Serunya Menjadi Bagian dari Mombassador SGM batch 5

Hallo..

Berawal dari mengisi form pendaftaran di Blogger Perempuan,setelah mengisi form pendaftaran mungkin 2 minggu setelah itu tepatnya sebelum lebaran idul fitri.saya ingat waktu itu saya mengangkat telepon sambil menjemur pakaian 😜 pada saat itu di konfrimasi lagi data-data yang saya isi ketika mendaftar.dan jika terpilih apakah bersedia untuk berangkat ke jogjakarta.saya bilang kalau memang terpilih saya pasti siap.

Saya udah pede tuh,tanya-tanya lagi ke suami beneran di ijinin kan ya kalau beneran kepilih nanti, ke jogja loh yaa 3 hari lagi.kamu jaga anak 3 hari looohh.iya di ijinin emang yakin bakal kepilih katanya,saya sebel di jawab seperti itu 😑 tapi dia orangnya emang gitu kok tidak pernah serius kalau ditanya dijawab becanda mulu.hehe tapi sebenarnya mendukung sekali bahkan dia yang mendorong saya untuk mengisi form pendaftaran kemaren.

Sekitar 2 minggu setelah lebaran,saya mendapat telpon lagi ternyata dari SGM lagi,saya juga ingat waktu itu saya sambil masak.hehe biasa emak-emak , saya kembali ditanyai pertanyaan yang sama waktu ditelpon pertama kali.karena saya sambil masak dan menemani anak bermain jadinya mungkin jawaban saya agak beda dengan jawaban diwaktu ditelpon pertama kali.agak buyar karena sambil beraktifitas menemani anak bermain untungnya bunda yang menelpon saya paham akan hal itu.hehe begitu pertanyaan selesai beliau langsung memberi kabar gembira bahwa saya terpilih menjadi salah satu Mombassador yang akan diberangkatkan ke jogja pada tanggal 24-26 Agustus.ya ampun saya langsung bengong tidak percaya,senang dan campur aduk.hihh

baik lah saya mulai percaya dan mulai mempersiapkan diri dari brosing blog bunda-bunda yang lebih dulu terpilih menjadi Mombassador Sgm ini.

Mombassador SGM itu apa sih? jadi mombassador SGM itu semacam komunitas bunda-bunda SGM eksplore yang terpilih.dan nantinya akan menjadi keluarga besar SGM

Waktu berangkat sudah semakin dekat,akhirnya kami para calon Mombassador SGM mulai saling berkenalan lewat sosial media.ada sekitar 92 Bunda mombassador pada batch 5 ini.woww dari yang mendaftar sekitar 600-an.banyak ya makanya saya sangat bersyukur menjadi bagian dari 92 Bunda yang terpilih.dan Alhamdulillahnya ada 4 orang dari kota Banjarmasin jadi saya tidak perlu takut.maklum saya canggung karena tidak pernah naik pesawat.bisa dibayangkan jika saya sendiri naik pesawat tidak mengerti prosedur bandara malu dong kalau salah-salah mau ditaroh dimana muka saya *yang mau ketawa boleh,mumpung gratis 😁😁😁😁

Sudah tanggal 23 nih,barang saya sebenarnya sudah siap dari tanggal 21 maksudnya supaya tidak ada yang tertinggal.hehe karena panitia sudah me list apa saja yang bisa dibawa nantinya,jadi pada saat itu yang saya bawa :

• Baju secukupnya,mungkin 2 saja sudah cukup karena disana nanti kita akan lebih banyak menggunakan baju seragam SGM.mungkin bawa satu baju untuk gala dinner ya
  • Rok atau celana,
  • Manset sangat diperlukan untuk daleman bagi yang berhijab karena kaos seragam SGM agak menerawang
  • Sepatu yang tertutup,karena sangat berguna untuk outbond dan masuk area pabrik SGM
  • Obat-obatan,karena biduran saya sering kambuh jika kelelahan,terkena cuaca yang sangat panas ataupun sangat dingin.
  • Skincare seperti sunblock,sabun wajah pokoknya skincare rutin tetap harus dibawa.
  • Make up karena ada acara gala dinner
  • Pengering rambut,padahal ternyata tidak terpakai
  • dan perlengkapan pribadi lain nya

DAY 1

Tanggal 24 Agustus Akhirnya sudah waktunya berangkat,jam 3 subuh kami sudah dijemput travel karena kami harus ada dibandara jam 5 pagi.untuk berangkat ke jakarta terlebih dulu.iya kami harus transit dulu ke jakarta.ya lumayan lah mampir sebentar kesana.hihi

Sebelum berangkat tetap narsis dulu,kami kan emak-emak gaul.hehe kurang satu karena pada saat itu bunda diah belum datang,mereka berdua ini yang banyak membimbing saya selama dibandara.😄

Nah,ini waktu sampai di bandara Soekarno hatta sambil menunggu berangkat ke jogja
Sekitar jam 10'an akhirnya kami sampai dengan selamat di Bandara Adisucipto walaupun harus pakai drama parno karena pesawat muter-muter selama setengah jam lebih yang hampir membuat isi perut saya keluar.tapi untung nya tidak.

