Saturday, April 6, 2019

# Tips # Tips Lifestyle

Tips dan Sharing Pengalaman Pertama Kali naik pesawat sendirian

sumber foto tabloid nova
Sebelum nya aku mikir, pengen nulis pengalaman pertama kali naik pesawat kok rasanya malu ya..hahaha berasa kampungan banget, Berawal dari curhat di sosial media yang waktu itu aku nulis seperti ini "Duh, Parno banget nih harus naik pesawat sendirian. karena memang belum pernah" ternyata banyak yang membaca status ku tersebut dan ternyata mereka minta aku menuliskan pengalaman ku tersebut. hahaha ku pikir ini hal yang gak penting untuk ku tulis.

Acara kick Off gathering Bunda fluencer SGM eksplor kemaren yang membuat ku terbang ke Jakarta dan naik pesawat lagi. yayyyy Alhamduliilah karena SGM yang sudah membuat ku akhirnya naik pesawat setelah didalam hati sering bergumam"kapan ya bisa naik pesawat" dan akhirnya Allah memberikan perantara lewat acara-acara yang diadakan SGM
Sebenarnya jujur, sebelum berangkat. aku sudah melihat tutorial "alah bahasa nya" untuk naik pesawat. karena aku benar-benar sudah lupa cara naik pesawat, sebelum nya pernah naik pesawat. tapi naik nya berempat. jadi aku lebih banyak ngikut teman-teman ku. ternyata gak bagus juga ya kalau gak nyimak orang, pas giliran harus naik pesawat sendirian mampus lah...

Karena ini adalah pertama kali nya aku naik pesawat sendirian, disamping was-was karena ninggalin anak ku yang masih ASI umur nya 9 bulan. pada saat itu perasaan nya juga campur aduk banget, dari senang langsung "rasa nya pengen cancel" mana pada saat itu anak ku sedang demam tinggi. sepanjang jalan menuju bandara anak ku banyak diam, kaya ngerti bakalan ditinggal satu hari oleh mama nya.

Sampai bandara Syamsuddin Noor berasa deg-degan banget, takut malu-malu-in . haha setelah memperlihatkan e-tiket dan KTP ku kepada petugas, perasaan kemaren didekat pintu masuk ada mesin X ray buat barang bawaan itu loh, aku nunggu bolak-balik barang ku mau dimasukin disitu gak sih, ternyata kata petugas bandara nya enggak usah. jadi lah aku langsung ke Loket Batik Air. 

Biar tulisan nya gak terlalu panjang dan semua yang membaca bisa ngerti, Berikut ini aku kasih tips dan cara naik pesawat untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat :

Perhatikan papan petunjuk yang ada di Bandara

Jangan sampai yang seharusnya ke Keberangkatan malah masuk ke kedatangan, gak lucu kan ? hehe

Tiket dan kartu identitas pasti nya sudah harus siapkan, 

karena ini penting banget. itu akan diperlukan untuk cek-in. jadi sebaik nya pisahkan tas untuk baju dan keperluan lain nya dengan tas untuk kita menaroh Hp, tiket dan Kartu identitas. maksudnya biar gak repot harus ubek-ubek tas lagi. 

Cek-in di loket sesuai maskapai dan harus beberapa jam dari jam keberangkatan

Jangan asal cek-in yaa..misal nya aku kemaren waktu berangkat ke Jakarta menggunakan Batik air, dan nanti diliat juga ada tulisan Batik air tujuan Jakarta berangkat jam sekian dengan kode sekian. setelah itu tunjukkan tiket dan KTP, kalau tiket nya berbentuk E-tiket. tinggal sodorin Handphone dan KTP, terus nanti ditanya "Barang nya mau di taroh di Bagasi atau kabin?" kalau masih sekitar kurang dari 7 kg mending taroh di Kabin aja yaa..jangan terlalu berat, nanti susah juga masukin ke kabin apalagi untuk aku yang badan nya kurang tinggi. hehe kalau pun harus dimasukan ke bagasi, cukup barang yang gak terlalu penting. untuk kamera, laptop dan yang menurut kamu berharga banget. masukkan ke tas yang terpisah yang sekira nya bisa kamu pegang selama dipesawat.

jika menggunakan E-tiket pastikan batre terisi penuh, menurutku gak ada salah nya untuk mencetak tiket untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti hp eror dan baterai drop

