20 June 2020

Tips & Sharing melatih anak tidur sendirian

Assalamualaikum, Hallo bunda..

anak tidur sendirian (dok:pribadi)

Setelah sekian lama aku dan suami ingin Khansa tidur sendiri akhirnya tercapai, bukan apa-apa. usia Khansa sekarang sudah 6 tahun, kasur sudah sempit untuk 4 orang, kami ingin Khansa mandiri. jadi itu lah alasan nya kenapa dia harus bisa tidur sendiri. sebenarnya, sejak setahun yang lalu Khansa sendiri yang pengen tidur sendirian, tapi kami gak yakin dia bakalan berani. sampai akhirnya, dalam sebulan ini dia sudah benar-benar tidur dikamar sendirian. yass...😍

Nah, pada tulisan ku kali ini. aku mau Sharing dan ngasih tips tentang bagaimana caranya agar anak mau tidur dikamar sendiri, dan kira-kira kenapa sih anak harus di ajari untuk tidur sendirian ? yuk, simak sampai habis ya bun.

baca jugaSharing tentang anak yang terlambat Bicara

Kenapa anak harus tidur dikamar sendiri?

mungkin ini adalah pertanyaan yang akan bunda tanyakan, kan? apakah memang perlu seperti itu? atau si kecil juga akan mempunyai pertanyaan yang sama?

selain karena kasur yang sudah gak muat, tentu nya karena anak harus diajari mandiri sejak dini ya bun. selain itu, secara tidak langsung kami mengajari Khansa untuk berani. ya bunda tau lah ya, jangan kan anak kecil orang dewasa pun kadang masih ada yang takut tidur sendirian. karena apa? karena sejak kecil sudah dibiasakan untuk tidur bareng. padahal suatu saat anak mungkin akan berada di keadaan yang harus tidur sendirian.

selain itu, kita sebagai orang tua harus mempunyai privasi. gak lucu kan jika berbuat sesuatu tiba-tiba kepergok anak. (ya paham kan maksud nya?) πŸ˜‚πŸ˜‚


Sejak umur berapa tahun anak di ajari untuk tidur sendiri?

Suka nonton film, anak bule sejak bayi sudah punya kamar sendiri. karena kita sebagai orang timur pasti bakal ngeri-ngeri sedap ya kalau anak bayi dibiarkan tidur dikamar sendirian walaupun menggunakan CCTV apalagi untuk aku yang terlahir di Kalimatan, jangankan untuk membiarkan bayi dikamar sendirian, untuk sekedar ditinggal sebentar saja sudah cemas banget. HOROR lah pokoknya, gak ku ceritakan disini nanti bakal panjang tulisan nya. Hahaha..

tentang usia yang pas untuk melatih anak tidur sendiri sebenarnya sudah bisa dimulai dari usia sekitar 4-5 tahun atau di usia anak sudah sekolah TK, karena anak umur segitu sudah mulai paham untuk diberi pengertian alasan untuk tidur sendiri. kalau aku menjelaskan nya seperti ini "karena Khansa sudah sekolah, berarti sudah pinter dan besar. kalau punya kamar sendiri lebih nyaman untuk belajar dikamar sendiri biar gak diganggu adik"

menurutku, kita jangan menunggu anak siap untuk tidur sendiri. tapi kita lah yang melatihnya, atau jika umur nya 3 tahun pun. kalau si anak sendiri yang mau, kita harus memberi dia kesempatan untuk dia belajar tidur sendirian. jangan meragukan kepercayaan diri anak, tentu nya sambil kita awasi juga ya bun.

