Saturday, September 7, 2013

Keluhan Ibu Hamil

September 07, 2013 0 Comments

Hamil tentu sudah hal yang sangat di inginkan oleh semua para istri,,tapi dibalik kesenangan itu.jg banyak sekali keluhan yang dirasakan,contohnya :

1. Mual dan Muntah
Ini hal yang tidak mengenakan,dimana kita tidak bisa makan dan mencium bau-bau an.ini bisa terjadi sampai usia kehamilan menginjak 3 bulan bahkan ada juga yang sampai 7 bulan.

2.Cepat Lelah
Cepat lelah sudah tentu,karena ada 1 nyawa lagi yang ada dalam tubuh kita,sehingga kita tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya.

3.Nafas Ngos-ngos'an
Saya kurang faham sih dengan keluhan yang satu ini,saya saja sampai tidak kuat melakukan aktifitas yang biasanya bisa saya lakukan.

Isi Pesan Kamu

Saturday, June 15, 2013

Mitos Tapih Sarigading

June 15, 2013 0 Comments
Ada Mitos Tentang Seseorang akan Sembuh dengan Tapih Sarigading..ya saya sempat tidak percaya dengan itu.sedikit cerita nih,adik saya pernah mengalami gatal di tangan dan kaki,udah setahun dibawa kedokter pun tidak sembuh.menurut orang yang tau,katanya coba gunakan tapih sarigading,,Loh apa itu tapih sarigading kata saya,saya sih tidak begitu memusingkan apa an tuh tapih,kan yang kena penyakit kulit adik ku biar lah mama ku yang urus,hehhehe..
 katanya membeli tapih ini tidak boleh ditawar,Mahal yaa Mahal aja tapih ini juga sesuai ukuran yang memakai.tapih ini adalah tapih tenun kebetulan saya membeli sepaket dengan kerudungnya,waktu itu saya membeli dengan seharga Rp.275.000 tapi adik saya karena dia masih kecil ukurannya juga kecil tentunya lebih murah,harganya Hanya Rp.25.000.

Mitos Kain Ini

Katanya dulunya ini dipakai Raja Putri Putri Junjung Buih,dulunya masyarakat Hulu Sungai tidak berani memakai tapih ini karena takut akan kualat dengan sang putri.dan memang sejak dulu Tapih Ini di pakai sebagai media pengobatan,jika sudah berobat tapi tidak sembuh juga,karena penyakit itu juga ada yang karena ulah jahil Makhluk Halus,cara menyembuhkan penyakit tersebut hanya dengan Tapih Ini.dan yang memakai tapih ini adalah ada garis keterunan dari Alam sebelah,katanya sih..saya memang ada keturunan dengan beliau..(walaupun katanya tetep aja mengAminkan,kan putri wujudnya cantik,hheee).


Cara Memakai :

yang perlu disediakan sebelumnya adalah :
1. Minyak Likat
2. Dupa
3. Kembang

cara memakainya,terlebih dahulu harus dirabun,tapih tersebut di asapkan di atas asap dupa.minyak likat juga di encerkan diatas dupa sampai encer,lalu campurkan minyak likat tersebut dengan bunga,dan oleskan ke tempat yang gatal.sAmbil membaca Shalawat 7x lalu tapih itu dipakai,sekali lagi sambil membaca Shalawat 7x.lebih bagus minta bantu ya,seperti saya minta bantu suami saya,karena tapih tersebut dilepas kalau kita sudah tidur,jadi...tapih ini dipakai sebelum tidur.
sedikit share,adik saya hanya 2x memakai.sebelum memakai tangan dan kakinya penuh koreng,tapi setelah memakai,kulit clingggg mulus gitu..hehehehe

Meminta kesembuhan tetap kepada tuhan yah,bukan kepada yang tidak punya daya upaya.kita ketika sakit wajib berusaha dong yah,menurut saya sih merusak akidah / syiriknya itu tergantung pribadi masing-masing,ada filosofi yang bisa kita ambil dari sini,kalau membeli sesuatu itu harus Ikhlas,kan membelinya tidak boleh ditawar,dan tentunya juga harus iklas walaupun Mahal.

