27 November 2020

Kenapa ibu-ibu sering mengalami Sariawan? dan begini cara mengobati nya.

November 27, 2020 2



Assalamualaikum,


Aku orang yang jarang banget mengalami sariawan, mungkin bertahun-tahun sekali baru pernah mengalami nya. tapi, semenjak jadi seorang ibu. entah kenapa jadi lebih sering terkena sariawan, eleh rasa nya seperti menjadi iron man #ehh. tentu rasanya nano-nano, kira-kira apa ya penyebab ibu-ibu lebih rentan terkena sariawan?


Sebelum nya, kita harus tau dong Sariawan itu apa sih? Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Nyeri dapat dirasakan pada pipi, gusi, bagian dalam bibir, atau lidah. walaupun sariawan umum nya akan sembuh dalam 7 - 14 hari. 


sumber Google

Nah, lalu kira-kira apa penyebab ibu-ibu lebih rentan terkena sariawan? berikut penjelasan nya :


Stress


Faktor yang satu ini akan banyak sekali menimbulkan penyakit ringan maupun berat ya moms, jadi kalau bisa sih dihindari. karena pada saat stress penyakit akan mudah mampir, salah satu nya sariawan. 


apalagi jika moms merasa sudah mengkonsumi makanan yang bergizi tapi kok sariawan nya gak sembuh-sembuh. Nah bisa jadi moms menderita 

Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS) atau sariawan berulang. yang terjadi karena stress Akut.


Daya tahan tubuh pada saat stress akan mudah menurun, itulah sebab nya kenapa stress juga mengambil peran membuat sariawan. kadang stress yang dialami ibu-ibu adalah mengalami fase lelah dengan rutinitas pekerjaan rumah ditambah lagi jika mempunyai anak kecil yang membuat kita agak sulit untuk beristirahat, ketika kelelahan dan tidak bisa banyak beristirahat lah yang membuat stress.


stres tidak menyebabkan penyakit sariawan secara langsung, stres dapat memicu timbulnya sariawan karena akan mengangguan kekebalan tubuh yang menyebabkan sariawan. 


Makanan yang di konsumsi


Makanan juga bisa memicu sariawan loh moms, contoh nya makanan pedas dan makanan panas. Walaupun sebenar nya kalau pedas nya normal saja tidak masalah, yang jadi penyebab sariawan adalah makanan yang sangat pedas.


Gak pedas berasa gak makan ya moms, selain tidak baik untuk pencernaan. efek pedas akan membuat tubuh panas yang menyembab kan iritasi pada rongga mulut. 


Selain itu, Usahakan untuk menghindari makanan yang dapat mengiritasi mulut Moms. Contohnya saja kacang, keripik singkong, dan buah-buahan asam, seperti nanas, jeruk bali dan jeruk.


Hindari makanan apa pun yang membuat Moms sensitif atau alergi, karena makanan-makanan ini bisa jadi penyebab sariawan.(sumber: parenting orami)


kadang sebagai ibu yang masih menyusui pasti sering lapar dan makan apa saja yang ada dikulkas ya. hihi tapi tetap harus dipilah ya supaya gak bikin sariawan



Punya Balita yang aktif


Mempunyai balita super aktif juga bisa jadi salah satu penyebab sariawan. kenapa? contoh nya kita lagi menggendong si kecil. Lalu, waktu saat bercanda kepala si kecil tidak sengaja terbentur dengan bibir kita. Nah itu juga bisa menjadi pemicu sariawan, biasanya bibir akan berdarah yang lama-kelamaan akan menjadi sariawan karena bibir mengalami cedera.


Makanya sebisa mungkin kalau bermain dengan si kecil kita nya juga harus berhati-hati untuk si kecil dan untuk diri kita sendiri. kalau sudah mengalami sariawan kan susah juga,


❤❤❤❤❤


Lalu bagaimana cara mengatasi sariawan yang terlanjur tumbuh? yah, walaupun sariawan akan sembuh dengan sendiri nya tapi mana tahan kalau harus menunggu sampai sembuh tanpa di beri obat. apalagi kita sebagai mom yang mempunyai aktivitas segudang, tidak ingin terganggu oleh perihnya luka dan sakit kepala akibat si sariawan itu tadi.


