Tuesday, April 16, 2019

Kick off gathering Bunda Fluencer SGM eksplor, Seru dan mengedukasi !

April 16, 2019 8 Comments
Assalamualaikum...



Setelah melihat postingan foto selama di event nya SGM di Jakarta kemaren, pasti nunggu tulisan saya di facebook dan instagram tentang keseruan acara nya kan? hayo ngaku hayooo ? hihihi baik..hari ini saya sempatkan untuk menulis..

Simak sampai habis ya...

malam itu...handphone saya berbunyi, yang ternyata pesan whatsapp dari Bunda Diah yang isi nya ijin mau nelpon. wah, saya deg-degan dong apakah saya menyalahi aturan sebagai Mombassador Sgm. tapi ternyata saya terpilih menjadi salah satu dari 55 Bunda Fluencer Sgm eksplor, Yayyyyy 

nama saya ada di nomor 47
baca juga :

Serunya Menjadi Bagian dari Mombassador SGM batch 5


Pada saat itu gak nyangka banget karena bisa terpilih, Bangga dan senang banget. senang nya kenapa dulu nih ? karena selama kontrak bakal dapet Voucher Belanja jutaan rupiah ? Enggak deng..itu hanya nilai plus nya. karena SGM selalu memanjakan Mombassador nya, jadi untuk benefit nya gak usah ditanyakan lagi..beughhhh mantap lah pokok nya! Inti nya adalah senang bekerja sama dengan Brand sebesar SGM ini yang arti nya saya bisa sharing tentang tumbuh kembang anak yang di dukung Oleh Sari Husada atau SGM ini. 

karena motivasi saya membuat konten adalah ingin menginspirasi bunda-bunda yang belum ngerti tentang tumbuh kembang anak dan yang masih mempunyai fikiran kuno dalam mendidik anak menjadi bunda-bunda kekinian, jadi bukan hanya anak yang menjadi generasi maju tapi ibu nya juga harus berfikiran maju ke depan

Suatu kebanggaan, dulu nya hanya sebagai konsumen dan sekarang akhirnya bisa bekerja sama dengan PT.Sari Husada Generasi Mahardika. seperti seorang Fans yang bisa foto bareng dengan Idola. hihihi
Singkat cerita, 

saya gak cerita pengalaman saya naik pesawat sendirian ke Jakarta disini, tentang cerita ini ada di tulisan lain nya Tips dan Sharing Pengalaman Pertama Kali naik pesawat sendirian 


Pagi-pagi sebelum acara dimulai, saya berlima dengan bunda-bunda yang terpilih diskusi dengan Brand sudah tiba lebih dulu di Hotel Hermitage Jakarta, ada bunda siapa aja ? tentu nya ada saya Bunda Dina dari Banjarmasin, bunda April dari Purwokerto, Bunda Yoana dari Yogyakarta dan Bunda Ria dari Bengkulu

di foto kurang Bunda Sara Dari Solo
Kami berdiskusi apa yang bagus untuk SGM selanjutnya, tanggapan kami tentang stunting, tentang anak generasi maju dan banyak lah pokoknya. mudah-mudahan saran dan kritik kami sudah mewakili bunda-bunda diluar sana yaa...

💛💛💛
Mau liat dekorasi event kemaren ?




kue-kue nya sayang untuk dimakan, ya kan ? sering liat postingan mombassador yang ada dikota besar tiap event Sgm. dalam hati saya bergumam kapan bisa hadir di acara nya SGM dan Alhamdulillah terkabul



💚💚💚

Disini kenal dengan orang-orang yang ada dibelakang Susu SGM

Sayang nya saya tidak bisa memotret mereka karena penjagaan ketat, wajar lah mereka kan menjaga privasi. pada saat itu saya tau siapa yang menghandle susu SGM eksplore, SGM Bunda, SGM Soya dll nya. 

Perlu gak sih anak di atas satu tahun untuk minum susu ? 

