Sunday, July 14, 2019

# Kesehatan # Tips

Tips Mengatasi Diare Pada Orang Dewasa dengan Cara Alami

Assalamualaikum...

Hallo apa kabar semua nya ? mudah-mudahan sedang dalam keadaan sehat wal'afiat. Sebagai orang yang suka jajan dan suka makanan pedas, masalah yang biasanya aku alami adalah mengalami panas dalam, perut panas dan kalau salah makan malah bisa mengalami diare. Aku yakin, kalian pasti pernah mengalami diare juga kan ?

Masalah pencernaan berupa diare mungkin pernah dialami oleh banyak orang. Rasa perut melilit dan buang air besar berulang-ulang ini membuat siapapun akan tersiksa.  Saat mengalami diare, harus sering bolak-balik ke toilet untuk buang air besar. Itu sangat merepotkan sekali, saat diare akan mengeluarkan cairan bening kekuningan. Mengalami diare akan membuat tubuh banyak kehilangan cairan, makanya tidak heran tubuh akan terasa lemas karena mengalami dehidrasi. 

sumber google
 Diare bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli,  Shigella, serta Salmonella. Selain itu bisa juga dikarenakan infeksi  bakteri pada makanan dan minuman yang dikonsumsi, stress, alergi  pada jenis makanan tertentu, hingga akibat karena sistem  pencernaan mengalami masalah, seperti iritasi lambung dan usus.  Untuk mengatasi hal ini, obat diare alami untuk dewasa bisa diberikan sebagai langkah awal, diantaranya yaitu: 

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang saat buang air besar berulang kali. Bisa dari air putih, air kaldu, jus, dlsb.
  2. Mengkonsumsi makanan rendah serat dan cenderung semi padat secara bertahap.
  3. Menghindari jenis makanan tertentu, seperti makanan dari produk olahan susu, makanan berlemak, makanan yang kaya serat, serta makanan dengan bumbu terlalu banyak.
  4. Memilih makanan yang mengandung probiotik, seperti keju dan yoghurt. Hal ini dikarenakan makanan probiotik mengandung bakteri baik yang berguna untuk melawan kuman pada saluran pencernaan.
  5. Minum teh manis panas. Air panas akan membantu rehidrasi dan kandungan astringen tanin pada teh akan membantu mengurangi peradangan usus.
Bukan hanya orang dewasa, tak jarang diare juga sering dialami oleh anak-anak. Untuk penanganan obat diare pada anak alami resep dokter biasanya dianjurkan untuk meminum larutan oralit. Yaitu larutan air dengan garam. Tujuannya untuk mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang saat diare. Selain itu juga diharuskan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Bisa berupa air putih, air teh, serta ASI untuk anak balita yang masih menyusui. 

Semoga Bermanfaat



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.