*Ambil yg positifnya aja yah,mari kita lestarikan budaya Banjar :)

Isi Pesan Kamu

Friday, June 14, 2013

Pangeran Suryanata

June 14, 2013 1 Comments
Pangeran Suryanata/Raden Putra adalah Suami Dari Putri Junjung Buih,diceritakan Ketika Mpu Lambung Mangkurat menjadikan Putri junjung Buih seorang Raja Putri.terfikir untuk mencarikan calon suami untuk Sang Raja,lalu sang Putri memberikan Syarat,sang calon suami kelak harus Pangeran dari Majapahit.tentunya dia bukan Putra biasa,dia adalah putra Matahari yang di turunkan dipangkuan raja Majapahit,yang ketika itu sang raja mendambakan seorang anak,lalu dia mendapat petunjuk harus melakukan pertapaan.dan sang Putra itu pun diturunkan untuk sang Raja yang diberi nama Raden Putra.

Lambung Mangkurat berangkat menuju Majapahit dan meminta Putra Tersebut untuk dibawa ke Banua untuk menjadi suami sang putri,diperjalanan Putri junjung Buih yang memiliki kesaktian mengirimkan Buaya putih untuk menguji sang calon Suami,dan akhirnya Raden Putra Bisa menaklukan buaya yang dikirimkan sang putri..

sesampainya di Banua,prosesi pernikahan pun dilaksanakan,selesai prosesi pernikahan Lambung Mangkurat menobatkan Raden Putra dan putri Junjung Buih untuk menjadi Raja di Negara Dipa dengan Gelar Pangeran Suryanata. dan dari hasil perikahan tersebut mereka mendapatkan 2 orang putra yang bernama Pangeran Suryaganggawangsa dan Raden Suryawangsa
Isi Pesan Kamu

Mengenal Putri Junjung Buih

June 14, 2013 0 Comments
Mengenal Putri Junjung Buih

Putri Junjung Buih adalah Raja Di Nagara Dipa,terkisah sesudah wafatnya Mpu Jatmika.Mpu Jatmika memerintahkan Anaknya Mpu Lambung Mangkurat untuk melakukan tapa brata(Balampah) di sebuah sungai dengan harapan mendapat petunjuk akan seorang raja yang mereka nantikan.tiba-tiba dipusaran air muncul buih yang bersinar,lalu muncul seorang putri,berkata lah sang putri "kenapa engkau disini,lalu Mpu Lambung Mangkurat menjawab,aku disini untuk bertapa meminta petunjuk untuk mendapatkan seorang raja di Banua kami.sang putri pun menjawab,aku lah orang yang kau cari.aku mau naik kepermukaan dan menjadi seorang raja asal engkau mau memenuhi syarata dari ku Syarat tersebut adalah sebuah istana Batung yang pembangunannya diselesaikan dalam sehari. Selain itu, kain yang ditenun dan dicalap atau diwarnai oleh 40 orang putri dengan motif wadi/padiwaringin yang juga selesai dalam satu hari," Lalu Mpu Lambung Mangkurat pulang ke Banua untuk memenuhi syarat putri tersebut.ketika syarat sudah dipenuhi lalu Putri Junjug Buih pun keluar dari Permukaan,yang digambarkan dia bersosok cantik,kulitnya putih kuning,rambutnya terurai panjang.

