Tuesday, June 11, 2019

Cara mudah Belajar di jaman Now (Ruang Guru)


Assalamualaikum…



Hallo semua nya, Sebagai orang kampung. Tentu aku sudah pernah merasakan enak dan gak enak nya berada di sebuah kabupaten, Di daerah ku mengalami yang nama nya serba terlambat, dari segi apa? Dari segi pembangunan, ekonomi dan pendidikan. Beruntung nya, tempat ku tinggal masih di pusat kota Barabai (fyi, Barabai itu sekitar 4 jam perjalanan dari Banjarmasin) jadi aku gak mengalami serba kesulitan yang cukup menyebalkan.
Semangat dan Perjuangan anak Meratus menuju sekolah, Sumber foto : Banjarmasin post
Misalnya, untuk ke sekolah gak terlalu jauh dari rumah ku. Beda dengan teman-teman ku ada yang dari Balangan, Batang Alai, dan daerah atas lain nya mereka harus naik taksi atau sepeda motor untuk berangkat sekolah. Wah ingat jaman sekolah dulu rasanya Haru banget, jiwa semangat untuk belajar luar biasa soal nya.

Kenapa mereka harus jauh-jauh sekolah dari rumah mereka ? karena mereka ingin mendapatkan ilmu /pendidikan yang lebih baik. Walaupun bukan berarti dikampung mereka pendidikan nya kurang bagus ya, yah.. tapi..Dari 50 responden yang mengikuti survei, mengatakan bahwa sistem pendidikan di Indonesia saat ini sudah baik, namun masih banyak kekurangan seperti tidak meratanya sekolah di daerah tertentu, kurangnya sarana prasarana yang disediakan di daerah tertentu, tenaga pendidik yang kurang kompeten, dan masih kurang optimalnya sistem yang dipakai di Indonesia.(sumber: balipost)

Kesadaran akan penting nya pendidikan yang nanti nya tujuan selanjutnya tentu untuk mencari kerja yang membuat teman-teman saya memilih sekolah jauh dari rumah mereka, karena di tempat saya sarana prasarana nya lebih oke. Walaupun tetap gak sama dengan kota besar lain nya, 

Beda dengan dikota seperti Banjarmasin yang pendidikan nya lebih maju, dan untuk lebih optimal belajarnya. banyak orang tua yang lebih memilih memasukkan anak nya ke tempat les.  ditempat kami, waktu itu untuk Les sangat jarang dan juga mahal. Karena itu sangat sedikit orang tua yang mau dan paham akan penting nya pelajaran tambahan di luar sekolah, contoh nya saya yang waktu itu adik-adik masih kecil yang membuat orang tua saya gak bisa membiyayai saya untuk Les.

Setelah berjalan 10 tahun, sekarang saya sudah lulus kuliah dan mempunyai anak. Kok yaa sekarang jaman makin maju, sekarang gak harus keluar rumah dan dengan biaya murah sudah bisa les. Salah satu nya dengan belajar lewat internet, bimbel online yang saya tau adalah Ruang Guru yang memudahkan proses belajar adalah karena Ruang guru ini bisa diaskes melalui PC dan Handphone (Android dan ios) dan kurikulum di sini juga kurikulum yang berlaku di Indonesia dari k13, K13, revisi dan KTSP. Jadi jelas banget, kalau ruang guru bukan bimle abal-abal yaa.


Tampilan ruang belajar for desktop setelah di install


Tapi, jika ingin meng akses Ruang guru di Handphone sebaik nya download dulu aplikasi nya. Cara nya tinggal buka di Play store atau app store klik Ruang guru, atau jika ingin lewat PC tinggal cari menu Ruang belajar for desktop. kalau udah tinggal registrasi dan pilih jenjang pendidikan. Misalnya pilih jenjang SD, jadi yang kita dapatkan ya seputar pelajaran SD, Karena tampilan nya yang enak dilihat, maksudnya setiap konten nya disajikan secara menarik dan cara belajar yang menyenangkan dengan animasi-animasi . saya jamin anak-anak akan lebih mudah menangkap pelajaran. Atau yang takut terkendala jaringan, jangan takut! ketika sudah berada di tempat yang jaringan nya stabil. Buruan deh download video belajar nya karena bisa di Save di SD-Card loh..dan pastikan sudah berlangganan di ruang guru, karena jika tidak video akan terkunci. 

Segala kemudahan dijaman sekarang, sebaik nya membuat kita semakin rajin untuk belajar dan gak ada alasan lagi “aku anak kampung makanya jadi tertinggal” dengan memanfaatkan gadget dan kouta internet sekarang belajar menjadi lebih mudah. Dengan semangat belajar, apapun mimpi mu akan tercapai, tetap semangat untuk belajar yaa..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.