Monday, January 21, 2019

# Tips # Tips Lifestyle

Masalah kulit yang aku alami selama hamil

Assalamualaikum...



Siapa yang pada masa kehamilan merasa kondisi kulit jadi berbeda dari biasanya? sempat ketakutan gak?atau merasa sangat terganggu? emang sih namanya wanita begitu merasakan ada perbedaan kondisi kulit mustahil banget merasa gak terganggu atau bahkan cuek. mungkin 3 dari 10 orang ibu hamil ada kok yang ngomong "Aku menikmati masa ini, demi dede aku rela punya masalah kulit" please ajari aku untuk cuek kaya gitu. hehe

Ada yang baru hamil anak pertama gak nih? biasanya dikehamilan pertama ini masih banyak bingung dan banyak pertanyaan "ini normal gak sih? " walaupun Sekarang aku gak sedang hamil,aku melahirkan sudah 7 bulan yang lalu.iya anak ku sudah MPasi sekarang.hehe tapi mudah-mudahan aku gak lupa ya apa aja sih masalah kulit selama masa kehamilanku kemaren,karena memang gak mungkin lupa karena ini adalah kehamilan ku yang kedua.otomatis ada perbedaan waktu hamil anak pertama dan kedua.

baca juga : Pengalaman Melahirkan normal,Kontraksi diperjalanan Mudik lebaran

Kira-kira apa aja sih masalah kulit ku selama hamil?

Kulit menjadi cenderung kering


kalau sebelumnya kulitku sangat berminyak, pada kehamilan yang kedua ini kulitku mengalami perubahan yang drastis banget. bayangkan dari awal kehamilan kulitku kering banget bahkan rasa ketarik.entah kenapa, rasanya itu seperti kulit mengalami dehidrasi.sampai membuat kulitku bersisik atau mengelupas di daerah pipi dan hidung, selain mengelupas kulit juga terasa gatal.

dan itu bukan hanya terjadi di area wajah tapi area tangan dan kaki. kurang ngerti penyebab kulit kering selama hamil tuh sebenarnya karena apa, katanya sih karena kurang minum dan kadar minyak minyak berkurang. padahal waktu hamil aku tuh paling banyak minum bahkan untuk satu botol ukuran 600 ml pun bisa langsung habis.hehe mungkin karena hamil jadi harus minum lebih banyak lagi kali ya..

pakai apapun gak mempan,akhirnya aku menyerah dan pasrah biarin aja lah entar juga waktu lahiran kulitku kembali normal, dan ternyata berlanjut sampai aku menyusui sekarang.hihi beda nya kalau sekarang aku selalu pakai pelembab Hadalabo gokujon. fyi Hadalabo itu aman untuk ibu hamil dan menyusui asalkan yang Hadalabo Gokujun yaa..


baca juga : Pengalaman mengatasi dan produk yang dipakai selama kulit kena iritasi

Jerawatan 


Untuk kehamilan yang kedua aku gak mengalami jerawatan sih,tapi waktu hamil pertama jerawat ku gede-gede banget mirip jerawat batu di trimsester 1 dan 2.errrghh menyebalkan sekali. hihi untung nya hanya mengalami 6 bulan ya..

Karena sedang hamil, jadinya aku gak berani untuk menggunakan obat jerawat. karena katanya obat jerawat itu kebanyakan nya gak boleh untuk ibu hamil, jadi aku hanya menggunakan bedak dingin dan bedak tradisional kaya saripohatji dan Roro mendut yang bahan nya alami otomatis aman dong untuk ibu hamil *bukan sponsor ya*

Stretch mark

Kalau masalah kulit yang satu ini katanya stretch mark muncul seiring dengan bertambahnya berat badan kita. Kehamilan menyebabkan kulit lebih mudah tertarik dari biasanya. Tingginya kadar hormon juga dapat mengganggu keseimbangan protein pada kulit dan membuatnya lebih tipis.

