Wednesday, July 17, 2019

Sharing tentang Pernah Gagal ASI Eksklusif dan Review Pompa ASI Medela Swing


Assalamualaikum bunda,



Ibu mana sih yang gak mau bisa menyusui eksklusif selama 6 bahkan sampai 24 bulan. sepertinya semua ibu pasti punya keinginan seperti itu, tapi sayang nya gak semua bisa lulus ASI eksklusif. ada beberapa penyebab gagal menyusui antara nya tidak tau cara menyusui yang benar, ibu mudah menyerah ketika ASI tidak langsung keluar, dan tidak adanya dukungan dari si ayah ataupun keluarga besar.

Kira-kira ada yang mengalami seperti itu kah ? Ibu-ibu ada yang pernah gagal menyusui atau bahkan sekarang lagi mencari solusi untuk ini agar tidak gagal menyusui? Simak ceritaku sampai habis ya bu..

Sebenarnya Aku pun termasuk yang pernah gagal menyusui, makanya ketika hamil anak kedua. Aku sudah mencari tahu banyak informasi segala tentang ASI. kita kan biasanya tahu ilmu nya tetapi ketika praktek belum tentu bisa menerapkan ilmu nya, jadi setelah melahirkan Yahya (anak kedua) drama sudah dimulai. ASI ku tidak langsung keluar sedangkan yahya sudah mulai kuning yang artinya dia dehidrasi tapi dokter dan tim medis dirumah sakit tempat ku melahirkan tetap memberikan semangat "Pokoknya gak boleh susfor ya bu" aku gak tega dong dengar dia nangis. tapi sekali lagi dokter dan keluarga besar ku tetap memberi support "Mau ada atau enggak nya ASI nya tetap coba susu kan langsung" Alhamdulillah besok hari nya ASI ku sudah keluar bahkan sangat berlebihan.

Biasanya ASI 3 bulan pertama memang melimpah, itu membuat ku susah untuk bergerak dan badan ku panas dingin karena Payudara bengkak dan keras. Oke Alhamdulillah tapi masalahnya Yahya tidak mau menyusu langsung karena PD ku terlalu keras dan ASI nya mengucur deras, semacam dia kewalahan menghabiskan ASI nya. oke ini adalah masalah baru. aku kesakitan dengan PD bengkak bahkan bengkak nya sampai dibawah ketiak. pada saat itu aku lebih memilih tidak minum obat daripada anak ku kenapa-kenapa,




Sampai akhirnya suami ku menawarkan untuk membeli pompa ASI, disuasana lebaran baby shop banyak tutup itu pun aku harus menunggu 4 hari pasca lebaran. kata suami ku ya udah mau harga pompa ASI nya mahal pun gak apa-apa yang penting ada. kami membeli pompa ASI Elektrik seharga 900.000 dapat sepasang tapi ribet banget kebanyakan sparepart nya dan daya sedotnya juga gak bisa langsung pakai kedua nya jadi harus pakai satu dulu. duh berasa percuma deh beli yang sepasang. Beli yang baru aja dehhh...males kalau kaya gini harus bongkar pasang gara-gara spare part nya banyak sedangkan menyusui itu harus di segerakan kalau bayi nya ngambek kan susah jugaa..

Akhirnya Nyobain Pompa ASI "Medela Swing..."




Tiap buka instagram, banyak sekali yang menggunakan Pompa ASI Medela. tentu nya ku jadi penasaran memang nya sebagus apa sih . karena sebenarnya untuk membeli pompa ASI itu Ibu pintar harus banyak pertimbangan nya kita harus lebih banyak lihat review-review dulu demi kenyaman proses memerah dan untuk ke hiegienis'an nya juga, sempat maju mundur juga mau beli pompa ASI karena aku kan bukan ibu-ibu pekerja takut hanya terpakai sebentar. walaupun sebenarnya mASIh bisa merental tapi aku lebih memilih untuk membeli. hehe

Sebagai blogger kadang ada saja Event yang mengharuskan ku untuk menitipkan anak ke suami. terkadang ada event yang mengharuskan ku untuk pergi ke luar pulau. menurut ku menyetok ASIP itu penting banget misalnya ketika kita sedang flu yang berarti kita tidak memungkinkan untuk menyusui langsung jadi untuk sementara bisa menggunakan ASIP dulu. atau untuk ibu-ibu yang terpaksa harus meninggalkan bayi untuk bekerja atau untuk ku yang memang menyetok ASIP untuk keperluan sekedar mengosongkan ASI dipayudara.

Kelebihan dari pompa ASI medela swing ini adalah bunyi nya gak berisik jadi gak perlu takut bayi bangun karena suara proses me mompa, praktis dibawa kemana-mana selain karena spare part nya sedikit untuk meng-operASIkan pompa nya juga kita bisa mengunakan 2 cara yang pertama di colok menggunakan adaptor bawaan dan yang kedua misalkan lagi di mobil bisa menggunakan baterai AA ini juga berlaku ketika mati lampu ataupun tempat yang minim listrik, untuk kabel adaptor bawaan nya juga panjang kayanya lebih dari 1 meter deh "aku gak ngitung juga sih"






Ada kaitan nya, yg bisa dikaitkan ke ikat pinggang atau pun Tas, kantong baju juga bisa loh


Untuk proses memompa nya pun ada 2 cara, secara otomatis maupun individual. otomatis maksud adalah secara otomatis akan berpindah dari tahap stimulASI ke tahap memerah setelah 2 menit. sedangkan individual ASI mulai menetes sebelum 2 menit tahap stimulASI berakhir dan ketika kita ingin mengurangi waktu stimulASI kita bisa langsung te tahap memerah dengan menekan tombol let-down (gambar ASI menetes)



Corong nya tidak membuat ASI gampang tumpah



Enak nya pakai medela swing ini, proses memerah ASI gak lama, tau-tau sudah hampir terisi penuh. menurut ku produk ini sudah melengkapi apa yang dibutuhkan oleh ibu-ibu pejuang ASI dan medela itu semacam paham banget, mungkin salah satu nya karena Medela sudah ada di Indonesia sejak 20 tahun yang lalu dan karena sebelum membuat sebuah produk juga berdasarkan riset terlebih dulu.



                                                 
oiya untuk tips agar sukses menyusui ala-ala aku, yaitu :

  • Percaya diri
  • Dukungan suami dan keluarga besar itu penting
  • jauhi stress
  • minum susu untuk menyusui, kalau gak suka minum UHT juga gak masalah
  • minum air putih yang cukup
  • sedia cemilan, karena setelah menyusui perut akan terasa sangat lapar
Untuk ibu-ibu yang ingin menjadi pejuang ASI juga, menurut ku kunci terpenting dari keberhASIlan itu ialah Tekad, mau belajar, mau mendengarkan dan jangan gampang menyerah. kalau pernah gagal ya berusaha lah untuk belajar di kemudian hari banyak bertanya dan banyak brosing tentang dunia breastfeeding. Agar dilain waktu tidak akan gagal lagi.


Semoga Bermanfaat

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.