Setelah Putri Junjung Buih di angkat jadi raja,Lalu Lambung Mangkurat merasa berkewajiban mencari seorang pendamping untuk sang putri, Ketika niat untuk mencarikan calon suami untuk putri disampaikan,maka sang putri menyetujuinya,tetapi dengan syarat Putri mau menikah dengan Pangeran yang berasal  dari Majapahit,yang tentunya bukan Manusia biasa.dia adalah Putra Matahari yang diturunkan untuk Raja Majapahit.yang bernama Raden Putra / Pageran Suryanata.
Isi Pesan Kamu

Sejarah Banjar Di Zaman Kono

June 14, 2013 0 Comments
Waktu saya pulang kampung ke Hulu sungai tengah,disana saya berinisiatif untuk jalan-jalan ke Sebuah candi Peninggalan hindu di Kabupaten Hulu Sungai utara.kebetulan suami saya tidak pernah kesana!Bismillah saya ucapkan.mohon Maaf atas kedangkalan pengetahuan saya.saya hanya menulis dari yang saya dengar dari keturunan langsung dan dari Buku yang saya pegang,saya tau kesalahan cerita akan membawa dampak buruk terhadap saya,,

Candi Agung Amuntai 


Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Negara Dipa.negara Dipa didiriakan oleh Saudagar Empu Jatmika yang berasal dari keling,bersama dengan dua orang anaknya.bernama Mpu Lambung Mangkurat dan Mpu Mandastana,ketika itu mereka sampai di hujung tanah,tanah itu ketika di cium oleh Mpu jatmika Berbau harum.Lalu Mpu Jatmika mendirikan sebuah negara bernama Negara Dipa ibu kotanya bernama Khuripan.Mpu Jatmika Mengangkat dirinya sendiri menjadi seorang raja,Tetapi Mpu Jatmika merasa dirinya tidak pantas untuk menjadi Raja karena dia bukan keturunan dari Raja,dia takut akan adanya kutukan.

Dalam hikayat Banjar dikatakan,Mpu Jatmika memerintahkan anak buahnya membuat sebuah patung berhala dari kayu Cendana.Patung Berhala yang dianggap Raja oleh Mpu Jatmika adalah Visualisasi dirinya untuk mensiasati agar terlepas dari kutukan yang akan menimpanya dan negara Dipa.Sejak saat itu Mengendalikan Negara Dipa.kemudian ia memerintahkan Tumenggung Tatah Jiwa untuk memperluas kekuasaanya.satu persatu wilayah Seperti Batang Tabalong,Batang Balangan,Batang Petak,Batang Alay,Batang Amandit beserta seluruh bukit-bukit disekitarnya dapat ditundukkan.

Menurut Mitos,ketika kita kesana ada beberapa adab yang harus kita laksanakan, yaitu : Rute Ziarahan harus sesuai,harus bersikap baik dan harus yakin mereka itu ada.sekedar diketaahui,kadang mataawam dan yang mempunyai kelebihan itu penglihatannya akan beda jika masuk kedalam kompleks Candi tersebut,sebenarnya candinya itu berada di atas dari situs itu sendiri,candi tersebut hanya gerbang.candi tersebut masih ada,hanya saja Dibawa ke alam ghaib.

Banyak yang mengataka syirik jika kesana,kalau saya boleh berpendapat disini.syirik / merusak akidah itu tergantung dari nawaitu dan keyakinan masing-masing!jika niat nya saja salah itu sudah masuk syirik,sekedar diketahui..Kita tidak salah berziarah kesana.karena mereka adalah para leluhur kita orang banjar khususnya Hulu sungai,itu memang candi peninggalan Hindu.wajar lah..bukan candi islam,karena duluya islam belum masuk,mendoakan para leluhur apa salahnya.kita harus tau sejarah Banjar Itu sendiri,setidaknya mempelajari dulu lah :)


Berikut yang ada didalam komplek Candi Agung:
Yang saya tulis disini adalah beberapa rute dari awal sampai akhir.karena konon..jika salah rute dan ada tempat yang tertinggal kita akan mendapat teguran atau katulahan.