Faktanya, anak yang gak minum susu 37% nya anak mengalami stunting atau perawakan anak pendek. lalu dampak nya apa ? Dampak paling merugikan dari stunting khususnya terhadap perkembangan otak. Riset menunjukkan stunting mengurangi IQ sebesar 5-11 poin, Saat anak terkena stunting, produktivitas mereka akan berkurang saat usia muda – capaian pendidikan lebih rendah menghasilkan pekerjaan dengan pemasukan lebih kecil. (sumber website sari husada)  di zaman kita saja, misal nya ingin menjadi pramugari badan se boncel saya mana bisa jadi pramugari. karena ada beberapa pekerjaan yang mematok tinggi badan sekian dan sekian, mungkin 10 tahun lagi syaratnya tinggi badan harus 3 meter setengah ? *mohon maaf 3 meter itu gak sekalian dijadikan tiang listrik aja* huahaha 

Yang menarik disini, anak saya yang paling besar kan minum susu Soya karena dia alergi. sebagai ibu tentu nya wajar jika saya bertanya-tanya dalam hati, "nutrisi anak yang minum susu sapi dengan susu Soya itu sama gak sih ? " ternyata nutrisi yang ada di SGM Soya itu sudah termasuk komplit. dan kedelai nya pun adalah kedelai yang berkualitas ditambah lagi dengan kandungan Omega 3 dan 6 nya. tapi yang kurang dari SGM Soya ini gak ada kandungan DHA nya dibanding susu SGM Eksplor plus.

Perlu diketahui, SGM perduli dengan isu 8 dari 10 anak Indonesia kekurangan DHA dan omega 3. karena sudah sangat memprihatinkan, SGM mengadakan Aksi Nutrisi generasi maju untuk 33 juta anak Indonesia. Stt..Bunda juga bisa ikutan berpatisipasi loh info selengkap nya ada di sini  

dan Saya baru tau, susu UHT itu tidak sama dengan susu bubuk, walaupun untuk susu UHT SGM Aktif adalah adaptasi dari susu bubuk sgm aktif, tapi lebih baik di konsumsi untuk keperluan praktis misal sedang berada di perjalanan. untuk dirumah sebaik nya tetap mengkonsumsi susu bubuk.

Bijak menggunakan Gadget untuk anak 

Wah, kalau sudah masalah gadget berat nih pembahasan nya. tapi sangat menarik untuk di simak, karena saya terus terang bukan orang tua yang melarang anak untuk menggunakan gadget. saya hanya membatasi anak menggunakan gadget, karena menurut saya anak itu kalau dilarang akan semakin penasaran karena mereka masih ditahap ingin tau. makanya saya hanya membatasi anak saja, selama anak saya tidak kecanduan game dan tontonan nya masih bisa saya pantau why not..

dan menurut psikolog anak Firesta Fariza yang sekaligus Direktur klinik psikologi anak mentari anakku, Selama gadget digunakan dengan bijak gak masalah. tapi sebaik nya durasi nya hanya 1 jam/hari untuk anak usia 2-6 tahun. dan untuk anak usia dibawah 1 tahun sebaik nya di hindari dulu yaa..

gimana bun pembahasan tentang gadget untuk anak ini ? sebenarnya panjang sekali pembahasan nya, tapi kalau saya tulis semua bakalan panjang juga. hahaha yang pasti akan ada suatu hal positif dari gadget kalau digunakan secara bijak

tapi tergantung dan kembali lagi ke bunda yaa...

Belajar membuat konten 

Ini juga pembahasan yang gak kalah menarik untuk influencer ya kann..

Pernah dengar gak tentang si doi yang membuka jasa konsultasi melalui telpon dengan biaya 100 ribu/ 5 menit ? hayoo siapa hayoo ? yappp...dia adalah Jonathan End, dia adalah konsultan di dunia digital yang sudah malang melintang di dunia social media dan menjadi sosok dibalik  layar konten startup unicorn Indonesia.

disini dia membuka pencerahan tentang konten, kita bisa menonjolkan apa pun yang kita bisa. yang suka masak yaa buat lah konten memasak, yang suka share tentang keluarga buat lah konten tersebut dengan menarik dari cara pengambilan foto nya dan caption nya juga harus menarik. 

ternyata untuk di dunia influencer itu hanya membutuhkan kesabaran, ide dan kreatifitas ya bun..saya mulai berfikir, bener juga kata mas joe nya sosial media itu gunakan sebaik-baik nya. contoh untuk bunda fluencer ini tugasnya untuk mengedukasi dan memberikan informasi bermanfaat tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak saja, mungkin dengan di amanahkan menjadi bunda fluencer sgm bisa membuat saya lebih me rem ke alay-an saya di sosial media. hahaha

Venydryana adalah salah satu selebgram yang patut dicontoh, kalau melihat postingan nya di instagram lebih banyak membagikan keseruan nya menjadi seorang istri dan ibu dari satu anak. yang menurut nya jujur terhadap diri sendiri itu harus, misalnya ketika dia sharing tentang anak nya yang susah makan dan apapun tentang kekurangan kita.

