11 October 2020

Sharing Pengalaman Alergi kandungan Skincare dan Cara Mengatasi nya

 Assalamualaikum, Hallo...

Sharing Alergi kandungan Skincare

Pernah enggak sih kalian mengalami masalah kulit yang sangat mengganggu, karena reaksi entah itu karena enggak cocok atau bisa dibilang alergi dengan kandungan yang ada didalam skin care tersebut? Pernah suatu ketika kulit wajah ku mengalami masalah yang aku pun sempat merasa frustasi, mau nangis, malu dan yang pasti panik banget karena pada saat itu wajah ku terlihat seram dengan kondisi kemerahan, ditumbuhi bentol-bentol sehabis menggunakan serum dengan kandungan Vitamin C yang tinggi dan pewangi yang tinggi juga.

Kira-kira kenapa ya kok aku tahu kalau aku alergi Serum (yang kandungan nya sudah aku tulis diatas)? karena itu terjadi berulang kali dan masalah nya ada di serum yang kemaren aku pakai. aku tahu kalian pasti penasaran apa sih merk serum yang membuat kulit ku alergi ? dan bagaimana sih rasanya kalau kulit wajah alergi ? nanti ya aku kasih tahu selengkapnya, makanya jangan skip tulisan ini elah jangan di skip macam konten youtube aja. wkwkwk

Bagaimana reaksi awal nya ?

🌸3 Hari Pertama

Pertama kali aku sadar kalau ada reaksi alergi di kulit wajah ku, malam itu aku mencoba menggunakan serum . dan aku kurang ingat apa yang membuat reaksi alergi dari serum tersebut. jadi, sekitar sejam atau dua jam pemakaian kulit wajah ku gatal. karena gatal, otomatis ku garuk dong. subuh nya aku lihat wajah ku bentol-bentol keriput, panas dan yang enggak enak nya itu pas memejamkan mata terasa perih. kalau kalian pernah biduran, Nah..kurang lebih seperti itu, 

Bukan hanya soal rasa yang tidak nyaman, tapi wajah pun tidak enak untuk dilihat. bayangkan timbulnya bengkak, kemerahan, dan rasa panas juga sangat mengganggu 

🌸4 Sampai 7 Hari

Di hari ke 4, sudah muncul semacam jerawat yang bernanah, komedo mulai keluar, kulit ku pun mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. dan bengkak nya pun sudah mulai berkurang, biasanya yang paling parah dibagian bawah mata. 

🌸7 Hari sampai 14 Minggu

Di hari ke 7, sudah masa penyembuhan kulit. sudah enggak ada lagi rasa kemerahan, rasa gatal ataupun panas. tinggal menyembuhkan kulit yang mengelupas dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar yang terlihat seperti sel kulit mati yang menumpuk. 

Memang, proses penyembuhan total wajah yang alergi itu lama bagi yang merasakan. hehe pada saat itu aku benar-benar merasakan malu dan enggak pede kalau harus keluar rumah, tapi berkat penanganan yang tepat. kulit wajah ku akhirnya bisa kembali normal.

❤❤❤
Sedikit membahas tentang kandungan pewangi di skincare, Tapi, perlu kalian tahu. setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda, dan biasanya ada beberapa orang yang memang alergi dengan Essencial oil, SLS, Acid, Bahan pengawet, atau aku pribadi yang alergi banget sama skincare dengan kandungan pewangi yang kuat. katanya sih, zat pewangi pada produk skincare juga berfungsi sebagai zat aditif (tambahan) yang bisa didapat dari sumber natural maupun sintetis. Selain alergi, parfum pada produk skincare bisa memicu berbagai kondisi lainnya seperti asma, eksim, nausea, hingga psoriasis.


Alergi kandungan pewangi pada Skincare

Bahan pewangi bisa bikin kulit alergi dan iritasi karena cara pembuatannya yang rumit. Biasanya, fragrance natural ataupun sintetis dibuat dari 50 hingga 100 jenis zat kimia berbeda. Sehingga nggak heran jika kulit kita bisa mengalami reaksi negatif akibat percampuran zat asing yang mengenai kulit. (sumber:female daily)

Makanya sekarang aku sangat menghindari skincare yang ada kandungan parfum nya, dengan memilih klaim label “fragrance-free” dan masih dari yang aku baca di website nya Female daily. sebaik nya jangan memilih “unscented”. Karena biasanya sih produk yang bertuliskan “unscented” tetap menggunakan kandungan parfum untuk menetralisir bau kurang enak yang secara natural ada pada chemicals tertentu.

❤❤❤


Bagaimana Cara Mengatasi nya ?