Waktu pulang ke Banjarmasin, aku menggunakan Garuda Indonesia dan kebetulan bandara nya Soekarno Hatta. jadi untuk tujuan Banjarmasin dengan maskapai garuda Indonesia masuk terminal 3 Domestik dan untuk cek-in masuk ke Gate 14, dan untuk ruangan tunggu no 15. sedangkan jika kamu menggunakan Lion air kalau gak salah masuk terminal 1

ada pengalaman lucu di Bandara ketika mau pulang Banjarmasin,  mungkin ini pengalaman lucu atau pengalaman konyol pertama kali naik pesawat. haha karena ini pertama kali nya aku ke bandara soekarno hatta. "eh sebenarnya gak pertama kali sih, dulu juga pernah waktu mau ke Yogjakarta kan dari Banjarmasin itu harus transit dulu ke Jakarta." karena aku benar-benar gak tau harus gimana, jadi aku liat di general cek-in Banjarmasin harus menuju ke nomor 14 dan aku masuk ke 13 ahaha.. aku tuh benar-benar gak bisa baca tiket. aku fikir loket Garuda Indonesia belum buka, ya udah santai wae..tapi hati kok gak enak yaa..jadi nya aku bertanya dengan petugas disana "Mas, saya kan mau ke Banjarmasin. kalau berdasarkan tiket ini saya berangkat jam berapa ya?" kata mas nya "ini mba nya berangkat jam 18.00 dan harusnya sudah cek-in tempat cek-in nya disini ya" oalaahh pantesan gak ada orang aku tuh nunggu nya di bagian belakang.Ya iya lah gak buka-buka loket nya. haha.

aku nunggu nya disini padahal yg benar loket Garuda Indonesia tepat di nomor 14 
waduhhhh...berarti waktunya sebentar lagi, sedangkan jam sudah menunjukkan pukul 17 an lewat. setelah mengucapkan terima kasih, aku buru-buru untuk ke loket Garuda Indonesia. waktu di loket pun aku masih nanya ke petugas yang jaga disekitar loket tersebut " Mas, saya mau ke Banjarmasin. udah bener belum yaa saya cek-in disini" kata mas nya, "iya mba, udah bener" ya sudah aku perlihatkan e-tiket di hp dan KTP ku dan aku disuruh masuk ruang tunggu 15.

padahal aku sudah diingatkan berangkat nya jam 18.00 loh oleh pihak SGM, tapi aku nya pada saat acara nya gak banyak pegang hp. hiksss

Drama belum selesai pemirsahhh...

Bingung nyari security cek point *atau apalah itu* aku sampai muter-muter dan akhirnya nanya lagi ke petugas. yang aku akhirnya diantar untuk melewati tahap tersebut. jadi lah naik ke atas dan turun lagi untuk mencari ruang tunggu 15 untuk Garuda Indonesia tujuan Banjarmasin, lari lah aku sampai nomor 10 dengan menenteng tas yang berat. dan ditanya sama mba-mba cleaning service. "Ibu mau kemana?" ku jawab "mau ke ruang tunggu 15" kata mba nya "15 kesana bu..." Duh aku berasa mau pingsan, gileeee jauh amat bayangkan Bandara Soekarno Hatta itu gedaaayyy alias besar banget ciinn..
Pastikan kamu berada di ruang Tunggu yang sudah ditentukan ya.. jangan asal 
Dengan kondisi yang ngos-ngosan dan takut ketinggalan pesawat, akhirnya ku lari-lari lagi mana pakai heels pulak dan akhirnya sampai lah di ruang tunggu nomor 15. fiuhhhh terus aku nanya lagi "ini benar kan untuk tujuan ke Banjarmasin, saya gak terlambat kan?" kata mba nya "belum bu..setengah jam lagi baru dibuka yaa" arghhhh akhirnya dan aku belum terlambat. begitu sampai di ruang tunggu rencana nya kan mau beli mainan buat anak. tapi udah ah gak mau lari-larian lagi. hahha

Jangan Malu untuk Bertanya

Malu bertanya sesat di Jalan itu benar adanya, apalagi ditempat yang kamu belum pernah datangi. contoh nya pengalaman ku di Bandara Soekarno Hatta kemaren, sebaiknya bertanya ke petugas Bandara ya bukan ke sesama penumpang. jangan ragu dan jangan malu, karena para petugas bandara akan senang hati menjawab dan mereka memang baik-baik kok orang nya dan pasti nya sangat ramah

atau misalnya enggak tau tempat duduk dipesawat karena bingung mencari nomor kursi, silahkan bertanya ke pramugari daripada salah duduk dikursi orang kan fatal mending kalau orang nya ramah. kalau galak kan susah..

