Jadilah seperti padi yang berisi , semakin berat dia semakin merunduk

Saturday, June 15, 2013

Mitos Tapih Sarigading

Ada Mitos Tentang Seseorang akan Sembuh dengan Tapih Sarigading..ya saya sempat tidak percaya dengan itu.sedikit cerita nih,adik saya pernah mengalami gatal di tangan dan kaki,udah setahun dibawa kedokter pun tidak sembuh.menurut orang yang tau,katanya coba gunakan tapih sarigading,,Loh apa itu tapih sarigading kata saya,saya sih tidak begitu memusingkan apa an tuh tapih,kan yang kena penyakit kulit adik ku biar lah mama ku yang urus,hehhehe..
 katanya membeli tapih ini tidak boleh ditawar,Mahal yaa Mahal aja tapih ini juga sesuai ukuran yang memakai.tapih ini adalah tapih tenun kebetulan saya membeli sepaket dengan kerudungnya,waktu itu saya membeli dengan seharga Rp.275.000 tapi adik saya karena dia masih kecil ukurannya juga kecil tentunya lebih murah,harganya Hanya Rp.25.000.

Mitos Kain Ini

Katanya dulunya ini dipakai Raja Putri Putri Junjung Buih,dulunya masyarakat Hulu Sungai tidak berani memakai tapih ini karena takut akan kualat dengan sang putri.dan memang sejak dulu Tapih Ini di pakai sebagai media pengobatan,jika sudah berobat tapi tidak sembuh juga,karena penyakit itu juga ada yang karena ulah jahil Makhluk Halus,cara menyembuhkan penyakit tersebut hanya dengan Tapih Ini.dan yang memakai tapih ini adalah ada garis keterunan dari Alam sebelah,katanya sih..saya memang ada keturunan dengan beliau..(walaupun katanya tetep aja mengAminkan,kan putri wujudnya cantik,hheee).


Cara Memakai :

yang perlu disediakan sebelumnya adalah :
1. Minyak Likat
2. Dupa
3. Kembang

cara memakainya,terlebih dahulu harus dirabun,tapih tersebut di asapkan di atas asap dupa.minyak likat juga di encerkan diatas dupa sampai encer,lalu campurkan minyak likat tersebut dengan bunga,dan oleskan ke tempat yang gatal.sAmbil membaca Shalawat 7x lalu tapih itu dipakai,sekali lagi sambil membaca Shalawat 7x.lebih bagus minta bantu ya,seperti saya minta bantu suami saya,karena tapih tersebut dilepas kalau kita sudah tidur,jadi...tapih ini dipakai sebelum tidur.
sedikit share,adik saya hanya 2x memakai.sebelum memakai tangan dan kakinya penuh koreng,tapi setelah memakai,kulit clingggg mulus gitu..hehehehe

Meminta kesembuhan tetap kepada tuhan yah,bukan kepada yang tidak punya daya upaya.kita ketika sakit wajib berusaha dong yah,menurut saya sih merusak akidah / syiriknya itu tergantung pribadi masing-masing,ada filosofi yang bisa kita ambil dari sini,kalau membeli sesuatu itu harus Ikhlas,kan membelinya tidak boleh ditawar,dan tentunya juga harus iklas walaupun Mahal.

*Ambil yg positifnya aja yah,mari kita lestarikan budaya Banjar :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.