07 September 2020

Kunci keberhasilan menyusui dan Asi Ber nutrisi untuk ibu dan bayi istimewa (Sharing dan Tips)

"Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun"


Assalamualaikum, Hallo ha semuanya..




Ngomong-ngomong masalah Asi, ini salah satu pembahasan yang cukup menarik sekaligus juga panas dikalangan ibu-ibu. menarik nya kenapa? karena Asi pantas untuk diperjuangkan. iya karena untuk mengAsihi perlu perjuangan, tekad dan dukungan. lalu kenapa Asi bisa menjadi pembahasan panas dikalangan ibu-ibu? karena ada saja ibu-ibu yang bangga karena pencapaian nya mengasihi lalu ((bahasa kasarnya)) julid dengan ibu-ibu yang memberikan anak nya Susfor. kira-kira benar gak ya?siapa yang pernah baper gara-gara kena julid karena terpaksa ngasih anak susfor? akuuu nih salah satu nya. xixixxi
 
Aku mau tanya, Salah gak sih jika ada ibu-ibu yang berhasil memberikan Asi Eksklusif itu bangga dengan pencapaian nya? dan apakah seorang ibu yang memberikan anak nya Susfor juga salah? btw, aku pernah berada di posisi gagal ASI dan berhasil ASI. makanya, kali ini aku mau sharing tentang pengalaman tentang apa yang membuat gagal dan akhirnya berhasil asi eksklusif pada anak kedua ku. yuk, baca tulisan ku sampai habis ya...

Kenapa dan bagaimana rasanya gagal memberikan ASI ?

Kurang nya informasi, dukungan dan tekad yang membuat gagal. belum lagi omongan ibu-ibu yang bilang "Males nyusuin, dirumah doang gak kerja kan? kok gak ada alasan sih harusnya" bukan tanpa usaha, ketika anak ku bingung puting, aku sudah berusaha mencari konselor ASI. tapi karena ditempat ku waktu itu masih sangat terbatas konselor nya, sekali lagi usaha ku gagal. belum lagi suami yang mendukung untuk memberikan Susfor. okay kita putuskan untuk susfor saja.


ternyata masalah baru terjadi, dalam proses pencarian susfor pun aku belum paham soal itu. anak ku mengalami masalah pencernaan dan mengalami ruam, iya..anak ku ternyata alergi susu sapi dan itu pun baru ketahuan waktu dia masuk rumah sakit. Wah..ada-ada saja, belum hilang rasa sedih karena anak sakit, dokter pun seolah menyalahkan ku karena tidak memberikan asi. aku paham itu sebuah tamparan yang harus nya membuat ku semangat. tidak..aku sudah menyerah, dan dokter pun akhirnya meresepkan susu khusus untuk anak alergi.

singkat cerita, yang aku rasakan anak yang mengkonsumsi susu formal dengan Asi itu mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda, pada SEBAGIAN anak. untuk anak ku, dari gampang sakit, alergi belum lagi dari segi kerepotan nya untuk menjaga ke sterilan botol dot, dan segala kelengkapan nya. tapi kalau uang untuk beli susu nya masih bisa di usahakan ya moms. gak masalah untuk setiap orang tua berusaha mencari uang buat beli susu.

Apa pelajaran yang bisa diambil dari kegagalan tersebut?

Berawal dari Baper, baper karena dijulidi ibu-ibu karena memberikan anak susfor. padahal aku paham banget kalau mereka itu intinya secara tidak langsung memberikan pengetahuan "sebenarnya bisa loh ngasih Asi" . Pengalaman merupakan guru yang terbaik ya kan mom? jadi belajar dari pengalaman sebelum nya. aku dan suami berketad untuk anak yang kedua pokoknya harus Asi. jadi, sejak kehamilan anak kedua sudah banyak-banyak brosing dan banyak bertanya ke dokter. 

yang utama, dukungan dari suami dan keluarga itu sangatlah penting. dari mendekati hari lahir, keluarga sudah mewanti-wanti untuk harus semangat ya..harus belajar cara menyusui yang benar juga.

"Dukungan dari keluarga dan Tekad lah Kunci keberhasilan untuk menyusui si kecil, bersyukur juga menjadi alasan untuk bisa mengASIHI"

Aku selalu menekankan di semua tulisan ku, mau itu susfor mau itu ASI tujuan utama seorang ibu adalah ingin yang terbaik untuk anak nya. hanya saja kembali kita harus berfikir tuhan menciptakan payudara untuk seorang wanita itu apa lagi kalau bukan untuk menyusui si kecil, apapun tantangan nya ayoo belajar ! itu yang selalu aku tanam di otak ku. 

Dukungan, kebahagiaan dan nutrisi Kunci kebehasilan menyusui

waktu melahirkan anak pertama jujur saja, dirumah sakit tempat aku lahiran pada waktu itu tidak ada IMD (inisiasi menyusui dini) tidak ada dukungan dan aku tidak diajari cara menyusui yang benar. beda, dirumah sakit tempat aku melahirkan anak kedua mereka sangat mendukung dan sangat memberi semangat untuk menyusui, beberapa menit setelah anak ku lahir bahkan sebelum lahir pun aku sudah meminta untuk IMD. faktanya selain keluarga, yang membantu kita dalam proses melahirkan juga sangat berperan loh..

