Jadilah seperti padi yang berisi , semakin berat dia semakin merunduk

Sunday, April 23, 2017

Tips Belanja online agar tidak mengecewakan

Hasil gambar untuk tips belanja online
Sumber

Belanja online itu sebenarnya memudahkan kita dari menghemat waktu sampai buat yang lagi Mager (malas gerak) hehe tinggal klik aja ! apalagi untuk saya emak-emak yang tidak ada waktu untuk belanja.bagi yang sudah terbiasa belanja online sih , pasti tidak ada keraguan untuk membeli barang di olshop (online shop) , tapi yang belum terbiasa . begini Tips dari saya :




1. Cari Situs Yang Terpercaya 


Penting sekali untuk mencari situs yang sangat terpercaya untuk belanja , itu salah satu cara menghindari penipuan yang sekarang lagi marak ! contoh situs yang sangat terpercaya seperti lazada , tokopedia , elevania dll . atau bisa dilihat 15 Situs Belanja Online Terpopuler dan Terpercaya di Indonesia

2. Lihat testimoni Pelanggan


Testimoni adalah kesan kesan pembeli selama belanja di situs atau olshop tersebut , biasanya berupa keluhan , komentar , saran atau pendapat terhadap produk yang dijual dan mungkin juga ditujukan kepada owner dan admin . Testimoni sangat berpengaruh untuk olshop , karena dari testimoni lah kita bisa melihat cara owner melayani pembeli atau olshop itu terpercaya atau tidak ! sedangkan beda nya online shop biasa , seperti di instagram mereka kadang hanya memajang testimoni yang bagus-bagus nya saja karena hanya dengan sistem capture komentar dan posting, sedangkan di situs / webiste pembeli bisa memberi testimoni di kolom testimoni.

3. Mengenal Jenis Bahan

Salah satu cara agar tidak kecewa ketika belanja online adalah mengenal jenis bahan , ini sangat penting jika yang kita beli adalah jenis tas , dan pakaian dan barang yang lain nya ! misalnya saja , kita akan membeli pakaian . kita harus tahu jenis kain nya ! setidaknya minta bantuan kepada teman yang tahu jenis kain ,karena sangat penting sekali untuk kita membayangkan seperti apa pakaian yang kita beli ketika sudah sampai ketangan kita. 

4. Bandingkan harga ,Masuk akal atau tidak

Pernah kah kita melihat harga yang dipajang sangat jauh beda dengan online shop lain , kalau saya biasanya sebelum membeli selalu membandingka harga , karena apa ? kadang saya melihat di olshop sebelah harga nya lebih mahal . contoh , saya mau membeli pakaian syarii seharga 700.000 /set nya sedangkan di olshop lain harga nya hanya 250.000 saya perlu curiga dong.saya pasti akan menanyakan , ditempat yang harga nya murah tersebut , apakah pakaian tersebut ORI ? karena sudah dipastikan pakaian tersebut adalah Tiruan atau KW . Mereka hanya menjiplak produk ori ,dan kain nya dibuat yang jenis kain murah.saya pastikan kain murah untuk sepaket syarii itu akan terlihat transparant , biasanya satu set pakaian mahal kain nya juga tebal ! jadi ,jangan terlalu tergoda dengan harga murah yaaa..bisa-bisa kita saja membandingkan setiap harga.

5. Memilih Ekspedisi

Kadang kita diberi kesempatan oleh owner untuk memilih ekspedisi apa yang akan kita pilih , yang biasa ditawarkan  adalah TIKI , JNE , JNT, dan POS .tapi yang saya rasakan tidak mengecewakan untuk saat ini adalah jnt .karena biasanya saya punya olshop langganan dari daerah saya di HST Barabai untuk ke banjarmasin hanya membutuhkan waktu 1 hari , untuk yang masih dalam kota pun 1 hari sudah sampai.walaupun hari minggu kurir tetap mengantar paket kerumah kita , dan untuk ongkos kirim nya bisa dibayar ditempat 

Tapi , kalau tidak salah JNT ini tidak memasang estimasi pengiriman .berdasarkan pengalaman saya , Saya membeli di olshop Pekalongan dikirim hari senin sore , paket tersebut sampai dirumah saya hari kamis.beda dengan jne paket saya bisa sampai 5 hari.mungkin karena lokasi rumah saya juga sudah masuk kabupaten Banjar.walaupun begitu jne tetap bagus , hanya tergantung agen nya sih menurut saya.

Sedangkan untuk yang masih dalam kota , kita bisa menggunakan jasa ojek online.untuk ongkos nya mun beda-beda tipis.bedanya dengan ojek paket kita bisa sampai pada hari itu juga ,


6. Meminta Nomor Resi Pengiriman

Setelah owner mengabarkan barang kita sudah dikirim , sebaik nya kita meminta resi pengiriman nya di H+1 pengiriman . dari no resi tersebut , kita bisa melihat hari,tanggal,jam dan paket kita tersebut sudah sampai mana. kita juga bisa membuktikan Olshop tersebut amanah atau tidak dengan melihat resi tersebut , menurut saya menanyakan nomor resi juga bentuk kewaspadaan kita terhadap penipuan .karena jika penjual tersebut tidak mau memberikan , kita juga perlu curiga ! selalu berusaha untuk meminta nomor resi pengiriman yah.

7. Cek paket yang sudah datang

Setelah paket kita sudah ditangan , sebaik nya cek kondisi barang yang kita beli tersebut.jika ada kecacatan , jangan sungkan untuk klaim ke olshop tersebut , dengan cara foto barang tersebut dan langsung kirimkan ke Olshop tempat kita membeli ,biasanya mereka mau menukar barang tersebut dengan barang yang kondisinya lebih baik.


Kita tetap harus waspada dalam membeli barang , walaupun kita dinilai pembeli yang cerewat.kita berhak untuk banyak bertanya. tapi , tetap dengan adab yang baik yah !  Begitulah Tips belanja online dari saya , mudah-mudahan untuk yang belum pernah belanja online dapat terbantu :)

9 comments:

  1. Wah mba terima kasih ilmunya. Saya termasuk yang jarang banget blnja online soalnya suka takut ketipu. Tpi pas baca ini jd dpt ilmu baru apa saja yg perlu d prhtikan ๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
  2. Pernah make ekspedisi wa*ana, satu minggu lebih barang baru dateng.. Udah dag dig dug deh walau resi udah ditangan.. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh , lama bingitt๐Ÿ˜‚ pasti syebeell .hihi

      Delete
  3. nah, hanyar tahu ulun.. belum pernah belanja online sama skali pang ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Han..kena jgn takutan lg nukar online lh ๐Ÿ˜…

      Delete
  4. Makasih tips nya mbak. Belanja online memang byak yg perlu di pertimbangkan. Kmaren teman sya belanja di marketplace terbesar sperti tokopedia aja kena tipu sama penjualnya, beliau beli smartphone pas di buka isinya batu... nah tambahlagi kalo mau buka pesanan jangan lupa videoin pas unboxing nya, biar bisa complain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh..waktu dibuka isi nya batu ! Oh yaa saya lupa , nanti saya tambahkan , sebaik nya dihindari membeli gadget di online kali yah..betul banget unboxing itu penting banget sebenarnya.supaya punya bukti.

      Delete
  5. Iya benar harus lebih hati hati agar terhindar dari penipuan dan kekecewaan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung,Sertakan alamat blog juga yaa agar kita bisa saling mampir.