jadi, di sosmed itu gak harus pencitraan ya bund. tapi bagi sebagian kecil bunda lain nya mungkin berat dengan kejujuran. karena ada barisan ibu-ibu garis keras yang susah untuk diajak kompromi, dan saya salah satu yang takut diserang ibu-ibu perfectsionis tersebut. wkwkkw

💛💛💛

Di waktu yang teramat singkat itu, pasti banyak ilmu yang saya dapatkan. dengan harapan ketika pulang ke Banjarmasin nanti bisa saya terapkan ke keluarga kecil saya, terutama untuk mencukupi nutrisi anak-anak saya. dan tentu nya untuk dunia influencer saya juga agar menjadi lebih baik dan bisa bermanfaat untuk orang lain. hihihi

bagaimana bunda? adakah manfaat dan ilmu yang didapat dari tulisan saya kali ini ?
Isi Pesan Kamu

Sunday, April 14, 2019

Lip scrub Zoya Summer (Review)

April 14, 2019 0 Comments
Tertarik beli lip scrub Zoya ini karena apa hayoo? kalau aku tentu alasan nya karena packaging macaron yang lutu banget. mirip banget dengan macaron yang asli. alasan yang lain karena scrub bibir dirumah sudah abis sih jadi pengen nyoba merk Zoya ini

Ada yang sudah nyoba lip scrub nya belum ? yang belum simak tulisan ku sampai habis yaa...

Kemasan


 Kemasan baru nya di bungkus dengan kotak kecil transpart dan kotak nya ada motif polkadot gitu, untuk lip scrub summer ini macaron nya berwarna kuning


Untuk sisi tengah nya benar-benar mirip dengan macaron yang asli


Kemasan bungkusnya


dibagian depan ada keterangan varian lip scrub nya adalah Summer, dengan kode-kode yang aku berusaha untuk mengartikan nya kurang lebih seperti ini

Yang mirip dengan hurup "e" itu artinya : produk tersebut sudah sesuai dengan aturan atau regulasi yang dikeluarkan oleh Uni Eropa (EU) terkait dengan volume atau isi produk. Biasanya simbol ini ditempatkan setelah keterangan volume.  (sumber fimela.com)


dan untuk komposisi nya ada di bagian belakang.

Rawat kulit bibirmu agar lebih sehat dan cantik dengan scrub exfoliator beraroma manis dari Lip Scrub ZOYA Cosmetics. Mengelupas kulit mati di bibir dengan praktis, menutrisi dan menyamarkan garis halus, serta menjadikan warna bibir lebih cerah alami

Keterangan produk :

  • Menghadirkan aroma buah-buahan segar
  • Menghasilkan bibir lembut, kenyal dan lembab.
  • Tidak membuat bibir menjadi kering
  • Tidak mengandung Paraben dan Derifat Sulfat sehingga
    aman untuk bibir
  • Dapat digunakan setiap hari atau sebelum menggunakan
    lipstick, agar mengaplikasikan lipstick lebih halus dan
    merata.


baca juga : Felinz lip scrub #Cherrykiss (Review)

Lip Scrub Zoya ini, scrub nya kecil-kecil sebenarnya aku kurang tau butiran scrub nya terbuat dari apa, ini sih bukan yang terbuat dari gula karena warna nya merah dan ukuran nya kecil. untuk scrub ukuran segini gak ampuh untuk bibirku yang terlalu banyak sel kulit mati akibat menyukai lipstik yang matte. hehe makanya pakai lip scrub ini manfaat nya bagus banget untuk diri ku yang penyuka lipstik dengan hasil kering ini

baca juga : Lip Paint Zoya #ShadeGeranium (Review)

Untuk aroma nya jangan ditanya, wangiiii banget gemes pengen gigit...

Cara pemakaian 

Bersihkan bibir dari sisa lipstik, kalau kulit bibir mu termasuk yang sangat sensitif dan kering, oleskan pelembab bibir terlebih dulu. lalu oleskan lip scrub nya ke bibir, setelah itu gosok secara perlahan dengan arah memutar. Lalu bersihkan kembali bibir menggunakan tissu atau kapas


Review Produk

Seperti yang aku tulis diatas, untuk scrub kecil seperti ini gak terlalu ampuh di bibirku. sel kulit mati nya masih tersisa. Tapiii setelah menggunakan lip scrub zoya ini kulit bibir ku menjadi lembab, lembab nya bisa seharian penuh. hikssss keren abisss...jadi nya aku gak menggunakan pelembab bibir lagi selama efek lembab nya masih ada . hihii *jangan di tiru ya gaessss

baca juga : Lip Essence Zoya Cosmetic (Review)

Oh iya, Lip scrub Zoya ini bukan cuman Varian Summer looh..tapi ada 3 yaitu Zoya lip scrub sugar, Zoya lip scrub Matcha dan yang aku review kali ini adalah varian Summer.

