Saturday, June 15, 2019

Sama-sama berfungsi untuk menutup aurat, tapi Pasmina, khimar dan bergo itu Beda !

Assalamualaikum...

Hijab Dalam bahasa arab artinya penghalang, dan sekarang sudah banyak yang mulai hijrah untuk berhijab. karena, sekarang hijab sudah bukan hal yang dianggap Kono. walaupun sebenarnya, Dalam islam berhijab hukum nya wajib. tapi bagi sebagian orang masih berat menggunakan hijab karena ya itu tadi, tidak ingin terlihat kono. Sekarang, dengan berbagai model dan jenis hijab. Para hijaber akan tetap terlihat Cantik.

Tapi, bagi sebagian orang. apalagi yang baru memulai untuk berhijab mereka sering kebingungan mendengar berbagai nama hijab bahkan semua nya disebut hijab. padahal antara hijab, bergo dan Khimar dll nya itu beda nama nya dan juga beda bentuk nya . hayoooo baru tau ? baru dengar atau sudah pernah mendengar tapi masih bingung ?

Biar gak bingung, simak tulisan ku sampai habis yuukk..

Pasmina

sumber: fitline.com
Pasmina mempunyai panjang sekitar 200x75 cm atau sekitar 125x200'an. dan pasmina sebenarnya mirip dengan selendang. menurut ku, untuk menggunakan pasmina ini memerlukan keahlian khusus. jika tidak, mungkin ketika dipakai akan terlihat aneh. dulu, sekitar tahun 2010'an banyak sekali tutorial pasmina. walaupun sudah menonton tutorial nya berkali-kali kalau gak ahli juga tetap gak akan bisa mengikuti nya. 

Tren pasmina sekarang sudah maju, kalau gak mau ribet sekarang sudah ada pasmina instan yang tinggal slup kan ke kepala. lebih mudah dan tentu lebih hemat waktu. contoh pasmina instan ada pada foto dibawah ini,

dokumen Pribadi

Hijab segitiga dan segiempat

sumber : bukalapak
Yang lebih umum di dengar adalah hijab segiempat dan segitiga yaa. karena waktu sekolah pun yang digunakan adalah 2 jenis ini. kan ?

Biasanya model pemakaian nya juga simple banget, hijab segi empat dilipat menjadi berbentuk segitiga atau bisa juga tinggal dilipat 2. karena untuk segiempat ini juga bisa di kreasikan kok,

Seperti foto dibawah ini, hijab segi empat nya ku lipat membentuk segitiga.
dokumen pribadi
dan yang dibawah ini, sebenarnya cara pemakaian nya sama seperti model hijab segiempat di atas. hanya saja foto diatas aku menggunakan bros ring, sedangkan foto dibawah aku menggunakan bros atau kalau gak punya kalian bisa menggunakan jarum pentol 
Cara pakai hijab yang menutupi dada ini,
  •  Lipat hijab segiempat menjadi segitiga
  • lalu hijab nya pasang ke kepala, dengan satu sisi lebih panjang dan satu sisi lebih pendek.
  • pasang peniti didagu
  • bagian panjang hijab tarik kesebelah sisi yang pendek tadi, lalu pasang kan bros atau jarum pentol
mudah kan ?

Hijab segiempat menutupi dada
Bergo

Bergo adalah hijab instan yang sangat praktis, bergo ada dua pilihan. ada yang menggunakan pet dan non Pet, dan pet antem (Anti Tembem) bergo ini sangat cocok digunakan untuk sehari-hari, biasanya ibu-ibu seperti ku sangat menyukai si bergo ini.


Bergo Syari


Kalau aku, jujur gak terlalu menyukai jenis bergo apalagi yang Pet nya bukan antem. bukan apa-apa, karena untuk wajah ku menggunakan Bergo malah terlihat lebih tua. tapi jika bergo nya dengan Pet antem masih bisa lah yaa..hehe tapi ya itu tadi, kalau untuk sekedar keluar rumah sebentar, aku tetap menyukai Bergo

Ada lagi jenis bergo yang banyak diminati, yaitu bergo lengan. sesuai nama nya, di sisi bergo ini ada lengan nya. jadi, kalau misalnya di dalam rumah sedang menggunakan baju tanpa lengan atau baju lengan pendek. lalu Kurir paket datang, tinggal gunakan bergo ini jadi tangan kita tetap tertutupi hijab.

