Wednesday, June 26, 2019

# Tips # Tips Lifestyle

Beragam Cara Untuk Memastikan Kondisi Keuangan Keluarga Aman Dalam Jangka Waktu Panjang


Assalamualaiku..
Hallo...

Bagi kita yang telah berkeluarga, mengatur keuangan keluarga merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Karena, dengan pengaturan keuangan yang baik, kita bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap anggota keluarga agar lebih aman dalam jangka waktu yang panjang. misalnya yang gak kalah penting adalah untuk rencana Pendidikan anak kelak. Tapi, pengaturan keuangan juga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. maksudnya kita harus punya strategi, atau juga bisa melakukan beragam cara berikut ini untuk memastikan kondisi keuangan keluarga tetap aman dalam jangka waktu yang panjang.

Menggunakan tabungan rencana

Agar kondisi keuangan keluarga tetap terjaga, sebaiknya gunakan tabungan rencana dalam perencanaan keuangan. Anda bisa menggunakan produk tabungan rencana dari perbankan syariah apabila khawatir dengan sistem bunga berbunga dari perbankan konvensional. Penggunaan tabungan rencana bisa membantu perencanaan keuangan Anda agar lebih tertata di masa yang akan datang. Sehingga, Anda bisa memiliki keuangan keluarga yang lebih stabil karena memiliki cadangan dana di dalam tabungan rencana tersebut.

Melakukan investasi

Selain melakukan tabungan rencana, mengalihkan uang yang dimiliki untuk investasi juga bisa menjadi cara terbaik agar kondisi keuangan keluarga tetap aman. Investasi dapat menjadi pilihan yang jitu karena mampu secara efektif menghasilkan keuntungan secara pasif. Anda bisa melakukan investasi untuk menghasilkan pendapatan tambahan sekaligus melindungi nilai uang yang Anda simpan untuk kebutuhan keluarga. Namun, pastikan Anda melakukan investasi dengan jitu agar bisa mendapatkan keuntungan secara optimal dan terhindar dari kerugian.

Tidak konsumtif

Supaya proses pengaturan keuangan keluarga tetap terlaksana dengan baik, maka sebaiknya hindarilah sikap konsumtif dalam kebiasaan hidup sehari-hari. Sikap konsumtif merupakan salah satu penyebab mengapa banyak keluarga bangkrut dan terjerembab dengan hutang. Meskipun saat ini ada  jenis pinjaman syariah yang lebih ringan, namun tetap saja gaya hidup konsumtif perlu dihindari jika Anda ingin mendapatkan kondisi keuangan yang lebih terjaga. Oleh karena itu, selalu perhitungkan berapa banyak dana yang Anda butuhkan agar konsumsi tidak berlebihan setiap bulannya.

Itu tadi, strategi untuk menjaga keuangan tetap tetap terjaga dalam jangka panjang. saya yang sudah menikah selama kurang lebih 7 tahunan ini pun masih belajar istiqomah untuk mengatur keuangan, baik lah semoga tulisan diatas bisa berguna untuk anda yang mungkin baru saja berkeluarga yang juga masih tahap belajar mengatur keuangan.

Semoga Bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.