Mungkin setiap varian mempunyai efek yang berbeda, aku kurang tau karena belum nyoba semua nya. mudah-mudahan dilain waktu bisa nyoba ya...untuk harga nya sekitar 50.000-an termasuk terjangkau lah ya...

Semoga Bermanfaat
Isi Pesan Kamu

Saturday, April 6, 2019

Tips dan Sharing Pengalaman Pertama Kali naik pesawat sendirian

April 06, 2019 2 Comments
sumber foto tabloid nova
Sebelum nya aku mikir, pengen nulis pengalaman pertama kali naik pesawat kok rasanya malu ya..hahaha berasa kampungan banget, Berawal dari curhat di sosial media yang waktu itu aku nulis seperti ini "Duh, Parno banget nih harus naik pesawat sendirian. karena memang belum pernah" ternyata banyak yang membaca status ku tersebut dan ternyata mereka minta aku menuliskan pengalaman ku tersebut. hahaha ku pikir ini hal yang gak penting untuk ku tulis.

Acara kick Off gathering Bunda fluencer SGM eksplor kemaren yang membuat ku terbang ke Jakarta dan naik pesawat lagi. yayyyy Alhamduliilah karena SGM yang sudah membuat ku akhirnya naik pesawat setelah didalam hati sering bergumam"kapan ya bisa naik pesawat" dan akhirnya Allah memberikan perantara lewat acara-acara yang diadakan SGM
Sebenarnya jujur, sebelum berangkat. aku sudah melihat tutorial "alah bahasa nya" untuk naik pesawat. karena aku benar-benar sudah lupa cara naik pesawat, sebelum nya pernah naik pesawat. tapi naik nya berempat. jadi aku lebih banyak ngikut teman-teman ku. ternyata gak bagus juga ya kalau gak nyimak orang, pas giliran harus naik pesawat sendirian mampus lah...

Karena ini adalah pertama kali nya aku naik pesawat sendirian, disamping was-was karena ninggalin anak ku yang masih ASI umur nya 9 bulan. pada saat itu perasaan nya juga campur aduk banget, dari senang langsung "rasa nya pengen cancel" mana pada saat itu anak ku sedang demam tinggi. sepanjang jalan menuju bandara anak ku banyak diam, kaya ngerti bakalan ditinggal satu hari oleh mama nya.

Sampai bandara Syamsuddin Noor berasa deg-degan banget, takut malu-malu-in . haha setelah memperlihatkan e-tiket dan KTP ku kepada petugas, perasaan kemaren didekat pintu masuk ada mesin X ray buat barang bawaan itu loh, aku nunggu bolak-balik barang ku mau dimasukin disitu gak sih, ternyata kata petugas bandara nya enggak usah. jadi lah aku langsung ke Loket Batik Air. 

Biar tulisan nya gak terlalu panjang dan semua yang membaca bisa ngerti, Berikut ini aku kasih tips dan cara naik pesawat untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat :

Perhatikan papan petunjuk yang ada di Bandara

Jangan sampai yang seharusnya ke Keberangkatan malah masuk ke kedatangan, gak lucu kan ? hehe

Tiket dan kartu identitas pasti nya sudah harus siapkan, 

karena ini penting banget. itu akan diperlukan untuk cek-in. jadi sebaik nya pisahkan tas untuk baju dan keperluan lain nya dengan tas untuk kita menaroh Hp, tiket dan Kartu identitas. maksudnya biar gak repot harus ubek-ubek tas lagi. 

