Monday, September 24, 2018

# parenting # Tips

Tips Belanja Keperluan Bayi baru lahir,biar gak mubazir



Hallo moms..

Waktu aku hamil pertama sangat exited untuk membeli keperluan bayi,bahkan gak sabar menunggu lewat dari 7 bulan.iya karena mitos orang Banjar pamali membeli perlengkapan bayi dibawah umur 7 bulan kehamilan,kalau logikanya yaa *walaupun amit-amit* misalnya terjadi sesuatu dengan bayi nya si ibu gak akan tambah sedih karena melihat perlengkapan bayi nya.

Karena naluri ibu dan begitu melihat perlengkapan bayi yang lucu-lucu ditambah lagi di sosial media kan dipakaikan ke bayi yang emang sudah lucu dari sana nya gimana kita gak tambah gemes.gini loh moms aku punya pengalaman seputar membeli keperluan bayi yang karena nafsu tersebut malah berujung mubazir maksudnya pelrlengkapan bayi tersebut malah gak kepakai bahkan cuman kepakai sebentar.

karena itu kali ini aku mau sharing supaya moms bisa memilah perlengkapan apa aja nih yang bisa di skip,caranya mudah saja.moms hanya perlu memilah.terus terang saja nih moms,ini bisa aku terapkan dikehamilan aku yang kedua.fyi untuk anak kedua aku membeli lagi semua keperluan bayi karena punya kakanya terdahulu sudah aku kasih ke keluarga dan ada tetangga mamer ku yang kurang mampu.

Oke moms,untuk membantu moms membuat list apa saja yang harus dibeli,aku bantu nih..nanti bisa diprint kalo mau jadi tinggal contreng.hehe







Perlengkapan Mandi

Sabun,shampo,handuk dll nya itu penting untuk dibeli.kalau pengen hemat moms bisa membeli yang satu set sabun bayi.biasanya yang satu set lebih murah daripada satuan,kalau mau sekarang sudah ada sabun yang sekalian bisa digunakan untuk shampo.saran saya sih moms beli yang ukuran kecil aja,karena biasanya pasti ada teman atau saudara yang datang kerumah nengok bayi mereka pasti bawa kado.dan kadonya yang paling banyak itu se set keperluan mandi,jadi supaya lebih hemat beli yang ukuran kecil aja moms.hehe

Untuk Baskom kalau moms sedang mengandung anak pertama moms wajib membeli baskom mandi bayi,jangan pakai baskom buat nyuci baju ya moms kasian badan bayi nya gak muat.hehe karena baskom khusus bayi sudah di desain nyaman untuk bayi.

Tips memandikan bayi :

kalau terpaksa harus memandikan bayi sendiri,dan moms masih takut bayi nya dimandikan didalam baskom.moms cukup memandikan bayi di atas perlak atau di atas kaki moms,supaya gak terlalu licin.tuangkan sabun atau shampo diatas waslap jadi busa nya tidak terlalu banyak,otomatis gak licin kan ? tinggal guyur tubuh bayi dengan air suam-suam kuku .



Pakaian Bayi

Semua nya dibeli serba setengah lusin aja,karena perlengkapan newborn itu paling cuman kepake satu bulan.namanya bayi kan pasti tambah besar,saran ku guritan dan popok kain itu bisa diskip kok moms.soalnya sekarang udah gak boleh pakai gurita,kalau pun moms mau beli gurita bayi yang pakai perekat aja moms jadi gak repot.