Begitu sampai bandara kami disambut tim dari SGM Mombassador jadi sekalian mereka membuat dokumentasi berasa jadi artis di kamera terus.hihi dan kemudian kami diantar menuju hotel greenhost

disini pun kami disambut sangat ramah oleh tim dan panitia.greenhost ini terkenal karena menjadi salah satu tempat shoting AADC 2.setelah sampai kami langsung mengisi data diruangan yang sudah disiapkan,disana sudah ada beberapa bunda yang datang dan kami pun saling berkenalan

setelah mengisi data,kami boleh mengambil goodie bag dan makan siang sebelum sesi foto-foto untuk profil dimulai.

Sambil nunggu giliran buat foto profil narsis dulu ya kan.

Anehnya disini walaupun kami baru pertama kali bertemu tapi sudah seperti lama berteman,langsung akrab dengan bunda-bunda yang lain.sesi foto untuk profil pun sudah selesai kamar hotel juga sudah dibagikan ternyata saya dan bunda-bunda dari banjarmasin tidak menginap di hotel greenhost ini,tapi di hotel hotel indies heritage jogja yang masih berdekatan dengan hotel greenhost.walaupun jaraknya dekat kami tetap diantar menggunakan mobil,

Sumber agoda.com

Bayangan kamarnya persis seperti ini | sumber agoda.com

Saya mendapatkan teman sekamar yang baik dan care,yaitu bunda Artiartini beliau orang jogja rumahnya juga masih dekat jadi beruntung sore-sore masih bisa ketemu suami dan anak di lobi hotel,saya mah sedih kangen anak dan suami terus.hati saya menangis *lebay 😘

Istirahat sebentar jam 7 kami sudah dijemput untuk Welcoming dinner di greenhost.ternyata banyak bunda-bunda yang baru saja sampai.

suasana di greenhost dimalam hari
setelah dinner acara pun dimulai dengan MC yang menurut saya sangat lucu,saya lupa siapa nama MC nya maaf ya..

Memperkenalkan para panitia Mombassador

Acara welcoming dinner sangat seru  ada sesi menebak bahasa daerah asal juga,untuk bahasa banjar diwakili bunda Aulia.jadi ceritanya mereka yang disuruh maju ke depan menyapa pakai bahasa daerah masing-masing dan nanti ditebak itu bahasa dari daerah mana.

yang tidak kalah penting dari acara welcoming dinner ini,ditekan kan kami para bunda mombassador bukan sebagai alat promosi.disini juga kami diberitahu apa saja keuntungan menjadi bagian dari mombassador sgm ini.

foto-foto sebelum acara welcoming selesai

Kerena sudah malam,dan karena besoknya di day 2 bakalan ada kegiatan lagi jadi sudah waktunya untuk istirahat.dan kami yang menginap di indies kembali diantar ke hotel.untuk hari pertama belum terasa lelahnya hanya saja saya terlalu kengen dengan anak dan suami dihari pertama hanya sempat videocall 2x sedih karena wifi dirumah lagi gangguan.

DAY 2

Jam 6 pagi kami sudah harus turun untuk sarapan,karena jam 7 sudah dijemput bis.

Sarapan sehari-hari saya memang roti

jam 7 kami sudah dijemput bis,bis nya masih baru enak juga adem.selama perjalanan kami dipandu,sebelum ke pabrik SGM ternyata kami singgah dulu ke bakpia pathok 25 untuk membeli oleh-oleh.bakpianya masih hangat ya ampun 😍😍

Selesai beli oleh-oleh langsung menuju pabrik SGM Sari husada.

disini kami disambut sangat ramah,begitu masuk tenda.iya saya sebut itu tenda.hihihi kami sudah ditunggu cemilan.dan acara nya juga tidak molor bagitu para bunda duduk semua.acaranya pun segera dimulai.

Kami banyak diberi edukasi Segalanya tentang sarihusada,dimulai dengan video singkat apa saja yang harus diperhatikan ketika memasuki area Pabrik Sarihusada lengkap dengan simulasi jika terjadi hal yang tidak di inginkan.Karena PT.SGM yang tergabung dalam group danone mempunyai prinsip keselamatan adalah hak asasi manusia.keselamat diri sendiri dan keselamatan orang lain harus dijaga ketika berada di area PT.SGM

PT.SGM juga menerapkan standart keamanan pangan atau food safety yang ketat untuk menjamin kualitas jadi untuk siapa saja yang sedang sakit flu,diare,tifus dan penyakit menular lain nya tidak diperbolehkan masuk area produksi.nah lo?jadi sebelum berangkat kemaren saya sempat sakit flu dan batuk untungnya pada saat itu sudah sembuh dengan minum booster.jadi nya tetap bisa masuk.hehe karena sudah diwanti-wanti kalau sakit sudah dipastikan tidak boleh masuk area pabrik.