Cek-in di loket sesuai maskapai dan harus beberapa jam dari jam keberangkatan

Jangan asal cek-in yaa..misal nya aku kemaren waktu berangkat ke Jakarta menggunakan Batik air, dan nanti diliat juga ada tulisan Batik air tujuan Jakarta berangkat jam sekian dengan kode sekian. setelah itu tunjukkan tiket dan KTP, kalau tiket nya berbentuk E-tiket. tinggal sodorin Handphone dan KTP, terus nanti ditanya "Barang nya mau di taroh di Bagasi atau kabin?" kalau masih sekitar kurang dari 7 kg mending taroh di Kabin aja yaa..jangan terlalu berat, nanti susah juga masukin ke kabin apalagi untuk aku yang badan nya kurang tinggi. hehe kalau pun harus dimasukan ke bagasi, cukup barang yang gak terlalu penting. untuk kamera, laptop dan yang menurut kamu berharga banget. masukkan ke tas yang terpisah yang sekira nya bisa kamu pegang selama dipesawat.

jika menggunakan E-tiket pastikan batre terisi penuh, menurutku gak ada salah nya untuk mencetak tiket untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti hp eror dan baterai drop

Waktu pulang ke Banjarmasin, aku menggunakan Garuda Indonesia dan kebetulan bandara nya Soekarno Hatta. jadi untuk tujuan Banjarmasin dengan maskapai garuda Indonesia masuk terminal 3 Domestik dan untuk cek-in masuk ke Gate 14, dan untuk ruangan tunggu no 15. sedangkan jika kamu menggunakan Lion air kalau gak salah masuk terminal 1

ada pengalaman lucu di Bandara ketika mau pulang Banjarmasin,  mungkin ini pengalaman lucu atau pengalaman konyol pertama kali naik pesawat. haha karena ini pertama kali nya aku ke bandara soekarno hatta. "eh sebenarnya gak pertama kali sih, dulu juga pernah waktu mau ke Yogjakarta kan dari Banjarmasin itu harus transit dulu ke Jakarta." karena aku benar-benar gak tau harus gimana, jadi aku liat di general cek-in Banjarmasin harus menuju ke nomor 14 dan aku masuk ke 13 ahaha.. aku tuh benar-benar gak bisa baca tiket. aku fikir loket Garuda Indonesia belum buka, ya udah santai wae..tapi hati kok gak enak yaa..jadi nya aku bertanya dengan petugas disana "Mas, saya kan mau ke Banjarmasin. kalau berdasarkan tiket ini saya berangkat jam berapa ya?" kata mas nya "ini mba nya berangkat jam 18.00 dan harusnya sudah cek-in tempat cek-in nya disini ya" oalaahh pantesan gak ada orang aku tuh nunggu nya di bagian belakang.Ya iya lah gak buka-buka loket nya. haha.

aku nunggu nya disini padahal yg benar loket Garuda Indonesia tepat di nomor 14 
waduhhhh...berarti waktunya sebentar lagi, sedangkan jam sudah menunjukkan pukul 17 an lewat. setelah mengucapkan terima kasih, aku buru-buru untuk ke loket Garuda Indonesia. waktu di loket pun aku masih nanya ke petugas yang jaga disekitar loket tersebut " Mas, saya mau ke Banjarmasin. udah bener belum yaa saya cek-in disini" kata mas nya, "iya mba, udah bener" ya sudah aku perlihatkan e-tiket di hp dan KTP ku dan aku disuruh masuk ruang tunggu 15.

padahal aku sudah diingatkan berangkat nya jam 18.00 loh oleh pihak SGM, tapi aku nya pada saat acara nya gak banyak pegang hp. hiksss

Drama belum selesai pemirsahhh...

Bingung nyari security cek point *atau apalah itu* aku sampai muter-muter dan akhirnya nanya lagi ke petugas. yang aku akhirnya diantar untuk melewati tahap tersebut. jadi lah naik ke atas dan turun lagi untuk mencari ruang tunggu 15 untuk Garuda Indonesia tujuan Banjarmasin, lari lah aku sampai nomor 10 dengan menenteng tas yang berat. dan ditanya sama mba-mba cleaning service. "Ibu mau kemana?" ku jawab "mau ke ruang tunggu 15" kata mba nya "15 kesana bu..." Duh aku berasa mau pingsan, gileeee jauh amat bayangkan Bandara Soekarno Hatta itu gedaaayyy alias besar banget ciinn..
Pastikan kamu berada di ruang Tunggu yang sudah ditentukan ya.. jangan asal 
Dengan kondisi yang ngos-ngosan dan takut ketinggalan pesawat, akhirnya ku lari-lari lagi mana pakai heels pulak dan akhirnya sampai lah di ruang tunggu nomor 15. fiuhhhh terus aku nanya lagi "ini benar kan untuk tujuan ke Banjarmasin, saya gak terlambat kan?" kata mba nya "belum bu..setengah jam lagi baru dibuka yaa" arghhhh akhirnya dan aku belum terlambat. begitu sampai di ruang tunggu rencana nya kan mau beli mainan buat anak. tapi udah ah gak mau lari-larian lagi. hahha