untuk masalah ini, aku gak ambil pusing karena kan berada di daerah tertutup. toh aku kalau keluar rumah gak memperlihatkan daerah perut. hihi paling juga suami yang lihat dan dia juga gak mempermasalahkan tentang kulit istrinya yang bergaris-garis hitam tersebut.

masalah stretch mark ini memang susah untuk diatasi sih, tapi berdasarkan yang aku baca hanya bisa dikurani dengan :
  • Menghindari kenaikan berat badan terlalu cepat
  • Memijat perut dengan minyak atau krim untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan baru
  • Makan makanan kaya nutrisi
  • Mengkonsumsi vitamin E dan C, zinc (seng) dan silica untuk menjaga kulit tetap sehat (sumber:hallo sehat)
💚💚💚

Banyak mitos yang berkembang, katanya kalau banyak mempunyai masalah kulit selama hamil anak nya bakal laki-laki. kalau rajin dandan anak nya pasti perempuan.menurutku itu hanya mitos, hehe semua itu hanya pengaruh dari hormon saja. karena pada saat hamil malah kulitku lebih bagus disaat hamil Yahya ini.yang pasti apapun masalah kulit yang di alami selama hamil jangan membuat panik, karena disaat hamil yang perlu di utamakan adalah kesehatan ibu dan bayi nya jangan sampai karena fokus mengatasi jerawat malah nutrisi dan kebutuhan selama hamil terabaikan.

tetap teliti sebelum membeli produk, harus tetap tanya "Amankah dipakai bumil dan busui"? tapi sayang nya belum banyak yang paham tentang ini. aku pernah loh dijawab begini "Harusnya sih aman ya, karena gak dimakan" Hello..😈😈 jadi caranya, selain banyak tanya ke teman yang lebih berpengalaman, bagusnya banyakin brosing dulu deh produk yang kamu pengen itu boleh gak sih dipakai ibu hamil dan menyusui.

baca juga : Tips Belanja Keperluan Bayi baru lahir,biar gak mubazir

percaya lah moms nanti begitu sudah lahiran kulit kita bakal kembali normal kok..yang diperlukan hanya nikmati saja dan sabar kalau pun ingin menggunakan skincare tetap berkonsultasi kan dulu dengan dokter kandungan ataupun dokter kulit, karena biasanya dokter kulit akan memberikan resep sesuai kebutuhan dan meracik bahan yang aman untuk ibu hamil.




7 comments:

  1. Kenangan dimasa hamil itu seru ya. Pusing dan bingung ngadepin perubahan yang drastis. Untung nggak berlanjut ya.

    ReplyDelete
  2. Kalau aku 2 kali hamil untuk wajah nggak ada masalah sih. Malah berasa glowing. Hihi. Tapi stretchmark duh banyak banget. Huhu

    ReplyDelete
  3. kalau aku stretch mark tuhhhh dulu..dari anak ke 1 ampe ke-3 huhu..ampe lahiran kesana2nya juga msh ada.tp akhirnya emang ilang sendiri sih.dont worry,nikmati aja kehamilan..hehe

    ReplyDelete
  4. Aku malah cuek banget dengan masalah kulit sewaktu hamil. Yang kuperhatiin adalah kaki yang suka bengkak trus perut yang membesar dan akhirnya harus beli baju dalem yang extra size.

    ReplyDelete
  5. Mungkin krna memang hormonnya berbeda ya mba dr kondisi normal jd ya kondisi kulit jg berubah. Boleh tuh nanti mba dishare dlm satu postingan ttg produk yg aman digunakan selama hamil dan menyusui.

    ReplyDelete
  6. Aku hamil Nuy dulu kulit menggelap dan tambah dekil...�� Bidannya sampai yakin aku hamil laki2, ternyata wedho hehe. Nano-nano ya Mba Dina

    ReplyDelete
  7. Strechmark memang ga bisa di hindari ya.. Syukurnya itu tertutup dan menjadi kebanggaan tersendiri karena diberi anugerah merasakan hamil

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.