Saturday, June 9, 2018

Tips Mudik nyaman untuk ibu hamil yang membawa anak kecil


Hallo..

sumber foto google

Serunya menjadi perantau adalah kita bisa merasakan yang namanya mudik, mungkin sekarang moms sudah mulai mempersiapkan segala hal untuk mudik ya. Karena biasanya yang paling sibuk untuk urusan mudik adalah kita ya moms, untuk tahun ini agak berbeda untuk saya karena sekarang saya sedang hamil besar dan sedang menunggu HPL. Tentu moms yang sudah berpengalaman sudah merasakan riwehnya, tapi bagi saya ini pengalaman pertama mudik dengan kondisi hamil dan ada si kakak nya juga kan. Kalau biasanya yang saya persiapkan hanya keperluan saya pribadi, suami dan anak saya yang usia 4 tahun, sekarang yang saya persiapkan bertambah dong ya, hehe

Selain saya mempersiapkan segala keperluan selama dikampung halaman, saya juga harus mempersiapkan segala hal yang membuat nyaman saya dan anak saya di saat perjalanan *Untuk bapa nya skip aja,karena orang nya gak terlalu neko-neko yang penting diperjalanan sambil dipijitin aja xixixixi*

Kira-kira apa saja yang harus saya persiapkan agar mudik menjadi nyaman disaat hamil besar dan agar keluarga kecil saya juga nyaman diperjalanan ? simak ya moms..


Cek kondisi Kendaraan

Kalau perlu service dulu kendaraan jika ingin bepergian jauh, cek kondisi mesin, ban dan lain-lain. Jangan sampai ada kendala ban bocor tanpa ada ban cadangan ataupun mobil mogok. Kendaraan yang tidak bagus membuat kita menjadi tidak nyaman karena harus stop dijalan sedangkan kita biasanya ingin cepat sampai ke tujuan.



Jaga Kondisi tubuh

Selain kondisi kendaraan yang harus dijaga, tentu kondisi tubuh juga harus dijaga. Jika sudah tahu ingin bepergian jauh, maka jauhilah makanan dan minuman yang bisa menggaggu kesehatan, karena jika badan yang tidak fit membuat suasana mudik menjadi terganggu. Bayangkan saja karena sakit kita bisa menjadi mudah ngantuk dan mudah lelah.



Pakai pakaian yang nyaman digunakan


Penting sekali untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu, jika cuaca sedang panas gunakan pakaian yang kain nya menyerap keringat. Disaat dingin gunakan pakaian yang agak tebal dan biasanya anak kecil akan mudah rewel jika kita memakaikan pakaian yang tidak sesuai dengan cuaca, entah dia kepanasan atau kedinginan.


Sedangkan untuk ibu hamil seperti saya penting sekali untuk menggunakan pakaian khusus ibu hamil, kalau moms tidak mempunyai pakaian khusus ibu hamil bisa juga gunakan pakaian yang serba longgar karena memudahkan untuk bernafas dan bergerak. Biasanya daleman pun, saya juga menggunakan yang khusus untuk ibu hamil. Kebetulan untuk bra, saya senang menggunakan bra dari Mooimom bra ini selain bisa digunakan ibu hamil, juga bisa digunakan untuk menyusui nantinya. Dan yang pasti bra ini sangat nyaman digunakan, karena berbahan cotton dan spandex, tanpa kawat dan yang pasti menggunakan bahan yang berkualitas dan memiliki sirkulasi udara yang baik.







Biasanya bra menyusui itukan kebanyakannya tanpa busa dan kita agak risih karena bra yang tanpa menggunakan busa itu takutnya menonjolkan area (MAAF) put**g susu, nah kalau Bra Mooimom ini disetai dengan removable pad yang artinya kalau kita lagi pengen tanpa busa, busa nya bisa kita lepas sesuai keinginan kita dan juga bisa kita ganti dengan busa bra yang lain nya misalnya waktu payudara terlihat lebih kencang dan bisa diganti dengan busa yang lebih tebal.




Ketika hamil biasanya ukuran tubuh akan melebar dan setelah melahirkan akan sedikit mengecil. Jangan takut, bra ini disertai karet elastis dibawahnya, jadi bisa menyesuaikan ukuran tubuh kita disaat hamil dan setelah melahirkan nih moms, dan bra nya juga disertai dengan kancing yang bisa kita gunakan kalau sudah menyusui nanti.