Sekarang kita mengenal sejarah dari sari husada itu seperti apa sih ? Sari husada berdiri tanggal 14 Agustus 1964 atas inisiatif pemerintah indonesia dengan PBB dalam upaya perwujudan protein nasional.ditahun 1968 bersama para ahli dari universitas Indonesia Sari husada mulai memproduksi susu SGM.sekian tahun sari husada semakin berkembang dengan serangkaian inovasi dan pergantian kepemilikan sampai akhirnya bergabung degan Danone ditahun 2007

Dan produknya pun semakin berkembang yang berstandar internasional dengan harga terjangkau,produk sari husada di produksi di yogjakarta dan klaten jawa tengah yang dikembangkan 400 ilmuan danone result center yang tersebar dibelanda,singapura dan Indonesia,pabrik Sari husada ini adalah pabrik terbesar di asia pasifik dan mampu memproduksi 90.000/tahun ton susu.

Sampai akhirnya kami diajak berkeliling pabrik.kami diajak melihat proses packing susu SGM disana semua dikerjakan mesin.jadi sempat ada bunda yang bertanya karena semua dikerjakan mesin kalau ada karatan bagaimana?lalu mereka memberi penjelasan kalau ada standar khusus dan mesin nya selalu rutin dibersihkan.Sebelum di pasarkan,susu yang sudah dipacking dan masuk kardus itupun masih menunggu sekitar 5 hari karena menunggu hasil cek lab dulu.kalau benar-benar tidak ada masalah,susu SGM pun siap dipasarkan.

Sari husada juga sangat care terhadap karyawan,karena mereka sangat menjaga ke sterilan misalkan ada karyawan yang sakit.selama sakit mereka dirumahkan dulu sampai benar-benar sembuh dan selama sebulan sekali selalu mengunjungi rumah karyawan untuk melihat apakah dirumah mereka pun menjaga kebersihan dan ke sterilan.

sumber aku anak SGM

waktu sudah menunjukkan pukul 11 siang,kunjungan kami sudah selesai.berarti kami harus melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu makan siang di Rama shinta resto yang berada di area Candi Prambanan,Tapi kami masih sempat foto-foto dulu

sumber: aku anak SGM
Sepertinya muka nya pada belum siap ini.xixixi karena memang sangar panas pada saat itu.

Kegiatan Selanjutnya OUTBOND

Selesai makan siang kami kembali naik bis menuju tempat outbond dan masih disekitaran candi prambanan juga sebenarnya bukan outbond sih lebih ke main sambil belajar aja.dan mendapatkan voucher belanja jika menang,sayang nya kelompok kami kalah.hihii yaa tidak papa belum rejeki ,semua game disini membutuhkan kerjasama dan ke kompakkan anggota kelompok

sumber foto : Diah Arini

sumber foto : facebook Diah arini

sumber : facebook Diah Arini

sumber foto : facebook Diah Arini

Sumber foto : facebook Diah Arini

Setelah game selesai,dibagikan lah prisma harapan.maksudnya kami disuruh menulis harapan kami sebagai Mombassador SGM.dan ini adalah kelompok saya.

Akhhhh...akhirnya selesai juga tidak terasa sudah hampir jam 5.dan kami pun harus batal belanja ke pasar prambanan tidak jadi beli daster.hihi tidak apa-apa,saatnya naik bisa untuk kembali ke hotel karena jam 7 petang sudah dijemput bis lagi acara gala dinner.

Bis sudah stay menunggu kami dan begitu mau naik bis kami kembali dibagikan snack.iyaa makan lagi dan makan lagi selama kami disana selalu dikasih cemilan.hihihi Alhamdulillah ya,selama perjalanan menuju hotel.di bis bisa sambil karaoke-an,dengar lagu mellow saya jadi tambah kangen dengan keluarga.mau nangis juga malu.hehe tidak terasa sudah sampai hotel tapi kami hanya bisa beristirahat sekitar 1 jam.memang di acara Temu Bunda Mombassador SGM ini selalu on time.