Bergo Lengan

Khimar

Khimar, atau dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah Khumur, adalah kain yang menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala hingga seluruh dada tertutupi (sumber google)

Khimar kurang lebih sama dengan Bergo, tapi jenis kain khimar kebanyakan adalah Sifon, hicon dan Ceruti dan wolfis.

Contoh Khimar, dokumen pribadi : foto waktu hamil anak kedua

Itu lah kira-kira berbagai nama hijab, sebenarnya masih ada beberapa jenis hijab lagi. tapi yang lebih banyak digunakan adalah yang aku terangkan diatas tadi, walau pun sebenarnya intinya adalah Hijab fungsi nya untuk menutupi aurat, tapi gak ada salah nya kan untuk mengikuti trend sekarang dan tau nama jenis hijab. agar kalau beli, gak salah beli karena beda nama juga beda wujud nya *ya ilah wujud* , hehe...semoga tulisan ku kali ini bermanfaat untuk kamu yang belum tau nama dan jenis hijab.


17 comments:

  1. Kalau kerudung? Sepertinya masuk ke semua kategori ya. Sama-sama berfungsi menutup kepala. Dari beberapa jenis penutup kepala di atas, aku paling suka pakai kerudng segi empat. Hehe. Yang lain belum terbiasa dan kurang pede.

    ReplyDelete
  2. Kebantu banget ini informasi mengenai hijab, sebagai muslimah sudah menjadi kewajiban kita dalam menutupi aurat kita ya mbak. Karena sudah menjadi ibu dari 2 orang anak, pengennya tu yang simple-simple alias saya pake bergo untuk keseharian di rumah maupun diluar rumah.

    ReplyDelete
  3. aku paling suka sama yang segi empat. hehehe
    tapi kadang aku suka yang pasmina juga kalo pas pengen tampil feminin >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya yg segitiga tinggal pakai jarum, udah dehhh praktis

      Delete
  4. cuma pasmina yang aku nggak pernah beli, menurutku agak ribeut makenya. jadi yang biasanya kupake ya yg segiempat & segitiga atau yg instan sekalian.

    ReplyDelete
  5. aku kalau pergi kerumah team kerudung segi empat, kalau dirumah jadi team kerudung beculup hehe

    ReplyDelete
  6. Semuanya cantik-cantik di pakai sama mba dina :D Tapi kayanya memang lebih enak yg langsung srusup ya mba biar hemat waktu, aplg misal emak2 sibuk yg buat dandan aja g ad waktu hehe

    ReplyDelete
  7. aku memakai jilbab rasanya ku sesuaikan dengan bentuk muka. soalnya kalo pakai khimar jadi terlihat lebih lonjong dan kalo pake bergo itu aku kacamataan jadi suka ganggu.
    so, paling sering ya segiempat haha


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  8. Mba dina pake yang mana aja kayakayanya cantik aja deh, pinter milih yg sesuai wajah

    ReplyDelete
  9. Wah bermanfaat sekali mba dina ini, aku paling hapal sama jenis pashmina. Kalau yang bergo itu aku baru tau secara rinci setelah baca postingan ini hahhaha

    Iya sih ya enak kalau bergo yang pakai lengan itu, apalagi kalau tiba-tiba ada kurir. Wah jadinya harus cepat cepat.

    ReplyDelete
  10. Aku lebih suka pakai khimar, berasa ketutup semuanga hihi. Tpi lebih tepatnya jarang sih ya. Kalo lgi males pakai pasmina langsung ambil khimar biar simpel .

    Kalo bergo.itu enaknya pakai bju lengan pendek mau keluar rumah langsung pakai bisa jalan deh. Eenak gitu punya lengan itu bergo

    ReplyDelete
  11. Aku masih setia di tim kerudung segiempat. Hehe. Pakai pashmina nggak pernah jago dan kalau pakai bergo berasa ibu-ibu banget. Heu

    ReplyDelete
  12. Aku sejauh ini cuma bisa pake jilbab segitiga sih yang lainnya asli aku merasa masih susah sih dan yang pashmina kadang-kadang bingung harus make kek gimana. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.