Jika anak menolak tidur sendiri, apa yang harus kita lakukan?

awalnya, Khansa jera untuk tidur sendiri karena menurut dia. ada diganggu Hantu. wkwkwk entah lah, pernah dia menangis ditengah malam karena ketakutan. tapi bapa nya mengajari untuk berani, dan memberi khansa pengertian untuk membaca doa, karena Hantu gak akan berani mengganggu kalau sebelum tidur kita sudah membaca doa.Gara-gara kejadian itu, Khansa sempat gak mau lagi tidur sendirian. balik lagi tidur dikamar ber empat. tapi kali ini walaupun sekamar, Khansa kami beri kasur berbeda. 

yah..begitu lah, melatih anak tidur sendiri itu tidak mudah sodara-sodara. kami harus mencari cara lain lagi πŸ˜„πŸ˜„

suatu hari, suami melihat ada kelabang di kasur khansa. aku bilang, sebenarnya gak aman untuk dia tidur dibawah karena rumah kami yang mepet sawah kadang binatang melata bisa saja masuk tanpa permisi. gak pernah kan dengar binatang masuk rumah bilang "salamekom, permisi mau masuk" πŸ˜‚ walaupun biasanya kalau tidur aku selalu membersihkan tempat tidur terlebih dulu sebelum di rebahan. karena selain itu membersihkan dari debu, kita juga gak akan tau kalau tiba-tiba ada yg sembunyi di bantal, atau selimut dan dibawah kasur kita.

jadi, gara-gara ada kelabang di dikasur Khansa. disitu lah aku punya ide untuk menakuti Khansa, ku bilang "nak, tadi abah liat ada binatang dikasur khansa. bahaya loh kalau tidur dibawah" sejak itu, dia jadi mau untuk tidur sendirian dikamar nya. karena dia takut dengan binatang melata, jangankan Khansa. aku yang sudah dewasa (ya dewasa bukan tua yah 😜) pasti takut juga lah.

kita juga bisa mengatakan kepada si anak, "malu loh udah besar masih tidur sama mama dan papa" biasanya untuk umur-umur 4-5 tahun sudah mengerti arti nya malu, apalagi dia kan punya teman disekolah. jadi, biasanya dia akan malu kalau kebiasaan jelek ketahuan teman-teman nya. 
Hal yang wajar jika anak menolak dan takut tidur sendirian, apalagi jika anak beralasan takut dengan hantu. caranya, kita harus melarang dia untuk menonton video atau film horor yang membuat dia berimajinasi terlalu lebay.

Dekor Kamar agar anak lebih semangat

dekorasi kamar anak perempuan (pinterest)

ada cara lain untuk mebujuk anak agar mau tidur sendiri, salah satu nya dengan membuat kamar terlihat nyaman dan dekor lah kamar sebagus mungkin. misalnya kalau anak perempuan, pakai kan sprei karakter Princess, barbie, kuda poni atau tokoh kartun kesukaan anak. tata boneka kesayangan dan meja belajar nya dengan rapi, cara ini juga akan membuat anak menjadi semangat untuk belajar. 


boneka (pinterest)


simple aja, Kamar Khansa cuman ku pasangan kan sprei kuda poni. lemari baju nya ku rapikan, boneka nya juga ku rapikan. selebih nya gak ada yang aku rubah, karena aku gak mau merubah kamar terlalu banyak.


lampu (pinterest)

oiya yang gak kalah penting, pasang juga lampu kelap kelip. supaya menambah kesan Rame jadi anak gak akan ketakutan kalau kita juga mengajarkan untuk tidur dengan kondisi lampu dimatikan. atau bisa juga pasang stiker yang bisa menyala, maksudnya supaya kamar tidak gelap gulita. karena ada beberapa orang yang merasa sesak nafas kalau harus tidur dikegelapan.

Semua nya perlu proses

Apapun itu, semua nya perlu proses bun. Anak ku saja awalnya harus ditemani bapak nya dulu, kalau sudah tidur. baru bapak nya pindah kamar lagi (kalau gak ketiduran juga sih, Hahaha) agar dia gak merasa sendiri, lampu ruang tengah tetap kami biarkan menyala. jadi kalau dia mau ke WC gak perlu takut, apapun itu lama kelamaan anak pasti akan terbiasa untuk tidur sendirian dikamar. asal kita sebagai orang tua jangan cepat menyerah juga, terus cari cara ya bunda.

mudah-mudahan tips dan Sharing tentang melatih anak agar mau tidur sendiri ini ada manfaat nya untuk ayah dan bunda yang sedang mengajari anak tidur dikamar yang terpisah dengan kita orang tua nya.

🌼🌼🌼


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)