GALA DINNER DI SEKAR KEDATHON

Disini kami sangat terhibur dengan MC yang kocak yang bikin gigi kering karena banyak tertawa

sumber:facebook Diah Arini
dokumentasi pribadi
 Bunda Naomi jamaro dari SGM (kanan),bunda candy dari omah parenting (tengah),bunda Fiki founder Wajah bunda Indonesia

Disini bunda naomi menjelaskan Bunda Mombassador Sgm itu sebenarnya apa?dan kelebihan menjadi bagian dari Mombassador itu apa.saya juga baru tahu kalau SGM mendapatkan predikat platinum untuk sosmed karena tanggapan cepatnya disetiap komentar di Aku Anak SGM yang kurang dari 8 menit.tapi itu memang nyata,karena saya juga pernah walaupun tidak terlalu aktif di Aku anak SGM tapi saya pernah mengajukan pertanyaan dikolom komentar dan tanggapan nya sangat cepat.

Tidak heran,karena tentu ada Tim dibelakangnya yang sangat tanggap juga ada sekitar 33 orang tim yang terlibat ada yang berprofesi sebagai bidan,ibu-ibu pokoknya yang punya pengalaman dengan anak.

Setelah Inagurasi atau bisa disebut kami sudah resmi menjadi bagian dari Mombassador selanjutnya kami foto bersama.suasana semakin meriah dengan berjoget maumeri

sumber foto : facebook Aku anak sgm
dengan ini acara Gala dinner pun selesai,kami kembali dijemput bis karena besok pagi sebelum kembali ke kota masing-masing kami ada workshop dulu.jadi,sampai hotel menyempatkan packing dulu karena setelah sarapan kami sudah harus cekout hotel.

DAY 3 WORKSHOP DAN DISKUSI

bapak Emanuel atau kata beliau biasa disapa dengan pa noel.beliau bertanya,apa saja yang bunda tahu tentang kepanjangan dari SGM? mungkin sudah banyak plesetan dari SGM.tapi sebenarnya dulu SGM itu tidak mempunyai merk.jadi kemasan nya polos saja.

Bunda Naomi kembali menjelaskan arti dari Mombassador secara luas.

DISKUSI

Semacam membuat poster Jika hasil karya kami menang kami akan mendapatkan voucher belanja.seperti biasa mengerjakan nya harus dengan kekompakkan.kami diberi waktu 30 menit.

Sumber foto : instagram Aprilia arifiyanti
Walaupun Hasil diskusi kami akhirnya tidak menang tapi tidak apa-apa,yang penting kami merasa sudah saling bekerja sama.Setelah workshop dan diskusi selesai kami harus secepatnya ke hotel green host sambil membawa barang bawaan kami.huaa sedih dadah Hotel Indies.

Sambil makan siang di greenhost ini,pengumuman pemenang lomba live report tentu saja saya tidak menang,hihihi dan ada juga penobatan bunda persahabatan yang dipilih oleh kami para Mombassador.Bunda Jeany dari sorong Papua yang terpilih menjadi bunda persahabatan.

Acara Temu Bunda Mombassador SGM Batch 5 dibuka dan ditutup di hotel greenhost ini,sebenarnya sedih juga berpisah dengan para bunda hebat.tapi disatu sisi saya memang sudah sangat rindu dengan keluarga,apalagi saya dengar anak saya sempat nangis dan lari melihat tetangga saya.dia menyangka kalau tetangga itu saya.terus terang itu sangat membebani saya Syedihhh 😓yang saya lihat bunda-bunda yang lain sangat merindukan anak dan suami ,karena terlihat setiap ada waktu selalu video call-an dengan keluarga .tapi kami disana juga demi keluarga,agar kami menjadi bunda yang lebih baik lagi.mudah-mudah SGM banyak rejeki nya jadi bisa membuat reuni untuk Mombassador batch 5 reunian lagi tentu dengan membawa anak dan suami.atau mungkin ada papa bassador juga nanti?hihihi Amin lah yaa..

Saya sangat berterima kasih kepada SGM karena saya bisa menjadi salah satu dari SGM Mombassador batch 5.banyak sekali yang saya dapat dari edukasi,fasilitas lengkap,keramah tamahan,teman-teman baru,pengalaman,oleh-oleh makanan khas jogja nya juga *Sambil nyengir kuda* tapi serius semua tim SGM itu semuanya ramah-ramah saya tidak pernah melihat satu orang pun yang marah-marah atau pasang muka sebel,Pokok nya TOP untuk SGM.

Baik,mungkin segitu dulu tulisan saya tentang serunya menjadi bagian dari Mombassador SGM bacth 5 ini.tidak mudah untuk saya mencut setiap tulisan tentang kegiatan selama 3 hari 2 malam tersebut.kalau bisa pun saya ceritakan semuanya,tapi mungkin tahun depan baru selesai.hihihi jadi saya tetap berusaha merangkum dengan singkat tanpa meninggalkan momen indah bersama bunda-bunda hebat dan semua tim SGM.Semoga Bermanfaat