09 September 2020

Ternyata Jalan Lahir mempengaruhi sistem imunitas anak

Assalamualaikum, Hallo…


gfdhfgh
Optimalkan imunitas anak kelahiran caesar dengan mikrobiota sehat


Tau gak moms, kalau jalan lahir atau proses melahirkan anak dengan cara caesar maupun lewat vagina itu juga ada pengaruhnya untuk si kecil yang lahir secara caesar salah satu nya terganggu nya sistem pernafasan, rentan alergi, jadi kalau di simpulkan anak dengan kelahiran caesar lebih rentan di sistem imunitas nya. tapi mau melahirkan secara normal ataupun caesar sama saja suatu perjuangan untuk kita sebagai ibu ya moms, yang akan aku bahas kali ini adalah materi yang aku dapatkan waktu ikutan webinar bareng Nutrilon dengan tema “Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat” dengan Narasumber Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), Prof.dr.Moh Juffrie Sp.A.(K) Ph.D, dan Selebrity mom Chyntia Lamusu. 

Nama nya seorang ibu ya moms, ketika sudah menjelang kelahiran apapun akan di iyakan yang penting ibu dan anak sehat dan selamat. aku seorang ibu yang melahirkan 2 anak ku dengan cara normal, makanya aku sangat tertarik juga untuk tahu seputar kelahiran caesar, makanya waktu webinar kemaren banyak sekali ternyata mitos tentang seputar kelahiran caesar ya. Katanya, ada saja ibu yang memaksa untuk lahiran normal padahal sudah disarankan untuk caesar, ada juga yang katanya akan mempengaruhi kecerdasan si kecil, kira-kira benar gak sih ? yuk baca tulisan ku sampai habis ya moms.

Menurut Dr. dr Ali Sungkar, SpOG(K) Melahirkan secara caesar itu dilakukan salah satu nya untuk menekan angka kematian ibu dan anak yang dilakukan sesuai indikasi. Misalnya karena kondisi kesehatan, riwayat seksio sesarea sebelum nya, panggul sempit,  juga usia si ibu yang sudah tua dan posisi janin. Seksio sesarea yang terencana lebih baik daripada yang tidak terencana, jadi alangkah baik nya rutin untuk mengontrol kehamilan jadi jika harus melahirkan caesar si ibu dan dokter akan lebih banyak persiapan nya,  lalu kenapa jalur lahir dikatakan mempengaruhi sistem imun si anak ? karena jalur lahir anak dapat mempengaruhi kolonisasi bakteri dan mikrobiota saluran cerna yang sangat penting untuk perkembangan imunitas anak.

Singkatnya, anak yang lahir secara normal atau pervaginam kolonisasi bakteri mikrobiota nya dari bakteri vagina dan fases si ibu. Termasuk lactobacillus dan Bifidobacterium , Sedangkan anak yang lahir secara caesar, proses kolonisasi mikrobiota nya terpengaruh  faktor eksternal  sehingga terjadi keseimbangan mikrobiota usus. Kolonisasi mikrobiota usus merupakan  hal krusial dalam menjaga kesehatan bayi. Paparan pertama dengan Komunitas mikrobiota dan imunologi serta konsekuensi status kesehatan jangka pendek dan panjang, dan yang paling jleb lagi kata dokter Ali makanya kebersihan Vagina sebelum melahirkan harus dijaga dan jangan sampai salah ketika menjaga kebersihan nya yang ditakutkan bakteri baik yang ada di vagina akan ikutan mati. Penting sekali untuk menjaga Ph Tingkat keasaman (pH) vagina yang normal adalah 3,8-4,5 juga nih moms.

“Kelahiran merupakan titik yang menentukan sistem kekebalan tubuh untuk kehidupan di masa depan. Mikrobiota saluran cerna mengandung jutaan mikroba yang dianggap penting untuk mengembangkan sistem imunitas tubuh. Sementara itu, pada persalinan caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko terjadinya gangguan imunitas, termasuk alergi terhadap makanan,” ujar Prof. Juffrie. dan ternyata Sebuah penelitian menunjukkan anak lahir caesar butuh waktu enam bulan untuk mencapai mikrobiota usus yang serupa dengan anak lahir normal sehingga anak lahir caesar memiliki risiko lebih tinggi terhadap berbagai gangguan sistem imunitas. 

