Sharing Pengalaman) Mengatasi Kulit Anak Yang Dermatitis Dengan Menggunakan Atopiclair

Assalamualaikum…

Sebagai ibu dari tiga anak, sangat paham dengan masalah kulit pada anak karena setiap anak itu berbeda-beda ada yang kuat dengan paparan zat apapun dan ada yang kulit nya sangat sensitif. 




Awalnya anakku itu baru ketahuan alergi susu sapi, ternyata selain itu kulitnya juga sensitif banget yang mengharuskan aku harus membeli produk-produk yang hypoallergenic. Kalau sudah salah pilih produk, masalah baru yang muncul adalah kulit anakku bakalan muncul ruam, gatal dan kemerahan.

Ternyata keluhan dengan masalah kulit ruam, gatal dan kemerahan itu termasuk Dermatitis Atopik (Eksim) Biasanya pemicu dari dermatitis atopik adalah penggunaan sabun ataupun deterjen

Mungkin moms yang mampir di tulisan ku kali ini sedang mengalami kebingungan dengan kondisi kulit anak yang sensitif kah? Nah, kali ini aku bakalan share caraku menangani kulit sensitif pada anak dan rekomendasi produk untuk mengatasi dermatitis yang bisa moms coba sebagai ikhtiar.


Sejak kapan anak ketahuan punya masalah Dermatitis?


Dimulai saat bayi, aku merasa anakku ini kok beda ya dari anak orang pada umumnya yang bisa bebas pakai produk ataupun merk popok yang orang lain bisa pakai kok dia ruam, fikirku "ah, karena gak cocok aja" setelah itu masalah lain juga muncul bayiku ini terlihat kurus dan diarenya gak sembuh-sembuh sampai akhirnya naluri seorang ibulah yang menuntun aku untuk "ayo, kita periksa ke dokter" benar saja ternyata anakku alergi susu sapi.


Apakah setelah mengetahui anakku alergi susu sapi hatiku menjadi lega? Tidak, ternyata karena efek dari alergi susu sapi itu membuat kulit anak ku juga lebih sensitif. Pokoknya kalau alergi nya kambuh kulitnya tuh jadi ruam kemerahan dan gatal


Setelah aku cari tau, ternyata memang ada kaitan nya alergi susu sapi dengan dermatitis atopik ini. Jadi memang alergi susu sapi itu akan berkurang ketika anak sudah di usia satu tahun ke atas, itu sih berdasarkan pengalamanku ya


Bagaimana mencegah dan mengobati dermatitis Atopik pada anak?


Dermatitis atopik adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan dan anak. Kelainan kulit berupa bintil-bintil kemerahan, gatal, yang kemudian bila berlangsung lama (kronik), kulit menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman. Daerah yang terkena biasanya di kedua pipi, lekuk siku dan lekuk lutut. (Sumber:website IDAI)


Jadi berikut hal yang bisa moms lakukan untuk mencegah anak terkena dermatitis :


  • Memilih produk yang terdapat keterangan "Hypoallergenic" 


Hypoallergenic dalam istilah kosmetik adalah produk yang teruji tidak menimbulkan reaksi alergi yang produk tersebut tidak mengandung pewarna, deterjen ataupun pewangi


Biasanya di Pada setiap kemasan produk terdapat keterangan hypoallergenic jadi moms tidak harus bingung, tinggal moms saja yang harus teliti sebelum membeli.


Memang biasanya produk yang khusus untuk kulit sensitif itu harganya lebih mahal dari produk biasa, tapi demi kesehatan anak kan gak masalah ya moms.


  • Memilih jenis kain yang tepat


Salah memilih bahan pakaian juga membuat kulit iritasi pada kulit sensitif loh! Jadi sebaiknya pilih lah jenis kain yang mudah menyerap keringat seperti katun, cotton combed, bamboo dan linen.


Jika kulit sensitif hindari jenis kain wol dan polyester kenapa? Karena ada beberapa jenis kain wol yang malah membuat reaksi alergi. Karena debu juga mudah menempel di kain wol sintesis sedangkan Pakaian polyester mengandung bahan kimia yang bisa mengakibatkan masalah hormon dan alergi kulit. Bahan kimia lain yang digunakan selama proses produksi juga berbahaya bagi kesehatan.


  • Selalu gunakan pelembab


Pelembab merupakan salah satu penolong untuk mencegah dan mengobati dermatitis atopik, karena fungsi pelembab adalah untuk menjaga skin barrier. Kalau skin barrier terjaga kulit yang terlanjur mengalami dermatitis atopik akan lebih tenang dan bisa mengurangi keluhan gatal ataupun ruam tersebut.


Rekomendasi produk untuk mengatasi dermatitis atopik pada anak atau bisa digunakan untuk semua umur?


Aku sangat paham kenapa ibu-ibu mencari produk yang bisa dipakai untuk keluarga, karena kalau klaim produk nya bisa digunakan semua umur berarti bisa dipastikan terbuat dari bahan yang minim resiko dan tentu nya juga lebih hemat dong. Hehe gak perlu beli produk yang sesuai umur, itu sangat merepotkan dan boros.



Rekomendasi produk dari aku, moms coba beli Atopiclair deh karena Atopiclair ini penjinak monster gatal akibat dermatitis atopik, teksturnya lotion yang ringan di kulit. Produk ini juga bisa mengurangi gatal lebih cepat setelah 3 menit pemakaian.



Atopiclair terdapat kandungan Hyaluronic acid, shea butter, vitis vinifera, talmeistine, glycyrrhetinic acid yang 

bermanfaat untuk melembabkan, menghidrasi, mengembalikan kesehatan skin barrier, mengurangi gatal dan burning pada kulit.


Atopiclair merupakan terapi non-steroid, yang dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau sebagai kombinasi dengan topical lain, tidak ada batasan durasi pemakaian jadi bisa dipakai berulang ketika gatal nya kambuh atau sebagai perawatan untuk mencegah kekambuhan.


Apakah Atopiclair bisa untuk wajah?



Jawabannya iya, Atopiclair bisa digunakan ke seluruh tubuh termasuk wajah. Untuk aku yang dewasa, Atopiclair juga bisa digunakan untuk wajahku yang sensitif, ketika aku salah menggunakan produk biasanya kulit wajahku akan terasa gatal dan mengelupas, produk ini bisa mengatasi masalah tersebut.


Berapa Dan Bisa dibeli dimana?


Harga Atopiclair sekitar Rp. 240.000'an pertube untuk ukuran 40ml, sedangkan untuk Atopiclair lotion ukuran 120 ml harganya sekitar Rp.330.000'an (Harga berbeda di setiap daerah dan tempat pembelian)


Atopiclair bisa dibeli di online maupun offline, bisa di apotik ataupun di ecommerce official store


Benar kata orang, pengalaman adalah guru terbaik. Dulu punya anak yang mempunyai riwayat kulit sensitif rasanya minder karena merasa anakku kok beda dari yang lain, agak repot dan itu mengharuskan aku untuk lebih pelit ketika orang mau dekat dengan anakku, karena jika anak sakit yang repot kan kita juga ya.


Tapi dari pengalaman tersebut, aku bisa sharing tentang pengalaman ku dengan anak yang mempunyai masalah kulit dermatitis disini. Semoga membantu moms yang sedang kebingungan harus mencari tahu tentang masalah ini ya.


Posting Komentar

0 Komentar