Alasan bayi gak boleh pakai gurita : 

Gurita bayi yang terlalu ketat bisa menyebabkan bayi sesak napas

Pemakaian gurita bayi yang terlalu kencang bisa membuat bayi merasa kepanasan dan banyak berkeringat. Ini kemudian dapat menyebabkan berbagai keluhan kulit seperti gatal biang keringat atau ruam kulit layaknya ruam popok karena keringat yang menempel di kulit tidak dapat menguap dengan baik akibat terhalang oleh kain gurita. Selain itu, pemakaian gurita yang telalu kencang juga dapat menyebabkan makanan yang telah masuk ke dalam lambung mengalir balik ke kerongkongan, yang pada akhirnya bisa menyebabkan bayi muntah berulang.
Risiko lainnya dari gurita bayi adalah anak Anda bisa kesulitan bernapas, terutama apabila lilitannya terlalu kencang. Cara membebat gurita yang terlalu ketat di bagian perut akan mengganggu gerak pernapasan bayi, sebab bayi yang baru lahir belum bisa langsung bernapas dengan paru-paru. Bayi pada umumnya bernapas masih lewat perut.
Bayi bernapas lebih cepat daripada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Tingkat pernapasan normal pada bayi baru lahir umumnya sekitar 40 kali napas per menit. Ini bisa melambat sampai 20 sampai 30 kali per menit saat bayi tidur.
Pola bernapas pada bayi mungkin juga berbeda. Bayi mungkin bernapas dengan cepat untuk beberapa kali, kemudian beristirahat sejenak kurang dari 10 detik, lalu bernapas lagi. Ini sering disebut pernapasan periodik dan merupakan hal normal, yang akan membaik seiring waktu. Nah, penggunaan gurita bayi yang terlalu ketat bisa mengganggu sistem pernapasan bayi yang belum “matang” ini, dan akibatnya bisa fatal.

Sesak napas pada bayi bisa berakibat fatal — dari kerusakan otak hingga kematian

Perubahan pada kecepatan atau pola pernapasan bayi, batuk atau tersedak yang tak kunjung henti, suara mendengkur keras, atau perubahan warna kulit yang membiru bisa berarti bayi mengalami gangguan pernapasan dan memerlukan pertolongan medis segera. Saat bayi yang baru lahir kekurangan oksigen, napasnya akan menjadi cepat dan dangkal. Jika situasinya terus berlanjut, ia akan berhenti bernapas sepenuhnya, detak jantungnya akan jatuh, dan ia akan kehilangan kekuatan otot.
Jika hal ini terjadi, sebetulnya masih sangat mungkin untuk mengembalikan kondisi bayi dengan memberi bantuan napas dan paparan oksigen berlanjut. Namun, jika bayi yang baru lahir terus kekurangan oksigen, ia akan mulai terengah-engah, dan kemudian ia akan berhenti bernapas lagi. Detak jantung, tekanan darah, dan kekuatan ototnya akan terus turun, sehingga ia akan kehilangan kesadaran. Ada juga risiko kerusakan otak jika tidak ada cukup oksigen yang mencapai otak. Pada kasus yang fatal, bayi bisa mati kehabisan napas akibat tercekik kekurangan oksigen. (sumber:hallosehat)

Sedangkan untuk popok kain,seperti nya sekarang sudah jarang digunakan.karena popok kain sudah tergantikan dengan popok sekali pakai yang ukuran newborn.selain mudah,kita juga gak direpotkan dengan cucian yang numpuk.jadi popok kain bisa di skip yaa moms..
Keperluan moms pasca melahirkan
Sarung itu gunanya untuk moms di tempat melahirkan , biasanya kalau mau melahirkan kita disuruh memakai sarung jadi celana dalam kita dilepas.kalau cuman pakai selimut kan barabe moms.hehe jadi jangan lupa untuk membeli sarung kurung ya.
Keperluan Asi seperti penampung asi dan pompa asi juga perlu,karena beberapa hari setelah melahirkan asi kita akan banyak,penampung asi yang direkatkan ke BH berfungsi agar asi gak membasahi baju.dan fungsi pompa asi untuk menampung asi kita yang sedang penuh-penuhnya,karena biasanya ada bayi yang gak mau menyusu waktu Payudara moms sedang penuh-penuhnya.PD yang sedang penuh itu rasanya sakit loh moms,jadi harus dikeluarkan asi nya.
Penampung asi yang aku pakai Mamapad,mamapad premium dan pigeon
sumber google

sumber google

sumber google


Review
Sedikit review tentang breast pad atau penampung asi mamapad,mamapad ini mempunyai dua jenis.tentu ada perbedaan dari mamapad biasa dengan mamapad premium,kalau yang biasa itu isi nya hanya satu-satu.kalau yang premium isi nya sepasang,kalau dari segi kelembutan gak jauh beda sih menurutku.lem nya juga gak jauh beda.