Yang terbaik untuk anak kelahiran caesar adalah ASI, karena ASI sangat baik untuk imunitas si kecil kandungan Prebiotik dan Probiotik atau dikenal juga dengan sinbiotik. Disisi lain, kita juga bisa memberikan asupan makanan tambahan lain yang kaya akan sinbiotik yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayur, susu, dsb. 

Sekarang, aku mau sharing tentang pengalaman celebrity mama Chyntia Lamusu, tau dong dengan beliau? Dan aku termasuk yang pernah mengikuti kisah beliau tentang perjuangan beliau dan suami lewat media televisi untuk mendapatkan anak dengan cara bayi tabung, dan Alhamdulillah ternyata Allah mengabulkan dengan memberikan bayi kembar. Dan beliau bercerita kenapa pada saat itu dokter mengharuskan untuk operasi caesar, alasan yang pertama faktor usia yang pada saat itu usia nya 37 tahun. Dan karena bayi nya yang kembar, dan perkembangan salah satu janin yang bisa dibilang lambat dari janin satu nya, tapi karena sudah mengetahui akan melahirkan secara caesar mama tya membekali diri dengan banyak cari tahu seputar informasi tentang kelahiran caesar, mencari tahu resiko imunitas anak, berkomitmen untuk memberikan ASI, minta support suami dan juga keluarga.

“Dukungan yang baik dari pihak rumah sakit, suami, dan orang-orang terdekat membuatnya kuat dan mampu menghadapi tantangan dalam proses persalinannya. Anjuran dokter untuk melakukan tes potensi caesar merupakan pengetahuan dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi hidupnya. “Saya bersyukur diberkahi support system yang kuat dalam setiap proses dari kehamilan, melahirkan hingga merawat si kembar,” tambah Cynthia.  

Yang membuat aku terharu pada Webinar kali ini adalah di sesi tanya jawab ada mama yang merasa sedih setelah menyimak penjabaran dari materi tentang sistem imunitas pada anak dengan kelahiran caesar, tapi menurut dr.Ali Sungkar dan Prof Juffrie tidak perlu sedih karena melahirkan anak secara caesar karena tujuan kelahiran caesar yang utama adalah untuk keselamatan anak dan ibu. Untuk segala kekurangan nanti bisa di kejar kok. Jadi buat moms yang kebetulan sedang hamil dan dokter menyarankan untuk melahirkan secara caesar jangan ngotot untuk melahirkan normal, percaya dengan dokter Insya Allah semua nya akan selamat. dan kelahiran caesar maupun normal sama saja, tidak membedakan dari kecerdasan si kecil kecuali dikarena cedera kepala ketika proses bedah. Beda nya hanya di sistem imunitas karena perbedaan jalur lahir
.

Senang sekali Webinar kali ini memberikan ilmu baru untuk ku yang sangat awam dengan kelahiran caesar, ternyata banyak hal baru yang menarik. Benar juga kata Pa Arif Mujahidin, selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia. bahwa setiap anak, apapun metode kelahirannya, harus didukung agar siap dan tangguh menghadapi tantangan di masa depan—termasuk tantangan imunitas bagi anak kelahiran caesar. Jadi, Penting banget untuk rutin konsultasi ketika sedang hamil agar kita siap mental dan segala hal lain nya untuk menghadapi apapun metode kelahiran nanti nya.

Dan Sebagai komitmen untuk mendukung kesehatan ibu dan anak di Indonesia, Nutriclub akan meluncurkan Tes Potensi Caesar untuk membantu orang tua mengenali faktor risiko kelahiran caesar sejak awal dan mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut si Kecil. Untuk berbagai informasi seputar kehamilan, persiapan dan pasca-kelahiran caesar moms juga bisa mengunjungi website  www.nutriclub.co.id atau instagram @nutriclub_id

1 comment:

  1. Terima kasih ilmunya bunda... jadi makin tau seputaran melahirkan secara caesar....
    Memang yg terpenting ibu dan bayinya selamat...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)