Jika wajah kamu terjadi reaksi alergi dengan salah satu ingredients yang ada di dalam skincare, jangan terlalu panik. (padahal pertama kali terjadi dengan ku, aku pun panik sih. wkwkwk ) yang harus kamu lakukan untuk meredakan reaksi alergi nya ialah :

🌸Segera Cuci Wajah dengan air bersih

Ketika menyadari wajah terasa enggak nyaman, langsung cuci wajah. yang berguna untuk menghapus skincare yang sudah ada diwajah kamu dan ini juga bisa mengurangi reaksi nya, MENGURANGI ya bukan menghilangkan. karena mungkin saja kandungan skincare nya sudah menyerap di kulit jadi mencuci wajah hanya bersifat mengurangi agar tidak menyerap keseluruhan


🌸Minum obat Alergi

Jika wajah terasa gatal dan bengkak, yang mirip dengan biduran. langsung dibawa minum obat antihistamin ya gaes. lalu apa itu antihistamin ? mungkin untuk kalian yang tidak alergian akan asing dengan Antihistamin, Antihistamin adalah kelompok obat-obatan yang digunakan untuk mengobati reaksi alergi, seperti rinitis alergi, reaksi alergi akibat sengatan serangga, reaksi alergi makanan, urtikaria atau biduran. (hallodoc) 


Meminum obat antihistamin fungsi nya untuk mengurangi rasa gatal, jadi gak ada drama mau garuk-garuk wajah gara-gara gatel. perlu di ingat, ini adalah area wajah yang jika di garuk akan menimbulkan masalah baru. dan untuk merk obat yang biasanya aku pakai adalah Cetirizine dengan merk dagang Cerini , cetirizine adalah obat antihistamin generasi kedua yang menurut yang aku baca efek ngantuk nya gak terlalu kuat dari generasi pertama. 


"Perlu di ingat, setiap orang beda ya. jadi lebih baik lagi jika berkonsultasikan dulu ke dokter. karena dokter lebih tahu takaran dan kamu harus menggunakan antihistamin jenis yang mana"

🌸Kompres Wajah

Mengompres wajah dengan air dingin juga membantu menenangkan kulit yang tidak nyaman, karena di hari pertama sampai hari ketiga akan merasakan sensasi kulit panas dan kemerahan.

🌸Tetap Gunakan Skincare

Walaupun wajah sedang dalam masalah, tetap gunakan skincare yang sifat nya untuk merawat ya gaes, tapi jangan coba-coba untuk menggunakan skincare yang sama ya. skincare yang harus dipakai ialah facial wash atau sabun wajah yang non SLS jangan menggunakan sabun pencuci wajah yang ada busa nya dulu, aku lebih menyarankan menggunakan Cetaphil atau apapun yang penting jangan ada busa nya atau minimal busa nya gak banyak deh.

Moisturizer, sunscreen dan obat totol jerawat juga harus tetap dipakai ya. di fase penyembuhan, kulit akan terasa kering banget, dan akan terasa lebih sensitif. menggunakan moisturizer atau pelembab akan membantu kulit lebih cepat pulih nya.

Di hari ke 7, atau jika merasa kulit sudah enak dan kalem silahkan menggunakan rangkaian skincare yang biasa kamu pakai ya, untuk memperbaiki tekstur kulit kamu supaya kembali ke kondisi normal.

ini kondisi kulit ku waktu alergi kemaren, dan ini pengalaman yang ketiga yang sempat aku update di instastory Klik disini

Rekomendasi skincare untuk kulit kering atau sensitif


❤❤❤

Setelah panjang lebar dari mengetahui reaksi kulit jika tidak cocok dengan skincare, cara mengatasi nya sampai apa saja yang harus dilakukan untuk menyembuhkan reaksi alergi tersebut. pasti kalian sangat menunggu merk skincare apa yang membuat aku alergi kemaren, kan ? hayoo..baik akan aku share merk nya.

Serum yang gak cocok


Sebenarnya aku sangat menyayangkan kenapa aku harus tidak cocok dengan 3 merk ini, tapi kembali lagi setiap orang reaksi kulit nya berbeda. padahal banyak orang yang cocok loh, kenapa aku tidak cocok dengan 3 serum ini 😟😟 untuk kalian yang cocok, mau tau dong review nya. nanti tinggalkan komentar ya, dan yang senasib dengan aku yang gak cocok dengan 3 serum ini sharing juga ya.

Tujuan ku untuk Sharing Pengalaman ku enggak cocok dengan kandungan skincare ini adalah supaya kamu yang lagi mengalami masalah kulit yang sama kayak aku gak mengalami kebingungan atau pun frustasi, sekali lagi kondisi kulit setiap orang beda-beda. kalau aku enggak cocok dengan 3 serum tersebut, belum tentu kalian juga gak cocok. karena banyak kok yang cocok dan mereka merasakan kulit mereka aman-aman saja bahkan manfaat nya luar biasa untuk kulit mereka. 

Semoga Bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)