Saya sebenarnya bukan tipe yang suka dengan bra yang busa nya tebal dan berkawat, nah Bra Mooimom ini tanpa kawat loh mom. Makanya saya lebih suka menggunakan Bra Mooimom ini yang  desainnya juga lebih santai. Selain nyaman untuk ibu hamil Bra Mooimom ini juga sangat mempermudah busui, jadi akan tetap terpakai walaupun sudah melahirkan.

Bawa bantal


Fungsi Bantal selain untuk rebahan, bisa juga diguanakan untuk menompang area belakang tubuh kita, ataupun untuk menompang punggung suami ketika menyetir untuk menghindari pegal. Apalagi untuk ibu hamil biasanya mudah merasakan pegal, kalau saya biasanya membawa 2 bantal, satu untuk di letakkan dibelakang tubuh,dan satunya untuk saya pegang.


untuk sikecil juga jangan lupa untuk membawa bantal kesayangan nya, karena anak kecil biasanya akan tertidur diperjalanan.


Bawa mainan anak 


Anak kecil biasanya gampang bosan, jadi bawa saja mainan yang diinginkan anak supaya dia merasa nyaman dan tidak kerasan diperjalanan.



Bawa bekal makanan dan minuman untuk anak


Cemilan juga tidak kalah penting nya, karena sama seperti orang dewasa anak kecil pun jika lapar akan rewel. Membawa bekal dari rumah juga menghemat pengeluaran dan waktu moms. hehe


Kalau kita harus sebentar-sebentar stop untuk membeli makanan dan minuman akan membuang waktu kita juga kan. belum lagi kalau disaat anak lapar tapi tidak ada supermarket maupun warung yang buka ataupun jika diperjalanan sudah mendekati waktu berbuka, kita bisa membatalkan puasa kita dengan bekal yang kita bawa moms


Atur Barang sesuai keperluan 


Nah ini jangan sampai di abaikan ya moms, jangan sampai barang yang sudah kita masukkan ke dalam tas malah kita bongkar lagi, apalagi karena lupa dimana meletakkan barang tersebut atau kita bisa membawa tas kecil lagi untuk keperluan menyimpan berbagai macam kabel seperti charger hp, headset, obat-obatan ataupun kosmetik.


Kalau untuk kebutuhan anak, biasanya saya tetap menyediakan diaper bag karena saya tidak mau keperluan saya dan suami dicampur dengan keperluan anak. Memang kedengaran nya ribet,tapi tidak apa-apa yang penting rapi. Diaper favorite saya ini masih dari merek mooimom nih moms


Bagi saya diaper bag itu wajib untuk ibu-ibu yang mempunyai bayi ataupun anak. Sebenarnya bisa menggunakan tas moms yang biasa, tapi tentu fungsinya beda dong yaa tas khusus moms dengan tas khusus untuk menyimpan keperluan si kecil.



Karena kantong nya banyak, saya tetap meletakkan keperluan saya didalam diaper bag ini. hehe karena saya biasanya cukup membawa satu tas saja dan saya tidak suka banyak tentengan, makanya perlu banget untuk memilih tas yang multifungsi seperti ini.



Seperti diaper bag lain nya, diaper bag mooimom ini juga mempunyai banyak kantong didalam nya. Jumlah kantong di diaper bag ini ada 13 kantong dan ada 2 kantong yang dilapisi alumunium yang bisa kita gunakan untuk menyimpan termos agar tetap hangat. Kantong lain nya juga masih bisa menyimpan keperluan kita loh moms, misalnya bisa untuk menyimpan ipad, make up juga bisa loh moms. Tapi saran saya make up nya harus dompet khusus make up juga ya,, takutnya ada yang bocor, karena bahan tasnya ini lumayan bahaya kalau kena cairan eyeliner misalnya akan susah untuk dicuci.


diaper bag ini juga dilengkapi dengan perlak, ini sangat berguna untuk moms yang mempunyai bayi jika kita ingin menggantikan popok.



