Jadilah seperti padi yang berisi , semakin berat dia semakin merunduk

Saturday, March 25, 2017

Biduran ? Begini cara mengatasi nya

Hi..selamat datang diblog aku , hari ini aku mau share tentang Biduran kalau bahasa banjar nya baliman kalau bahasa pahuluan singkip .hihihii..kenapa aku share tentang ini ? karena aku sendiri punya masalah dengan yang satu ini.aku liat-liat sangat sedikit yang share tentang masalah kulit Biduran ini , jadi aku harus buat tuilisan tentang ini , minimal mengurangi rasa kebingungan untuk kamu yang baru tau atau yang baru aja ngerasain gatal karena biduran tersebut.

sebenarnya biduran itu apa sih ? kalau menurut definisi singkat dari aku biduran itu adalah gatal / alergi yang disebabkan cuaca atau bisa juga karena faktor makanan yang kita makan . kenapa ?? karena biasanya biduran itu kambuh nya ketika cuaca panas banget maupun dingin banget , atau sehabis minum ,  minuman yang dingin , bahkan bisa juga karena snack-snack an.seperti nya lain orang lain juga penyebab nya deh.bahkan ada yang bilang karena faktor stress.

tapi menurut ilmu kedokteran dikutip dari sini Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda, dari beberapa millimeter hingga sebesar tangan. Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi.

Biduran-Alodokter



Biduran ini lumayan menyiksa , karena rasa gatal dan panas kadang juga merasa nafas gak plong . sedikit share pertama kali aku merasakan alergi ini , waktu itu umurku kurang lebih masih 14 tahunan , waktu itu bingung juga sakit apa'an sih ini kok gatalnya gini amat , gede-gede digaruk makin gede.sempat berfikir diguna-guna kali,hahahha

Tanya-tanya sama orang , katanya itu nama nya singkip (bahasa banjar) katanya lagi..itu karena darah dingin , mungkin artinya aku alergi dingin . penawar kampung nya cuman pakai kopiah hitam buruk (peci hitam  lama) ditepuk-tepuk ditempat gatal , ahhh masa ?? tapi yaa percaya aja gitu.hihii gak ngefek lah..cuman ya karena pengen cepet sembuh ya udah coba aja.

Alergi ini sempat gak aku rasain bertahun-tahun , kemudian kambuh lagi . apa mungkin gak bisa diobati yah ??  gak tau juga . banyak yang anjurin minum obat CTM , memang obat untuk alergi banyak nya terkandung ctm nya sih.obat yang sekarang aku konsomsi itu merk nya cerine

Hasil gambar untuk obat cerini
sumber foto



Obat ini ampuh untuk mengurangi gatal karena biduran , tapi 2 hari kemudia kambuh lagi gatal nya , hikss aku sekarang cuman minum separo aja cuman saat dibutuhkan banget . karena kalau meminum obat ini nguantuuk nya luar biasa.

Ternyata biduran ini tidak kenal umur , anak teman ku usia 3 tahun udah mengalami gatal yang luar biasa , tapi syukur nya dia bisa minum obat , jadi gatal nya bisa teratasi. 

Berikut Pengobatan tradisional biduran menurut teman-teman yang sudah mengamalkan nya :

1. Minum air kelapa muda setiap hari 
2. Minum Jahe,jahe sangat berguna menghangat kan tubuh
3. Kuning telor ayam kampung

Tips 

1. Hinduran mengkonsumsi minuman dingin seperti Es
2. Sebisa mungkin hindari makanan ringan
3. Gunakan pelembab disaat cuaca panas , karena disaat kondisi kulit kering alergi akan kambuh
4. Disaat cuaca dingin , pakai pakaian yang tertutup
5. Konsumsi air putih yang banyak
6. Disaat kambuh olesi pakai minyak kayu putih.

Semoga Suatu saat ada yang menemukan obat ampuh buat biduran yah , karena gatal nya sangat menyiksa, Baik segitu dulu tulisan saya tentang Biduran kali ini semoga membantu :) 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.