26 October 2020

Cantik Itu Tidak Harus Putih,

Pernah gak sih merasa gak pede dengan warna kulit? belum lagi ada yang main banding-banding kan antara kulit putih dan sawo matang yang lagi jalan bareng eh di katain Kopi susu. nyesek loh...walaupun bercanda, please itu gak lucu !
Cantik tidak harus putih

kita itu diciptakan beragam, tinggal kita yang berusaha untuk bersyukur. tapi faktor lingkungan juga sangat berperan untuk membuat seorang yang terlahir dengan warna kulit yang gelap / sawo matang menjadi tidak kecil hati. itu salah satu ilmu yang aku dapatkan waktu ikutan hadir di Webinar dengan tema STOP KOSMETIK BERMERKURI "Akhiri Obsesi Putih dalam Sekejap, bangga dengan warna kulit mu" bareng BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 kemarin.

Webinar Stok Kosmetik Bermercuri

Kita yang berada di iklim tropis memang wajar jika mempunyai warna kulit yang coklat. hanya saja, mungkin karena itu lah. emph maksudnya dengan lingkungan yang lebih banyak orang-orang berkulit coklat, dan jarang yang berkulit putih. itulah kenapa orang yang berkulit putih di bilang cantik, padahal definisi cantik bukan diliat dari warna kulit saja. maksud loh kalau gak putih arti nya gak cantik getoh? *Emosi kan hamba. wkwkwk

Menurut Rayi RAN , dengan sudut pandang sebagai laki-laki. definisi cantik menurut dia fokus kepada talend, kalau diajak ngobrol nyambung, menurut nya mungkin dari pada fokus untuk mempercantik diri untuk penampilan alangkah baik nya untuk dalam diri juga. karena untuk mencari seorang pasangan hidup, cantik itu bisa pudar tapi untuk pasangan yang di ajak ngomong nyambung (inner beauty) itu yang  gak akan pudar sampai kapan pun.

Wow, kalau semua laki-laki pola fikir nya seperti itu keren loh. hihi...
 
Di dunia intertaint itu yang berkulit putih selalu menjadi nomor satu. tapi itu dulu, sekarang dunia industri semakin berevolusi. yang mereka membutuhkan sesuatu yang Real, untuk produk juga mereka membutuhkan talend yang beragam. jadi inti nya wanita atau pun public figure yang berkulit sawo matang itu juga butuh support industri. yang mereka bisa membuka diri atau pun memberi kesempatan bukan hanya untuk yang berkulit putih, tapi warna kulit beragam lain nya juga diberi kesempatan yang sama. peran mereka juga membangkitkan rasa kepercayaan diri untuk mereka yang berkulit sawo matang, ujar Asmara Abigail selaku public figure/actress 

Ragam warna kulit, Sumber google

Standar kecantikan di setiap negara itu ternyata berbeda-beda ya gaes, kita yang di Indonesia dengan iklim tropis. pengen punya kulit putih, sedangkan di luar negeri seperti Belanda dll nya malah mendambakan kulit sawo matang. mereka berlomba-lomba merawat kecantikan ke Salon dan sebagai nya hanya untuk menggelapkan warna kulit (Tanning), Ehh kebalik ya gaes. kita pengen putih, mereka malah pengen gelap. hihihi...

Bahkan Asmara Abigail yang sempat kuliah di Italy mengatakan, menurut orang sana Kulit yang berwarna sawo matang itu malah di sangka orang kaya yang bisa liburan. karena mereka sangat menikmati Summer, maksud nya kalau kulit gelap di luar Summer menurut mereka orang tersebut banyak uang untuk melakukan liburan di negara yang summer.

Memang tidak bisa dipungkiri ada saja perempuan yang minder dengan warna kulit, tidak munafik aku pun salah satu diantara nya pernah terjebak menggunakan cream abal-abal, berlabel kan cream dokter. yang Oke membuat kulit wajah putih. tapi efek nya sangat buruk untuk kulit, yang membuat merah jika terkena matahari. tapi itu dulu, jauh banget sebelum aku tahu ada nya merkuri. 

Stop Kosmetik bermercuri

Merkuri sangat di larang di Indonesia, jadi walaupun diluar sana masih banyak produk kosmetik bermercuri yang beredar. tinggal kita nya saja yang bisa untuk memilih dan berani untuk bilang tidak, karena kandungan mercuri sangat berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan. 

Peraturan Presiden No. 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri di berbagai sektor kehidupan. ada alternatif lain selain merkuri yang tidak toxic atau berbahaya dengan bahan baku alam. masyarakat harus memilih produk kosmetik yang sudah tersedia di pasaran, dan tentu nya juga harus ada ijin edar dari BPOM.