Ada dua tali, ini fungsinya untuk menggantungkan diaper bag di stroller. Jadi kita tidak usah repot lagi takut tas nya jatuh waktu meletakkan di stroller.


walaupun ini diaper bag, tapi masih bisa terlihat gaya untuk moms yang selalu memperhatikan penampilan. Karena bisa dipakai dengan dua gaya, Hand Carry, Sling Bag atau Shoulder Bag



Istirahat lah kalau perlu

Sebagai bumil biasanya walaupun menggunakan mobil dengan posisi duduk maupun rebahan akan tetap merasa lelah, jadi mampir sebentar ke mesjid misalnya untuk sekedar berjalan santai akan mengurangi rasa lelah tersebut. Turun dari kendaraan juga berfungsi untuk mengurangi tekanan pada kantung kemih dan memperlancar peredaran darah.


biasanya tempat istirahat yang paling nyaman adalah di mesjid, karena kita bisa sekalian ibadah dan sekedar mampir untuk buang air kecil. Tidak mungkin kan dibulan puasa kita mampir ke restoran,hehe..


Jangan menahan pipis 

Ibu hamil biasanya sering ingin buang air kecil, ini normal karena perkembangan janin dan karena perubahan hormonal membuat aliran darah ke ginjal lebih cepat dan volume darah juga mengalami peningkatan sekitar 50% dari kondisi sebelum hamil. Akibatnya, meningkatlah kecepatan pengisian kandung kemih serta volume urine yang menyebabkan ibu hamil jadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi. Semakin ditahan, bakteri akan tinggal lebih lama pada area kandung kemih dan saluran kencing ibu hamil. Ini yang bisa memicu berkembang biaknya bakteri. Inilah yang lantas membuat ibu hamil jadi lebih rentan mengalami ISK.(sumber:hallosehat)


Menahan pipis juga membuat moms tidak nyaman,apalagi disaat janin bergerak aktif akan terasa semakin ingin pipis. Kondisi tersebut membuat kita duduk serba salah, dan kita juga tidak akan bisa tidur dengan kondisi menahan pipis. Jadi sebaiknya biarlah mampir sebentar ke toilet sekalian untuk beristirahat.


Itu tadi sedikit tips dari saya, oh yaa jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat ya moms,dan ucapkan Alhamdulillah ketika sudah sampai tujuan. Diperjalanan selalu hati-hati, buat diri kita nyaman terlebih dulu karena kita sebagai istri dan juga ibu selain memperhatikan diri sendiri juga harus memperhatikan kenyamanan suami dan anak. Untuk moms yang penasaran dengan rekomendasi bra menyusui dan diaper bag yang saya tulis diatas bisa langsung ke website nya ya www.mooimom.id atau ke instagram nya MOOIMOM .


Semoga perjalanan nya menyenangkan moms..dan semoga tips dari saya bermanfaat.

10 comments:

  1. selamat mudik bagi yang berencana untuk menempuh perjalanan jauh.
    tetap berhati2 di jalan.. konsentrasi adalah harga mati..

    ReplyDelete
  2. Tips mudiknya sangat bermanfaat banget mbak.. Tips ini bnar benar harus di coba nh oleh para bumil dan busui hehhhe

    ReplyDelete
  3. Siap banget mbak dina mudiknya dan tipsnya pun bukan main bermanfaat banget apalagi buat bumil hihi

    ReplyDelete
  4. Galfok sama boneka Brown-nyaaa �� Betewe, tas diapernya unyu ih. Warnanya cakep. Aku jadi naksir ��

    ReplyDelete
  5. Selamat liburan mba dina hhi.. Btw tipsnya emang bener bgt buat mudik harus persiapan yang matang juga

    ReplyDelete
  6. Selamat mudik mba Dina, Btw pakaian yang nyaman itu Emang Point penting ya mba hihihi

    ReplyDelete
  7. Bra nya lucu yahh mbaa.. Jadi pengen jugaa, apalgi buat bumil yg super rempong yaa hehehe

    ReplyDelete
  8. Duh, lengkap bgt perlengkapan mbak Dina. Harus teliti sblm pulkam yak. Alhamdulillah selamat sampai tujuan dan dede bayinya lahir selamat juga.

    ReplyDelete
  9. kalau ulun skincare yg wajib banar kada boleh tetinggal sama sekali hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.