Biasanya untuk menyembuhkan sariawan ada 2 cara yang alami dan diobati secara kimia. tergantung moms mau pakai cara apa, kalau secara alami bisa menggunakan bahan-bahan ini : 


Aloe Vera


Anti inflamasi yang ada di dalam Lidah buaya / aloe vera ini sangat bagus untuk menangkan Dengan menggunakan lidah buaya, bahan ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat. 


Cara nya : tinggal oleskan lidah buaya pada sariawan dan tunggu sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat.


Kayu Manis


Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit.


Jadi, kira-kira moms mau pakai bahan apa nih untuk mengobati sariawan nya? tapi perlu di ingat. dalam memilih bahan juga harus diperhatikan aman atau tidak pada ibu hamil dan menyusui. ketika menggunakan bahan alami kita juga harus tau takaran nya.


Karena aku tidak ingin repot, aku memilih menggunakan produk khusus untuk sariawan saja. yang dibuat dengan bahan alami, yang tentu nya aman dipakai untuk ibu hamil dan menyusui, anak-anak maupun orang tua. pokok nya aman dipakai untuk seluruh keluarga, nama nya Aloclair plus



Kenapa Harus Aloclair Plus ?


Karena pada Aloclair sudah ada 2 kandungan alami yaitu Aloe vera dan kayu manis yang sudah dikenal bagus untuk mengatasi sariawan. dan aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga dari anak-anak sampai ibu hamil dan menyusui juga bisa menggunakan aloclair plus, hemat banget gak usah beli yang khusus-khusus gitu. maksud nya obat sariawan khusus anak-anak ataupun khusus ibu hamil dan menyusui, kan? 


Dan, proses penyembuhan nya juga lebih cepat. kalau dipakai dengan benar proses penyembuhan nya hanya 2 sampai 3 hari, dan jangan takut karena produk aloclair plus tidak membuat rasa perih, bebas alkohol, higienis dan tentu nya aman, aman jika tidak sengaja tertelan.


Apa Saja Produk Lengkap Aloclair Plus?


Aloclair Mouthwash


berkumur selama 1 menit


Meredakan nyeri secara tepat dan membantu proses penyembuhan ulkus rongga mulut. Tidak perih, bekerja cepat, membantu penyembuhan, bebas alkohol. Mengandung Aloe Vera & Asam hyaluronat. Cocok untuk sariawan yang berjumlah banyak 


Aloclair Plus Gel


dipakai 1-2 kali tetes


Membantu mengatasi stomatitis aftosa dan tukak pada rongga mulut.


Lesi kecil pada mulut termasuk lesi traumatik yang disebabkan oleh kawat gigi palsu.


Aloclair Spray



dipakai 3-4 kali semprot


Mempercepat proses penyembuhan & membantu mengatasi nyeri yang diakibatkan lesi minor pada mulut.


Bagaiman Cara Pakai nya ?


  • Diulang 3-4 x/hari atau sesuai kebutuhan


  • Dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui


  • Hindari makan atau minum minimal  selama 1 jam setelah penggunaan


  • Hindari kontak langsung antara ujung tube dengan lesi


  • Jangan menyentuh lesi dengan lidah minimal selama 2 menit agar terbentuk selaput pelindung



Obat sariawan yang aman untuk anak


Aloclair plus bisa digunakan bayi dari umur 2 bulan.


Sariawan gak boleh disepelekan ya moms, karena rasa sakit nya sangat mengganggu aktifitas kita. memang ada obat alami yang dipercaya menyembuhkan sariawan, tapi kalau ada Aloclair yang praktis dan aman untuk dipakai seluruh keluarga kenapa tidak ? tinggal di pilih sesuai kebutuhan aja ya moms. yuk jangan tunggu sariawan, segera siapkan di kotak obat di rumah masing-masing ya untuk jaga-jaga.


Info selengkap nya tentang Aloclair Plus di Instagram Aloclair