1. Tiang PenyanggahPutri Junjung Buih


Ini Adalah tiang penyanggah putri junjung Buih,ketika anda berada disana akan mencium bau harum bunga,










2. Petapaan Pangeran Suryanata

Ini Adalah Petapaan Pangeran Suryanata,disini biasanya para Peziarah biasa mangilan jari di bilah lidi,caranya : minta bilah lidi kepada penjaga Petapaan ini,ukur lidi dari jempol ke jari manis,dari jari manis itulah potong lidi tersebut.lalu letakkan lidi tersebut di batu yang ada di petapaan tersebut.sambil membaca shalawat nabi dan ucapkan hajat.penjaga nantinya akan menyuruh kita mengambil lidi tersebut jika kita sudah ingin pulang dari berziarah disana.,konon jika lidi lebih panjang dari yang kita ukur tadi.maka hajat kita akan terkabul.tapi jika tidak.hajat kita tidak terkabul.tentunya kita meminta kepada Allah bukan dengan yang empunya makam.

3. Situs Candi Agung


Ini adalah situs candi agung,disini biasanya para peziarah membacakan doa-doa.seperti membaca yasin




4. Telaga Darah


Ini adalah telaga darah Mpu Mandastana,tentunya disini tidak seperti namanya disini airnya bukan darah.diceritakan Mpu Mandastana.Mpu Mandastana adalah Anak dari Mpu Jatmika (Pendiri kerajaan Dipa) suatu saat Mpu Mandastana didalam pencarian jati diri,dia bingung dengan kepercayaannya.dia ingin menacari Tuhan yang sebenarnya,terbesit beliau ingin memeluk islam.tetapi tidak ada yang Megajari,beliau juga pernah ke Timur tengah pada zaman Syaidina Ali bin Abi Thalib.diceritakan Ketika beliau pulang kerumah istri beliau marah-marah,mungkin karena sudah terlalu pusing / munyak dalam bahasa banjar,beliau datang kesini dan beliau bunuh diri dengan keris,melihat Mpu Mandastana bunuh diri istrinya pun ikut bunuh diri.anak beliau bingung mencari orang tuanya tidak ada.lalu menugaskan orang kepercayaan untuk mencari orang tuanya,ternyata mereka sudah tidak bernyawa.tapi anehnya jasat mereka itu masih bagus.

5. Musium Candi Agung



Didalam Musium ini terdapat silsilah dari keturunan Candi Agung tersebut,












Isi Pesan Kamu

Monday, March 4, 2013

Tips Mengikuti Hijab Toturial

March 04, 2013 0 Comments
Hai sist...masih setia sama hijabnya kan??kebiasaan dan kudu dilakuin kaum hawa selalu update tren jilbab atau gaya berhijabnya buat sehari-hari kan sist??nah..sering kali kita menghabiskan waktu berjam-jam hanya karena ingin meniru toturial hijab yang kita brosing di internet..nahh...kali ini saya kasih tips buat sista,simak yg seksama yas sist

1. Harus Mengetahui jenis kain hijab
Jenis kain yang dipakai ses nya harus tau sist,karena jika kita salah menggunakan kainnya maka hasilnya pun akan ancur,,semisal..toturialnya untuk kain kaos,trus kamu pakai kain licin,ya pasti salah kan..

2. Jangan Terfokus dengan toturial yang ada
Jangan fokus dengan toturial yang ada,,kadang mereka tidak terlalu memperlihatkan tata caranya yang lengkap,jadi saran saya,cukup step by step yang kamu ngerti aja.selanjutnya kamu kembangkan sendiri.mengikuti mereka kadang jika tidak sesuai kita repot-repot ke step awal lagi,cape kannn

3. Sesuaikan sikon
Nah,perlu kamu ingat juga,toturial yang kamu ikutin tuh harus disesuaikan dengan sikonnya,semisal mau ke acara formal gimana,mau casual gimana,gak mau donk keliatan norak.
Isi Pesan Kamu