Kalau sendirian, usahakan selalu fokus

yang aku maksud disini, kalau kita berangkat pesawat nya rame-rame kan misalnya kalau mau tidur dulu bisa minta salah satu untuk mendengarkan pengumuman, misalnya delay kah atau apapun itu. kalau kamu sendirian sebaik nya jangan sampai ketiduran atau jika mendengarkan musik menggunakan headseat atau earphone jangan terlalu keras karena kalau apes kamu bakal ketinggalan pengumuman penting.

Atur rasa Parno dan ketakutan dengan memanfaatkan fasilitas pesawat

Setelah banyak kejadian kecelakaan pesawat, tentu manusiawi jika ada rasa takut. aku juga begitu kok apalagi maskapai yang waktu aku berangkat kemaren kan maskapai yang kejadian itu, tapi ini bisa di bilang lebih eksklusif lah Batik air. dan ini adalah pengalaman pertama ku naik pesawat Batik air ini. aku sempat brosing fasilitas Batik air ini bakalan dapat makanan gak sih ? dan apakah tersedia semacam monitor untuk nonton film dan mendengar musik dan fasilitas lain nya? ternyata Iya. bagi ku pesawat yang mempunyai fasilitas untuk nonton dan dapat snack itu salah berguna untuk mengurangi ketegangan selama di atas pesawat tentu nya dibarengi dengan dzikir dan doa

Kalau dipesawat aku lebih memilih untuk melihat maps, untuk tau kita sudah berada dimana. sudah hampir sampai atau masih jauh. untuk fitur maps ini biasanya ada di monitor bagian pojok atas yaa..
Nonton film di pesawat Garuda

Untuk Garuda Indonesia pelayanan dan fasilitas hiburan nya jangan ditanya lagi, karena sudah pasti fasilitas nya super Oke. sebenarnya ini pengalaman ke 5 ku menggunakan Garuda Indonesia. untuk Garuda Indonesia jelas mendapatkan hidangan doongg mau itu kelas bisnis kek kelas ekonomi kek. seperti nya aku sudah pernah merasakan semua nya dari menu sarapan, makan siang sampai makan malam dan Kalau merasakan kedinginan kita bisa minta selimut ke pramugari nya ya..karena untuk garuda cukup dingin Ac nya padahal sudah diarahkan ke arah lain. wkwkwkk

Pakai Garuda Indonesia dan Batik Air juga karena tiket nya di Beli kan SGM Sari Husada, kalau enggak dibayarin mungkin juga bakalan mikir karena harga tiket nya yang mahal. ahahha
Begitu sampai tujuan, jangan lupakan Barang bawaan

Ini juga gak kalah penting, barang bawaan jangan sampai tertinggal didalam pesawat. jangan buru-buru turun pesawat kalau dirasa masih berdesak-desak kan, itu lah saat nya kamu memastikan barang bawaan sudah komplit atau belum.

kalau barang ada dibagasi, biasanya ada saja karena merasa senang sudah sampai tujuan atau melihat artis ehh barang bawaan malah tertinggal. begitu dapet foto "Eh, perasaan aku punya barang dibagasi deh" haha jangan sampai seperti itu yaa...
💛💛💛
Mungkin itu saja Tips dan juga pengalaman ku naik pesawat sendirian untuk pertama kali nya, dan tips ini juga bisa untuk yang sebelum nya belum pernah naik pesawat. semoga tulisan nya bermanfaat yaa...

2 comments:

  1. Saya dulu juga pas sendirian naik pesawat ada perasaan takut, terutama takut nyasar. Bandara jakarta kan gede banget tuh. Untungnya petugas disana ramah-ramah menunjukkan jalur masuk dan keluar. Jadi semua berjalan lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bener, yg pasti jgn malu bertanya ya mba..Alhamdulillah semua nya lancar

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.