Tuesday, August 21, 2018

# Tips Lifestyle

Berburu Kuliner Khas Belitung? Kamu Wajib Coba 5 Makanan Ini!

Semenjak kemunculan film Laskar Pelangi, kunjungan wisatawan ke Belitung mengalami peningkatan drastis. Apalagi, seiring dengan meningkatnya popularitas Belitung, banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh para pelancong. Untuk kamu yang mengaku sebagai petualang kuliner, mencicipi kuliner khas Belitung jadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan. 
Lalu, apa saja pilihan kuliner khas Belitung yang menarik untuk dicoba? Dari sekian banyak menu, ada 5 opsi makanan yang sayang untuk dilewatkan loh. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mengecek harga tiket pesawat promo Citilink ke Belitung di sini ya. Dijamin kamu akan semakin semangat deh untuk liburan kali ini.

Mie Atep Belitung

Source : dewningrum
Mie Atep Belitung jadi pilihan yang pertama. Kedai ini dikenal sebagai salah satu tempat kuliner legendaris di Kota Tanjung Pandan, Belitung. Keberadaannya bisa ditelusuri sejak 1973. Pada awalnya, Ny. Atep yang merupakan pemilik dari kedai hanya menjalankan usahanya di Belitung. Namun, saat ini cabangnya bisa ditemukan di Tangerang. 
Kuliner mi di sini begitu spesial, dengan perpaduan antara mi kuning, taoge, potongan kentang rebus yang kemudian disiram dengan kuah berwarna kecokelatan. Sebagai pelengkap, Mie Atep Belitung disajikan dengan seekor udang utuh pada bagian atas. Menariknya lagi, setiap penyajian yang dilakukan di tempat ini dilakukan dalam kondisi segar. Makanan mulai dimasak ketika ada pemesan.

Rujak Tahu

Source : cookpad
Pilihan makanan khas berikutnya adalah rujak tahu, yang memiliki kemiripan dengan rujak tahu di Palembang. Rujak tahu di Belitung memiliki perpaduan rasa yang unik, antara manis, asin, serta pedas. Dalam penyajiannya, rujak tahu biasa dibuat dengan perpaduan tahu goreng, mie, serta irisan mentimun yang kemudian disiram dengan kuah. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyantap kuliner ini bersama dengan es jeruk kunci.

Nasi Gemok

Source : mytrip
Kalau di Jogja ada nasi kucing, maka di Belitung ada nasi gemok. Kuliner murah meriah ini disajikan dengan daun pohon simpor dengan lauk ikan bebulus. Selanjutnya, nasi dan lauk disiram dengan kuah yang rasanya perpaduan antara gurih dan asam.

Gangan Ikan

Source : ayousaha
Gangan ikan merupakan kuliner khas Belitung yang berupa sup dengan warna kuning. Biasanya, ikan yang digunakan pada masakan ini di antaranya adalah ikan tenggiri, ikan ketarap, dan ikan laut lainnya. Dalam proses pembuatannya, gangan ikan menggunakan bahan buah nanas, terasi, lengkuas, dan beragam rempah-rempah. Kalau kamu tak suka dengan lauk ikan, ada pula versi gangan yang dibuat dengan daging sapi ataupun daging hewan darat lain.

Kopi

Source : mytrip
Belitung memiliki julukan sebagai Negeri 1001 Warung Kopi. Oleh karena itu, tak lengkap kalau liburan ke Belitung tanpa mencicipi kopi. Pilihan warung kopi yang terkenal ada 2, yaitu Kong Djie dan Ake. Kedua warung tersebut sama-sama dikenal sebagai warung kopi legendaris. Kong Djie telah ada sejak tahun 1943. Sementara itu, sejarah Warung Kopi Ake bisa ditelusuri hingga tahun 1922. 
Itulah 5 pilihan kuliner khas Belitung yang bisa Anda coba selagi berkeliling ke negeri Laskar Pelangi. Buat Anda yang ingin berlibur ke Belitung, sekarang caranya bisa lebih mudah. Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Belitung melayani rute penerbangan dari berbagai kota, termasuk di antaranya adalah Palembang, Batam, dan Jakarta.
Untuk melakukan pemesanan tiket pesawat ke Belitung juga bisa kamu lakukan dengan mudah melalui layanan Airy. Caranya, kamu bisa mengunjungi website atau aplikasi Airy yang terdapat di android dan iOS. Nah disana kamu dapat mengetahui berbagai maskapai yang melayani penerbangan ke Belitung. Kamu tinggal pilih maskapai yang sesuai bujet dan ditambah dengan promo menarik dari Airy. Asyik, deh!

2 comments:

  1. Ngliat rujak tahu kok aku membayangkan pempek ya mbak hahahaha #laperparah nih


    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  2. Gangan ikan bahasanya kaya kita ya mba, hihi. Rujak tahu tu kuahnya apa ya? Mirip sekali sama pempek deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.