Monday, January 28, 2019

# Tips # Tips Lifestyle

Gerd dan Serangan panik takut mati ! begini cara mengatasinya

Assalamualaikum...

sumber : medcom.id

Pernah gak mengalami rasa takut mati dan berasa punya penyakit yang serius, padahal dokter sudah memastikan kalau kita hanya mengalami Asam lambung? dan orang-orang disekitar juga gak akan pernah ngerti bahkan perasaan takut itu dibilang mengada-ngada.

Okey, dulu aku pernah mengalami yang namanya Gerd disertai dengan serangan panik atau biasa disebut dengan panic attack. dimana waktu itu aku mengalami rasa takut mati yang sangat menyiksa dan aku sangat trauma dengan hari rabu, dan akhirnya aku bisa melawan rasa panik itu selama satu tahun.

tulisan pertamaku tentang Asam Lambung / GERD ( Pengalaman menghadapi asam lambung)  mendapat respon yang luar biasa respon nya berupa komentar bahkan sampai jalur pribadi (japri) dan sayangnya aku tidak bisa merespon semuanya, yang akhirnya banyak yang baper karena gak aku balas. hehe oleh karena itu hari ini aku meluangkan waktu untuk menulis part 2 nya aku harap baca sampai habis dan hanya bertanya tentang hal yang belum jelas. hehe..

๐Ÿ’ฆjadi kalau japri hal yang sudah aku tulis jangan baper lagi yaa kalau gak aku balas๐Ÿ’ฆ


Pertanyaan yang sering aku terima tentang asam lambung dan panik attack, adalah :

Kak, berapa lama kena asam lambung ?

Saya terkena asam lambung yang lumayan parah nya sekitar 2 tahunan, di tahun 2013 kalau gak salah awal saya terkena asam lambung yang membuat saya dikit-dikit parno takut kena penyakit jantung lah, takut mati, mau makan aja pilih-pilih karena takut kambuh. dan ini sudah tahun 2019 diriku sudah lupa bagaimana rasanya panik dan asam lambung

Paniknya seperti apa ?

Dulu kepanikan yang aku rasakan adalah takut punya penyakit jantung, takut mati, tiap malam gelisah, lemah, takut berada dikeramaian. jadi biasanya kalau dikeramaian serangan panik mulai kambuh yang membuat aku sesak nafas dan takut pingsan bahkan aku pernah pingsan dikeramaian loh

Pola makan gimana ?

awalnya aku mencoba untuk menerapkan pola makan raw food, untuk yang belum tau raw food adalah makan, makanan yang mentah bisa dibilang seperti salad. dan pola makan hanya makan lauk tanpa nasi, sayuran dan buah saja.

untuk pagi hari sesaat setelah bangun tidur, aku langsung meminum madu asli yang dicampur dengan jeruk nipis atau lemon yang diperah di air hangat. pagi hari tanpa sarapan karbohidrat hanya buah saja, tapi ternyata jeniper itu selain bagus untuk kesehatan ternyata juga bagus untuk kecantikan loh, waktu itu aku jarang mengalami jerawatan karena proses detoks nya kan mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh

intinya sih, Sugesti aja. mau makan apapun monggo jangan sampai ada terfikir 'bakal kambuh gak ya?" kalau fikiran nya seperti itu otomatis bakalan benar-benar kambuh

Gimana caranya mengatasi serangan panik takut mati

Memang ya, menurutku lebih sulit mengendalikan serangan panik daripada asam lambung nya. karena jika serangan panik kambuh, asam lambung dan pasukan lain nya juga datang. misalnya jika panik datang dan kita gak bisa mengelola dengan baik maka rasa sesak nafas, atau bahkan rasa sebak didada pun datang dan akan membuat sugesti kalau itu adalah serangan jantung padahal bukan.

dan rasa gelisah dimalam hari jika gak bisa diatasi maka akan membuat insomnia yang akhirnya menggangu kesehatan. mungkin kepanikan yang dirasakan membuat sulit untuk berfikir sehat yang seakan-akan sudah berada diambang kematian.

