal dari sunscreen yang dipakai emaknya.hihihi

πŸ’¦πŸ’¦πŸ’¦

Perlu ditekan kan disini fungsi sunscreen,sanblock ataupun tabir surya fungsinya bukan untuk memutihkan kulit.tapi lebih ke pencegahan agar kulit terlindungi dari efek jahat sinar matahari yaaa..emak sudah beli sunblock untuk anak belum?