Selain mengedukasi masyarakat dan bermintra dengan sektor-sektor untuk mengganti pengganti mercuri, harapan Ibu DR. Penny K. Lukito selaku kepala Badan POM RI, BPOM juga harus nya menyiarkan item-item list brand yang ditemukan ada kandungan bermercuri untuk memberikan efek jera pada pelaku usaha.

🌸🌸🌸🌸🌸

Kembali membahas, Peran keluarga atau orang tua untuk mengapresiasi katakan lah misal nya anak yang mempungai kulit sawo matang. ternyata juga penting banget. sehingga mereka tidak perlu melihat sesuatu yang tidak ada pada mereka. ujar Annisa Widyaningrum (psikolog/ifluencer) 

Kulit manusia terbagi menjadi 6, yang semua nya dipengaruhi juga oleh genetik. yang arti nya jika didalam keluarga tidak ada berkulit putih, berarti itu tidak bisa dirubah. didalam tubuh ada sel Melanosit (sel penghasil pegmen) dan melanin juga terbagi dua Pheomelanin yang lebih mendominasi kulit berwarna terang. dan Eumelanin yang mendominasi pada kulit berwarna gelap

menurut Dr.Listya Paramita, Spkk . Warna kulit juga dipengaruhi oleh iklim di suatu tempat. untuk kita yang berada di iklim tropis, dengan matahari yang berlimpah ruah. kulit gelap itu fungsi nya untuk proteksi semacam Spf alami yang melindungi kulit kita dari kerusakan yang ditimbulkan oleh matahari. jika dibandingkan Kasus kanker kulit antara iklim tropis dengan negara empat musim. lebih tinggi kasus nya di negara empat musim, 

Memang ya, gak nyesel aku ikutan webinar ini. walaupun durasi nya 2 jam setengah, tapi gak ngebosanin sama sekali. yang fikiran ku berasa terbuka, untuk mensyukuri apapun warna kulit kita, karena kita sebagai manusia itu diciptakan beragam. tugas kita hanya merawat, bersyukur bukan juga harus pasrah. kita tetap harus merawat, mula sekarang stop untuk mendefinisikan "Cantik itu putih" dan terobsesi dengan kulit putih, apalagi nekat untuk melakukan yang berbahaya untuk tubuh. contoh nya jangan sampai menggunakan produk yang ada merkuri nya, 

Mungkin, aku akan sedikit menjelaskan ciri-ciri produk kosmetik yang ada merkuri nya ialah : 

  • Tidak memiliki label BPOM
  • Memberikan efek yang sangat cepat, khususnya pada produk anti-aging dan krim pemutih
  • Memiliki warna abu-abu atau krem
  • Pada petunjuk penggunaan, tertulis untuk menghindari kontak dengan perak, emas, karet, alumunium, dan perhiasan
  • Mengeluarkan aroma yang relatif menyengat

Dan ciri-ciri jika kulit kamu terpapar merkuri ialah : 
  • Muncul ruam kemerahan
  • Mengalami perubahan warna kulit yang sangat cepat dan berbeda dari warna kulit dasar
  • Terbentuk jaringan parut
  • Wajah terasa gatal dan perih
  • Kulit mudah terkelupas
  • Sangat rentan terkena infeksi bakteri maupun jamur
(sumber: Klik dokter) 

CekKLIK 

Agar terhindar dari produk bermercuri atau produk kosmetik yang aman penting sekali untuk memperhatikan hal berikut ini atau dalam BPOM di sebut CEKKLIK

  • Cek Kemasan(harus dalam keadaan baik)
  • Cek Label (baca informasi produk pada label)
  • Cek ijin edar ( apakah ada ijin edar)
  • Cek Kedaluwasa (cek masa kadaluwarsa)

Mulai sekarang harus hati-hati ya untuk memilih kosmetik, sekarang sudah banyak produk lokal yang berbahan dasar alami untuk mencerahkan kulit seperti Pepaya dan bengkoang yang sudah diciptakan dari alam. mending cerah bertahap tapi alami daripada bermerkuri putih cepat tapi bahaya buat tubuh. kan? 

Ingat. dari sekarang jangan berkecil hati ataupun minder dengan warna kulit, mau kulit putih ataupun gelap akan terlihat cantik kalau di rawat dan sehat. peran lingkungan dan media juga penting banget untuk mengedukasi bahaya nya merkuri dan cantik itu beragam .

Semoga Bermanfaat :) 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)