Kalau pigeon isinya terniat banget,hehe karena dia dibungkus dengan jenis kain tipis.bukan plastik loh yaa tapi isi nya sama kaya mamapad biasa yaitu gak sepasang.

kalau ada waktu lebih nanti aku review secara detail yaa


Pompa Asi 

Untuk pompa asi,sebenarnya waktu anak pertama aku udah punya pompa nya.tapi sudah dibuang paksu karena sudah serba hilang.xixii itu pun juga agak dadakan beli pompa asi karena beberapa hari aku nya kesakitan bayi ku gak mau nyusu dengan PD yang penuh,waktu itu lebaran mana toko-toko pada tutup jadinya ya sudah beli pompa asi yang ada di baby shop yang buka aja..


jadi pompa asi yang aku beli Elektrik Breast Pump Real bubee ini seharga 850.000.begitu sampai mobil pak suami brosing ternyata rata-rata harga nya dibawah 500.000 OMG aku sedih.hahaha terus kata paksu ya sudah lah yang penting kamu gak sakit lagi.iihhh so sweet banget,aku kesel tau.whahaaa tapi bener juga sih biarin udah rejeki orang di momen lebaran

baca juga : Pengalaman Melahirkan normal,Kontraksi diperjalanan Mudik lebaran

Tapi maaf aku gak sempat ngereview Elektrik Breast Pump Real bubee ini Insya Allah nanti aku review kok.doain sehat terus ya..

Baby swing,baby bouncer,ayunan elektrik dan kereta dorong

Menurut pengalaman aku,perlengkapan yang seperti ini bisa di skip karena hanya kepake sebentar,sekarang sudah banyak rental perlengkapan bayi.tapi kalau anak pertama biasanya kita bakalan kalap.hehe gak papa asal disimpan baik-baik untuk adik nya nanti biar gak usah beli lagi.

Pilih warna perlengkapan bayi yang unisex 

Memilih dan membeli perlengkapan bayi yang unisex atau yang bisa dipakai bayi laki-laki dan perempuan itu guna nya supaya nanti bisa dipakai kan ke adik-adik nya.gak lucu dong karena kalap si kaka misalnya perempuan jadi nya beli semua perlengkapan dengan warna pink.terus kalau si adiknya laki-laki gak mungkin dong dipakaikan warna pink,gak kenapa-kenapa sih cuman agak lucu aja.hihi

🍀🍀🍀🍀🍀
Biasanya kalau membeli keperluan si kecil itu memang selalu bikin kalap,oke moms punya uang banyak.masalahnya bukan itu moms,tapi alangkah bijaknya kalau kita bisa memilah mana yang teramat penting dengan yang gak penting banget.karena perlengkapan bayi itu hanya bisa bertahan sebentar,soalnya bayi kan semakin hari semakin besar.perlengkapan yang gak kepake juga akan memenuhi rumah kita,kecuali moms niat nya sekalian dibikin rental nah sekarang jadi peluang usaha yang bagus tuh.

Semoga bermanfaat

6 comments:

  1. breast pad penting banget deh buat awal menyusui, salah satu barang yg harus dibeki krn kepake banget.

    ReplyDelete
  2. NOTED aku save ini ya mbak... wujud doaku biar cepat hamil huhuu amiiinn

    ReplyDelete
  3. Waduh itu mahal banget din pompa ya. Heu. Aku dulu malah kekurangan lampin gara-gara nggak itu itu bakal banyak kepakai dan orangnya ngirit banget. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulun lampin dipakai gesan selimut aja mba nukar yang te tebal,wkwk

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.