Suasana hati yang selalu happy juga sangat penting untuk kelancaran menyusui, Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan stres atau banyak pikiran akan memengaruhi kuantitas ASI. Sebab, hormon menjadi tidak stabil dan akan memengaruhi kuantitas ASI saat merasa stres. untuk mengurangi stress tips dari aku sih selalu sedia coklat dan es cream dikulkas. entah kenapa makan coklat dan es cream membuat mood ku bagus. hehe tapi perlu di ingat katanya sih tidak semua ibu menyusui boleh makan coklat, jika anak mengalami ciri-ciri alergi Gejalanya berupa gelisah, ruam, hiperaktif, insomnia, dan tidak mau menyusu nah kalau ada ciri-ciri tersebut jangan ya moms.

ngomongin masalah nutrisi, waktu hamil karena pengen banget mempersiapkan kelahiran yang lancar dan mempersiapkan segala keperluan untuk lancar menyusui kebetulan aku suka banget makan buah selama hamil, makan juga gak pilih-pilih. demi mempersiapkan diri menjadi ibu menyusui itu ternyata harus mengkonsumsi 8 jenis nutrisi dari Karbohidrat, Protein, zat besi, kalsium, vitamin D, C dan A dan DHA. tuh pusing gak tuh. hihi 

rasanya agak repot juga untuk memilah makanan yang dikonsumsi kadang ngeyel juga karena kerepotan. hiks jadi aku sih nyari aman aja nyari suplemen yang dalam satu tablet sudah lengkap nutrisi nya. dan untuk menghasilkan Asi yang berkualitas dan bernutrisi itu harus dipersiapkan dari kehamilan, sebab setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk bayi makanya Asi pantas untuk diperjuangkan. 

tapi gak semua ibu hamil cocok dengan suplemen khusus ibu hamil ya moms? aku dulu gak pakai suplemen yang diresepkan dokter karena gak cocok gak suka ada amis nya soalnya. nih sampai sekarang kalau cerita soal suplemen, aku nya masih merasa mual karena sugesti kali ya. hehe..kalau merasa gak cocok jangan dipaksa. cari merk lain aja tapi tetap konsultasikan ke dokter ya...

aku sih ngasih saran, cobain Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selain karena pengalaman aku pribadi banyak ibu-ibu yang bilang cocok dengan suplemen ini. selain itu karena Blackmores adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia.

didalam satu tablet blackmores pregnancy and breast feeding gold ini sudah ada 17 nutrisi essensial, jadi nya gak perlu lagi harus minum suplemen berbagai macam karena sudah komplit. ini nih aku kasih lihat apa aja nutrisi yang ada di blackmores :

● Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
● Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya 
osteoporosis pada Ibu
● Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi 
supaya tidak mudah sakit
● Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga 
tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
● Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui



aku cukup trauma juga dengan bau vanilla, karena dulu suplemet hamil ku ada wangi vanilla nya. jadi tiap mencium bau vanilla rasanya enek, sempat khawatir kan nyobain blackmores ini. ternyata bau nya hampir gak ada, jadi cocok untuk ibu hamil ataupun ibu menyusui yang indra penciuman nya tajam banget gak bakalan ada drama gara-gara nyium bau obat nya sudah bikin mual.

Soal menyusui, bukan hanya tekad, dukungan keluarga dan lingkungan ya moms. dukungan dari berbagai pihak pun juga bikin hati ibu menyusui meleleh, gimana tidak..sebenarnya pengorbanan menyusui tuh luar biasa. misal nya, ketika kita mau makan tapi anak bangun dari tidur karena mau nyusu. kita pun menyingkar kan ego kita, kita lebih memilih untuk menyusui si kecil yang sedang kelaparan padahal perut kita juga lapar juga loh moms. makanya sekedar memberikan dukungan semangat pun sudah membuat kita bahagia. apalagi ada suatu waktu dikasih kado apa gitu sama pak suami pasti deh dijamin bahagia banget. wkwk itu bonus yaa. ((Mau nya)) 


Kalbe memberikan support dan semangat untuk para ibu hamil dan menyusui. Berkomitmen dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, dan memahami bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati, Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra yang jatuh pada bulan Agustus sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan  Papua.


Sangat penting memperhatikan nutrisi selama kehamilan untuk mempersiapkan masa menyusui pasca lahiran nanti, selain itu jaga hati dan fikiran buat hati menjadi selalu happy. peran pak suami juga sangat penting loh, dukung dan bantu istri nya agar lancar menyusui. sama hal nya dengan aku yang pernah gagal menyusui, aku masih dihantui rasa bersalah dan sedih belum lagi tekanan karena ada saja ibu-ibu yang julid. tapi aku tidak sekedar baper, tapi baper sekaligus memperbaiki diri juga. karena nasehat jujur itu kadang dari mereka juga, mereka memberikan nasehat tapi dengan cara mereka yang berbeda-beda.


Semangat terus untuk kita para ibu menyusui, untuk yang sedang belajar. semangat dan ingat jaga hati, fikiran dan nutrisi ya moms dengan  Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, dan setiap tetesan ASI Bernutrisi itu untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store

Follow : 

Instagram : @blackmoresid
Website Blackmores

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)