27 Februari 2021

Seberapa Irit Pemakaian BBM Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Bensin? Ini Bedanya!

Toyota Corolla Cross Hybrid dan tenaga bensin itu tidak sama. Seperti yang diketahui bahwa kendaraan yang diluncurkan sejak Agustus 2020 ini tersedia ke dalam 2 tipe sekaligus. Keduanya dibedakan berdasarkan bahan bakarnya. Karena yang satunya menggunakan tenaga bensin, sedangkan lainnya memakai teknologi Hybrid.


Kendaraan ini merupakan mobil 5 seater yang memiliki desain sangat mengesankan, tangguh, dan futuristik sebagai SUV masa kini. Untuk harga hybrid dijual senilai Rp497 jutaan. Jadi harganya jauh lebih mahal daripada tenaga bensin. Karena untuk bensin, mobil ini dijual senilai Rp457 jutaan.

sumber: google

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Bensin

Dengan harga yang terpaut jauh hingga Rp40 jutaan tersebut, tentunya hal ini membuat sebagian besar orang menjadi penasaran terhadap kelebihan keduanya. Seperti yang diketahui bahwa mobil Corolla Cross hybrid ini termasuk dalam segmen SUV yang menggunakan tenaga HEV. Kodenya adalah 2ZR FXE.

Itu artinya mobil ini memiliki 2 sumber tenaga sekaligus. Yaitu mesin dan elektrik. Dengan mesin 4 silinder berteknologi DOHC yang dibawanya lengkap bersama VVT-i dengan kapasitas sebesar 1.798 CC ini bisa menghasilkan tenaga terbesar sampai dengan 98 PS dengan torsi 14,5 Kgm. Sementara untuk tenaga listriknya bisa menghasilkan 72 PS dalam torsi 16,6 Kgm.

Jika dibandingkan antara tenaga bensin dan listrik. Konsumsi daya listrik itu lebih irit dan efisien, selain itu juga ramah lingkungan. Karena tingkat emisi karbondioksidanya lebih rendah daripada menggunakan tenaga bensin. Sedangkan total tenaganya bisa 170 PS sekaligus dengan torsi 305 Nm.

Sedangkan tingkat kompresi mesin HEV 2ZR FXE ini lebih besar, yaitu 13:3. Itu artinya ruang bakarnya semakin sempit dan konsumsi bahan bakar lebih irit dan ekonomis. Bahkan berdasarkan hasil pengujian dari New European Driving Cycle menyebutkan bila konsumsi bahan bakarnya adalah 23,25 km/ L.

Itu artinya kapasitasnya sangat irit dan tidak kalah dari tenaga bensin. Sedangkan untuk tenaga bensin memakan konsumsi bahan bakar sebesar 15.4 km per L. Dan emisi CO2 yang dihasilkannya sebanyak 150 gr / km. Jadi lebih ramah lingkungan versi tenaga listrik daripada menggunakan bensin.

Segala kelebihan kendaraan ini dikarenakan ada bantuan TNGA yang membuat kinerjanya lebih responsif. Platform inilah yang nantinya membuat kendaraan lebih stabil. Menariknya lagi adalah, kabarnya mobil HEV ini bisa dikemudikan ke dalam beberapa mode berkendara. Jadi setiap pengendara bisa menyesuaikan sesuai kebutuhannya.

Misalnya seperti EV, sport, dan ECO. Selain memiliki teknologi yang lengkap, kemudinya juga sudah menggunakan teknologi tilt dan teleskopik. Sehingga hal ini membuat fitur dan teknologinya sebanding dengan harga Toyota Corolla Cross yang ditawarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung , jika kamu meninggalkan komentar. pastikan itu bukan brokenlink ya :)