Tuesday, November 27, 2018

5 Tempat makan favorite di Banjarmasin

Hallo…

Sumber background pinterest
Kalau ditanya tempat makan favorite di Banjarmasin itu dimana dan apa aja,maaf sekali jawabanku cuman sedikit.karena aku bukan orang yang suka hunting makanan,hihihi..makanya di tulisan kali ini aku hanya sharing tempat biasanya aku makan bersama anak dan suami ku saja..

Soto Banjar bang engot

Sumber foto:google
Soto banjar ini selalu tersedia di setiap acara kawinan,tapi jika lagi pengen makan soto di hari biasa pun tetap bisa kok.karena cukup banyak warung-warung yang menjual soto banjar khas kalimantan selatan ini.perlu digaris bawahi,soto yang biasanya ada di hajatan tentu rasanya berbeda dengan beli di warung makan,yang membedakan adalah kalau di hajatan kadang kurang kaldunya,gak ada satenya bahkan bisa kurang bumbunya.kalau makan diwarung biasanya kita bisa membeli sate,rasanya lebih niat.loh lebih niat maksudnya gimana? Maksudnya rasanya lebih enak pokoknya.hihi

Nah,kalau warung yang tempat biasa kami makan itu di jalan keramat banjarmasin nama warungnya Soto bang engot.dulu waktu aku ngidam atau kadang kalau nafsu makan agak kurang gara-gara sakit biasanya aku lebih memilih makan soto banjar karena soto banjar kan dimasak dengan rempah-rempah yang khasiatnya cukup bagus untuk kesehatan.

Untuk rasanya di soto bang engot ini menurutku soto dan satenya enak.harganya juga lumayan murah untuk harga sepiring penuh kira-kira 15.000’an lah ya lupa soalnya.sayangnya parkiran nya agak kurang friendly dengan yang menggunakan mobil,kalau kebetulan sedang menggunakan mobil agak susah.ditambah lagi jalan nya kan sempit dan warungnya itu tepat berada didepan Rumah salah satu orang yang berpengaruh di Banjarmasin jadi cukup  sulit,You know lah maksudnya.hihi

Bagi kamu yang ngidam pengen soto banjar di malam hari tenang warung nya buka sampai malam kok.tapi aku kurang tau bukanya sampai jam berapa.hihi

Soto Cak hari suroboyo


Selain suka dengan soto banjar,aku juga suka banget makan soto surabaya.tapi terus terang untuk yang satu ini aku hanya punya satu tempat makan favorite yaitu Cak hari surabaya yang beralamatkan di Jalan Gatot Subroto Banjarmasin.

Aku tahu tempat ini karena bos di tempat aku kerja dulu suka banget makan disini.ternyata enak juga ya makan soto surabaya,yang membedakan dari soto banjar adalah yang pasti dia gak pakai sate,tapi suiran ayamnya banyak,pakai koya kerupuk yang dihancurkan itu.dimakan pakai kerupuk dan minum nya teh es...uuhh maknyos.wkwkwk

Untuk parkiran tempatnya juga luas muat untuk banyak mobil,tempat makannya juga luas banget”.etapi waktu aku makan disana tempatnya sempit kok” mungkin kamu datangnya sekitar 6 atau 7 tahun yang lalu.hihihi dulu tempatnya emang kecil banget tapi sekarang sudah pindah kok ke tempat yang lebih luas tapi masih di area Gatot Subroto

Untuk kamu yang belum tau,untuk satu porsinya itu banyak banget.jadi kalau gak sanggup pesan setengah porsi aja yah,menurut aku setengah porsi itu pun masih banyak banget gaes

Mie Ayam Bandara


Kalau orang-orang sukanya bakso,nah kalau aku sukanya mie ayam.hehe karena menurut aku lebih kenyang

Nah tempat favoritku makan mie ayam adalah bakso bandara.walaupun namanya bakso bandara bukan berarti tempatnya ada di bandara ya,untuk tempat nya ada di Sultan Adam Banjarmasin tepat berseberangan dengan pantiez pizza

Kenapa aku suka banget makan disini,karena disini ayamnya gak nanggung banyak banget ditambah rasa mie ayamnya juga enak banget.porsinya dan harganya juga pas sekitar 12.000-15.000 tergantung pilihan mie ayam nya

Duh…mana Ditempat aku barusan turun hujan jadi tambah lapar.wkwkwk oiya Fyi kalau di tempatku di Barabai  Hulu Sungai tengah kalau ada bakso otomatis disitu juga jual nasi goreng,tapi di Banjarmasin belum nemu yang kaya gitu.hihi

Nasi kuning cempaka

Nasi kuning ini banyak ditemukan didaerah-daerah lain juga kan ya.bukan hanya di Banjarmasin.

Walaupun nasi goreng identik dengan sarapan tapi terus terang saya dan suami gak terbiasa sarapan dengan nasi kuning.kita biasanya sarapan dengan teh panas atau kopi dan dua helai roti.kadang juga cuman makan buah,tapi sekali-kali juga kangen dengan nasi kuning.biasanya kalau hari minggu gak ada kesibukan kami lebih memilih makan di Nasi kuning cempaka yang beralamat dijalan Keramat Banjarmasin.disini nasi kuning nya banyak banget keder menghabiskan satu bungkusnya.haha

Di Nasi kuning cempaka ini lauknya ada hati ampela,ayam,telur dan dendeng.dan lauk yang biasanya aku pilih adalah hati dan ayam.untuk harganya sekitar 16.000 an sesuai dengan porsinya yang banyak itu.untuk tempat parkir dan kebersihan nya juga oke banget

Wong solo

Kalau ini bukan makanan khas kalimantan selatan ya,namanya juga wong solo yang artinya orang solo.hihi ini salah satu tempat makan favoritku dan khansa putriku.dia suka dengan bihun nya,dan menu andalan aku disini kalau gak udang tepung,udang goreng mentega yaa ayam penyet.kalau suamiku dia lebih suka ayam bakar,wong solo ini semacam makan paketan.dalam satu piring sudah dapet bihun,tempe dan tahu.kalau kotakan ditambah air mineral yang gelas

Dalam satu minggu kami bisa berkali-kali kesini,saking sukanya kan.karena makanannya juga enak tempatnya tersebar di Banjarmasin,parkiran nya luas,pelayanan nya juga bagus.dan ada ruangan khusus untuk yang gak suka terkena polusi asap rokok.walaupun gak semua nya menyediakan tempat ini ya…Untuk harga dibawah 30.000’an tergantung makanan nya.cukup murah kan ?

——

Baiklah itu tadi tempat makan favorite aku di Banjarmasin,mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang sedang bingung mau makan apa diBanjarmasin.

Salam hangat

2 comments:

  1. Kayaknya Wong Solo ini ada juga di Samarinda. Rasa pernah baca gitu plangnya. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.