Jangan Malu untuk Bertanya

Malu bertanya sesat di Jalan itu benar adanya, apalagi ditempat yang kamu belum pernah datangi. contoh nya pengalaman ku di Bandara Soekarno Hatta kemaren, sebaiknya bertanya ke petugas Bandara ya bukan ke sesama penumpang. jangan ragu dan jangan malu, karena para petugas bandara akan senang hati menjawab dan mereka memang baik-baik kok orang nya dan pasti nya sangat ramah

atau misalnya enggak tau tempat duduk dipesawat karena bingung mencari nomor kursi, silahkan bertanya ke pramugari daripada salah duduk dikursi orang kan fatal mending kalau orang nya ramah. kalau galak kan susah..

Kalau sendirian, usahakan selalu fokus

yang aku maksud disini, kalau kita berangkat pesawat nya rame-rame kan misalnya kalau mau tidur dulu bisa minta salah satu untuk mendengarkan pengumuman, misalnya delay kah atau apapun itu. kalau kamu sendirian sebaik nya jangan sampai ketiduran atau jika mendengarkan musik menggunakan headseat atau earphone jangan terlalu keras karena kalau apes kamu bakal ketinggalan pengumuman penting.

Atur rasa Parno dan ketakutan dengan memanfaatkan fasilitas pesawat

Setelah banyak kejadian kecelakaan pesawat, tentu manusiawi jika ada rasa takut. aku juga begitu kok apalagi maskapai yang waktu aku berangkat kemaren kan maskapai yang kejadian itu, tapi ini bisa di bilang lebih eksklusif lah Batik air. dan ini adalah pengalaman pertama ku naik pesawat Batik air ini. aku sempat brosing fasilitas Batik air ini bakalan dapat makanan gak sih ? dan apakah tersedia semacam monitor untuk nonton film dan mendengar musik dan fasilitas lain nya? ternyata Iya. bagi ku pesawat yang mempunyai fasilitas untuk nonton dan dapat snack itu salah berguna untuk mengurangi ketegangan selama di atas pesawat tentu nya dibarengi dengan dzikir dan doa

Kalau dipesawat aku lebih memilih untuk melihat maps, untuk tau kita sudah berada dimana. sudah hampir sampai atau masih jauh. untuk fitur maps ini biasanya ada di monitor bagian pojok atas yaa..
Nonton film di pesawat Garuda

Untuk Garuda Indonesia pelayanan dan fasilitas hiburan nya jangan ditanya lagi, karena sudah pasti fasilitas nya super Oke. sebenarnya ini pengalaman ke 5 ku menggunakan Garuda Indonesia. untuk Garuda Indonesia jelas mendapatkan hidangan doongg mau itu kelas bisnis kek kelas ekonomi kek. seperti nya aku sudah pernah merasakan semua nya dari menu sarapan, makan siang sampai makan malam dan Kalau merasakan kedinginan kita bisa minta selimut ke pramugari nya ya..karena untuk garuda cukup dingin Ac nya padahal sudah diarahkan ke arah lain. wkwkwkk

Pakai Garuda Indonesia dan Batik Air juga karena tiket nya di Beli kan SGM Sari Husada, kalau enggak dibayarin mungkin juga bakalan mikir karena harga tiket nya yang mahal. ahahha
Begitu sampai tujuan, jangan lupakan Barang bawaan

Ini juga gak kalah penting, barang bawaan jangan sampai tertinggal didalam pesawat. jangan buru-buru turun pesawat kalau dirasa masih berdesak-desak kan, itu lah saat nya kamu memastikan barang bawaan sudah komplit atau belum.

kalau barang ada dibagasi, biasanya ada saja karena merasa senang sudah sampai tujuan atau melihat artis ehh barang bawaan malah tertinggal. begitu dapet foto "Eh, perasaan aku punya barang dibagasi deh" haha jangan sampai seperti itu yaa...
💛💛💛
Mungkin itu saja Tips dan juga pengalaman ku naik pesawat sendirian untuk pertama kali nya, dan tips ini juga bisa untuk yang sebelum nya belum pernah naik pesawat. semoga tulisan nya bermanfaat yaa...

Isi Pesan Kamu