kalau serangan takut mati kambuh, untuk kita yang beragama Islam banyak-banyak istighfar mengingat Allah karena mati itu adalah pasti "Ah,masa istighfar doang sih ?" aku sering banget loh ditanya seperti ini. kalau sudah gak yakin bagaimana mau sembuh? sugesti kita sangat berpengaruh untuk sembuh dari asam lambung dan panic attack ini
Banyakin istighfar, dan kelola emosi salah satu kunci mengatasi serangan panik
Untuk mengurangi sugesti takut pingsan dikeramaian, biasanya aku selalu membawa air minum ataupun air mineral. karena kita kelelahan dan berkeringat akan membuat dehidrasi, orang yang mengalami dehidarasi akan merasakan lemas, pusing, kebingungan dan yang lebih parah lagi adalah pingsan. dan yang gak kalah penting adalah bawa minyak kayu juga deh untuk antisipasi kalau merasa pusing akibat dehidrasi bisa nyium minyak kayu putih

Berusaha lah untuk gak panik, agar serangan menjauh
๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›

Aku sangat mengerti perasaan orang yang baru terkena asam lambung dan panik attack ini, mereka merasa sendiri dan tertekan karena orang terdekat atau bahkan dokter pun tidak bisa membantu selain dengan obat-obatan, mungkin ada beberapa dokter yang mengerti tentang aslam dan serangan panik itu sebenarnya satu paket. bahkan ada dokter yang menyarankan untuk datang ke spesialis kejiwaan kalau disarankan seperti itu jangan tersinggung ya, karena memang ada hubungan nya dengan kejiwaan makanya kita harus segera keluar dari kepanikan dan rasa ketakutan tersebut agar tidak menjadi penyakit yang lebih serius lagi

Hikmah yang ku dapatkan dari masa sulit kemaren adalah kita semua pasti mati, jadi perbaiki ibadah jangan tinggalkan sholat. males? lawan rasa malas tersebut, siapa tau Allah memberikan penyakit ini sebagai teguran agar kita lebih dekat denganNya.

Tips ku agar bisa menjauh dari serangan panik dan asam lambung, sebaiknya kelola emosi, kurangi makanan dan minuman yang menyebabkan asam lambung kambuh. mau makan apapun bebas asalkan sugestikan yang baik-baik saja dan lawan rasa takut, jangan jadi jiwa yang manja.


16 comments:

  1. Wah, Mbak. Ini sama persis dengan yang aku alami beberapa tahun lalu. Waktu perjalanan naik motor, jantung berdebar kencang sampai melebihi batas normal sampai harus dirawat di HCU ditangani spesialis jantung. Ternyataaa diagnosa nya GERD. Serius pasca itu jadi paranoid. Nonton film serem aja gak berani Karena takut jantungku berdebarnya kebablasan.
    Mudah2an kita semua diberi kesembuhan, kesehatan, kekuatan, aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, saya sempat takut nonton ke bioskop pokoknya takut yang biki kaget gitu..

      amin..Allahuma amin

      Delete
  2. Gerd ini banyak yg bilang sakit maag, tapi lebih akut ya, pemicunya adalah dari pikiran. Ada di facebook grup Sembuh GERD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah gak mau gabung di group2 itu mba, soalnya takut baper. hihi

      tapi terima kasih infonya

      Delete
  3. Aku suka banget di bagian yang banyakin istigfar dan kelola emosi. Rasanya memang dengan istigfar tu kerasa banget kita berserah akan semua yg kita alami. Which is itu penyembuhan yang hqq hehehe

    ReplyDelete
  4. Baru tahu bisa seserius itu asam lambung naik. Kelola emosi pilihan yang tepat memang.

    ReplyDelete
  5. Wah, ak udh lama baca yg tulisan terdahulu it mb dina. Sempat kena asam lambung jg soalnya. N penyebabnya adl rasa gugup di pagi hari sjk sklh SMA. Alhamdulillah sejak menikah ini agak kurang aslamnya. Mungkin y karena ngikut tradisi urang banjar. Tiap pagi makan wadai dulu supaya perut gak berat. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener sarapan yang ringan dulu, nanti jam 10 keatas baru deh yang berat

      Delete
  6. Wah ternyata gerd itu agak-agak ngeri ya. Serangan rasa cemas memang nggak menyenangkan. Semoga mbak dina sehat selalu.

    ReplyDelete
  7. Semoga mba dina selalu fit ya.... Ternyata stres bisa merembet ke asam lambung ya....

    ReplyDelete
  8. Aku punya penyakit asam lambung juga cuma ga separah orang-orang sih jadi ga ada yg panik gitu tapi kalo parah mah sudah pasti bakalan panik gt juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.